• Our Partners:

Prosesor Apple dengan ARM-based untuk produk Mac

Lepas dari Intel, Apple Siap Bekali Mac dengan Prosesor Buatan Sendiri

NESABAMEDIA.COM – Apple secara resmi akan memindahkan chip Mac menggunakan prosesor buatan sendiri. CEO Apple, Tim Cook, menyebutnya sebagai “Hari Bersejarah bagi Mac”. Ia merincikan transisi ke PowerPC, Mac OS X, dan kepindahan chip Intel ke silikon ARM (Advanced RISC Machine) yang dirancang khusus oleh tim Apple di masa mendatang.

Apple akan merilis Mac pertama dengan silikon Apple pada akhir tahun ini. Mereka memperkirakan transisi akan memakan waktu setidaknya dua tahun. Mac terbaru masih bakal didukung oleh prosesor Intel, sehingga Apple belum pindah secara eksklusif ke Mac berbasis ARM. Namun, ini adalah perubahan besar bagi Apple untuk menjauh dari silikon berbasis Intel di Mac.

Tambahan terbesar yang dibawa oleh chip ARM ini adalah kemampuan aplikasi iOS dan iPadOS untuk berjalan secara native di macOS di masa mendatang. “Sebagian besar aplikasi hanya akan berfungsi,” kata Apple, yang berarti Anda akan dapat menjalankan aplikasi macOS asli bersama aplikasi iOS asli secara berdampingan.

Apple telah mempelajari tentang prosesor selama bertahun-tahun sejak mulai membuat silikon sendiri untuk iPhone bertahun-tahun yang lalu. Sekarang, untuk pertama kalinya sejak tahun 2006, Apple bergerak menjauh dari Intel demi mengembangkan perangkat kerasnya sendiri, dimulai dengan prosesor A12Z Bionic.

Apple memberi sinyal bahwa mereka memiliki keahlian untuk menantang Intel di segmen PC maupun ponsel, yang mana chip umumnya mengkonsumsi lebih banyak daya listrik tetapi menawarkan lebih banyak daya komputasi. Ini bertaruh bahwa kemungkinan keuntungan dari chip ARM – konsumsi daya yang lebih rendah, biaya lebih murah, dan kontrol yang lebih besar atas rencana produk—akan lebih besar daripada gangguan.

“Hal pertama yang akan dilakukan adalah memberi Mac tingkat kinerja yang sama sekali baru,” ungkap Johny Srouji, wakil presiden senior teknologi perangkat keras. Chip Apple Mac juga menggunakan perangkat keras untuk perangkat seluler demi manajemen daya, grafik, kecerdasan buatan, dan keamanan perangkat keras yang lebih baik.

Apple mendemonstrasikan beberapa aplikasi penting yang sudah diadaptasi untuk chip baru. Ia menunjukkan Final Cut Pro memainkan tiga stream video 4K secara simultan, Lightroom menggulir dan menyinkronkan editan di katalog besar, dan Photoshop digunakan untuk mengedit gambar besar dengan pengeditan yang rumit. Demo lain menampilkan Affinity Photo and Cinema 4D.

Dengan versi baru alat emulator Rosetta-nya, perangkat lunak yang ditulis untuk Mac berbasis Intel akan berjalan di mesin berbasis ARM yang baru. Apple juga mendemonstrasikan game Tomb Raider berjalan pada resolusi layar 1080p.

Apple akan mendukung Mac berbasis Intel selama bertahun-tahun, kata perusahaan itu. Ke depannya, pihaknya juga akan mengembangkan prosesor dengan teknologi serupa untuk iOS dan iOSPad.

Leave a Reply

Send this to a friend