Linux Lite 5.4 Bisa Jadi Solusi Pengganti Windows 7 dan Windows 10

Linux Lite 5.4 Bisa Jadi Solusi Pengganti Windows 7 dan Windows 10

NESABAMEDIA.COMWindows 7 dan Windows 10 memang bukanlah sistem operasi yang buruk. Faktanya, kedua sistem operasi itu sangatlah bagus. Namun untuk versi terbaru dari Windows 10 diketahui memiliki cukup banyak bug.

Sayangnya, sejak Windows 7 tidak lagi mendapatkan dukungan, para penggunanya dihadapkan pada pilihan yang sulit. Mereka harus memutuskan menggunakan Windows 7 yang tak lagi didukung, atau Windows 10 dengan segala masalah ‘pengumpulan data’ oleh Microsoft. Untungnya, ada opsi yang dirasa bisa menjadi solusi antara Windows 7 atau Windows 10, yakni berpindah ke Linux Lite. 

Ya, Linux modern merupakan sistem operasi yang akan terus mendapatkan dukungan (tidak seperti Windows 7 yang sudah mati), dan bisa berjalan di hampir semua perangkat keras, bahkan yang lama sekalipun (tidak seperti Windows 10). Dan Linux Lite yang menggunakan lingkungan desktop Xfce, adalah salah satu distribusi Linux terbaik untuk beralih dari Windows, karena sifatnya yang ringan, modern dan familiar. 

Kini, setelah beberapa kali dilakukan pengujian, Linux Lite 5.4 versi stabil telah tersedia, dan berbasis pada Ubuntu 20.04.2. Sistem operasi ini menggunakan kernel Linux 5.4.0-70, namun kernel lainnya juga tersedia, mulai dari versi 3.13 sampai 5.11. Versi baru dari Linux Lite ini juga hadir bersama dengan beberapa paket perangkat lunak yang menarik seperti, Firefox 87, Thunderbird 78.7.1, LibreOffice 6.4.6.2, VLC 3.0.9.2 dan GIMP 2.10.18. 

Sang pengembangnya menjelaskan bahwa, “Ini merupakan sebuah rilisan sederhana yang mencakup pembaruan Help Manual, panduan Linux Lite yang ekstensif, dan mudah diikuti, tema ikon Papirus yang telah diperbarui, wallpaper baru, dan sejumlah perbaikan bug serta peningkatan untuk target audiens kami. Jika anda sebelumnya pengguna Windows, anda akan menganggap ini sebagai rilisan yang solid dan stabil yang akan membantu transisi anda ke sistem operasi berbasis Linux yang ramah pengguna.”

Meskipun merupakan rilisan stabil, rupanya masih ada beberapa masalah yang telah diketahui yang telah dibagikan oleh pengembang berikut ini:

  • Tidak ada perintah untuk mengeluarkan Media di akhir pemasangan Legacy, perintah tersedia di akhir pemasangan UEFI.
  • Catatan Rilis – tidak berfungsi pada saat slide pemasangan pertama.
  • Ikon Desktop – hanya mendukung bahasa Inggris.
  • Grub – menahan tombol Shift saat booting dalam mode UEFI, tidak memunculkan menu Grub (berfungsi dalam mode Legacy), menunggu perbaikan pada Ubuntu.
  • Menu Grub menampilkan Linux Lite sebagai Ubuntu.

Jika pengguna ingin mencobanya, bisa mengunduh Linux Lite 5.4 pada tautan berikut ini

Leave a Reply

Send this to a friend