• Our Partners:

Ponsel Apple Vs Huawei

Market Share Apple di Cina Merosot, Sementara Huawei dan Oppo Melejit

NESABAMEDIA.COMHubungan antara Cina dan Amerika semakin memanas, terkait sejumlah sanksi dan pemblokiran terhadap produk-produk asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Hal ini pun menyulut reaksi dari masyarakat Cina, untuk lebih memiliki menggunakan produk buatan bangsa sendiri. Dampaknya, penjualan sejumlah produk Apple di pasar Cina merosot cukup signifikan untuk bulan Juni 2020 ini.

Sebuah lembaga riset bernama Quest Mobile a.k.a Beijing Guishi Information Technology Limited merilis laporan cukup mendalam atas penjualan perangkat Smartphone untuk pasar Cina. 

Berdasarkan laporan penjualan yang dirilis itu, terlihat sangat mencolok adalah apa yang dicatatkan oleh Apple. Market share Apple untuk pasar Cina merosot cukup tajam dari 23.5 persen menjadi 21.6 persen. Hal yang sebaliknya justru dialami Huawei yang mengalami peningkatan market share dari 21.6 persen menjadi 26.3 persen. 

Oppo juga tak ketinggalan mengalami peningkatan market share dari 18.7 persen menjadi 19.0 persen. Kemudian ada Vivo yang juga meningkat dari 16.1 persen menjadi 16.6 persen. Senada dengan Apple, Samsung yang berasal dari Korea Selatan juga mengalami penurunan market share sebesar 3.4 persen. 

Hal yang cukup mengejutkan justru terjadi pada Xiaomi. Meskipun menjadi perusahaan asal Cina, catatan market share perusahaan itu justru mendapatkan rapor merah. Xiaomi mengalami penurunan market share dari 9.3 persen menjadi 9.0 persen. 

Laporan Market Share Apple Konsumen Cina

Laporan Market Share Apple Konsumen Cina

Jika merujuk pada demografi usia penggunanya, Huawei menjadi merek yang cukup populer di kalangan usia 25 sampai 30 tahun. Sementara Apple menjadi perangkat favorit untuk pengguna berusia 41 tahun ke atas. Lalu Vivo lebih terkenal di kalangan remaja berusia 18 tahun hingga 24 tahun. Kemudian pengguna berusia 31 sampai 35 tahun lebih memilih perangkat Xiaomi, dan Samsung digunakan oleh pengguna yang rata-rata berusia 36 sampai 40 tahun. 

Seperti yang diperkirakan perangkat Apple cukup populer di kalangan kelas atas masyarakat Cina. Sedangkan Oppo dan Vivo kebanyakan digunakan oleh masyarakat kelas menengah dan berada di wilayah pinggiran kota. 

Data yang cukup menarik adalah mengenai perubahan penggunaan perangkat ponsel yang ada di pasar Cina. Pengguna Huawei cukup loyal, di mana sebanyak 51.1 persen dari mereka memilih mengupgrade ke ponsel Huawei terbaru. Sementara sebanyak 44.7 persen pengguna Apple memilih untuk berganti ke ponsel iPhone seri terbaru dan 22.4 persen memilih berpindah menggunakan ponsel huawei. 

Leave a Reply

Send this to a friend