Makin Aman, Cadangan Pesan Whatsapp Bakal Terenkripsi Ujung-ke-Ujung

Makin Aman, Cadangan Pesan Whatsapp Bakal Terenkripsi Ujung-ke-Ujung

NESABAMEDIA.COMWhatsApp, salah satu platform perpesanan instan paling populer dan banyak digunakan, dilaporkan akan meluncurkan fitur cadangan obrolan (backup chat) terenkripsi ujung-ke-ujung baru untuk penguji beta iOS dan Android tertentu.

Menurut laporan dari narasumber nesabamedia.com, perkembangan baru, yang diharapkan segera diluncurkan, akan meningkatkan tingkat keamanan yang saat ini tersedia pada cadangan pesan (backup chat).

Bulan lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg muncul di akun media sosialnya untuk mengumumkan bahwa WhatsApp akan menambahkan lapisan privasi dan keamanan lainnya, yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, dia juga menambahkan: “WhatsApp adalah layanan perpesanan global pertama pada skala ini yang menawarkan perpesanan dan pencadangan terenkripsi ujung ke ujung, dan untuk mencapainya merupakan tantangan teknis yang sangat sulit dan memerlukan kerangka kerja yang seluruhnya benar-benar baru untuk penyimpanan kunci dan penyimpanan cloud di seluruh sistem operasi.”

Dengan opsi yang ada saat ini untuk cadangan terenkripsi di cloud (Google Drive dan iCloud) yang tersedia untuk pengguna iOS dan Android, fitur cadangan obrolan terenkripsi ujung-ke-ujung yang baru akan tersedia di WhatsApp beta untuk Android 2.21.15.5 dan WhatsApp beta untuk iOS 2.21.200.14.

Tetapi untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus membuat kata sandi, yang diperlukan untuk memulihkan dan mengakses cadangan di masa mendatang. Selanjutnya, fitur WhatsApp baru akan melindungi cadangan obrolan dari pihak ketiga juga.

Sementara itu, platform media sosial, termasuk Instagram, Facebook dan WhatsApp, mengalami pemadaman untuk kedua kalinya minggu ini.

Downdetector, sebuah situs yang memantau laporan pemadaman di internet, mengatakan pemadaman aplikasi ini dilaporkan terjadi ke beberapa pengguna global.

Facebook pun mengumumkan masalah tersebut ke Twitter: “Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya ke kondisi normal secepat mungkin dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.”

Sebelumnya pada Senin, ribuan pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook selama hampir enam jam, sebelum layanan berhasil dipulihkan.

Leave a Reply

Send this to a friend