Material You, Bahasa Desain Baru di Android 12

Material You, Bahasa Desain Baru Google di Android 12

NESABAMEDIA.COMJika anda menggunakan Android, anda mungkin telah memperhatikan bahwa aplikasi Google memiliki tampilan baru. Perubahan sudah terjadi di aplikasi seperti Gmail, Clock, Contact, Camera dan Phone, dan yang berikutnya adalah Google Photos.

Tapi apa sebenarnya transformasi ini? Ini adalah Material You, bahasa desain baru Google, yang dikembangkan untuk Android 12, versi berikutnya dari sistem operasi seluler.

Diluncurkan pada bulan Mei dalam event Google I/O, sebuah acara di mana perusahaan setiap tahun menyajikan pengumuman penting soal produk-produknya, Material You digambarkan oleh perusahaan sebagai “cara berpikir baru Google yang radikal tentang desain”. Ini akan menjadi perubahan yang lebih dipersonalisasi, dengan tombol yang lebih besar, warna dinamis, dan animasi yang lebih halus.

Sameer Samat, wakil presiden manajemen produk Google, menggambarkan Material You sebagai “perubahan desain terbesar dalam sejarah Android.”

ini adalah evolusi dari Material Design, bahasa yang dikembangkan Google untuk aplikasinya pada tahun 2014 yang, meskipun ada beberapa perubahan halus sejak saat itu, tetap kurang lebih sama.

Material You bermaksud melangkah lebih jauh, tidak hanya aplikasi yang akan menerima tampilan bahasa baru, tetapi juga versi web dan bahkan perangkat kerasnya yang diproduksi oleh Google. Tentu saja, semua ini perlu waktu.

Perubahan yang akan datang

Seperti yang telah disebutkan, beberapa aplikasi secara bertahap beralih ke Material You. Transformasi ini terlihat dengan cara yang berbeda, tergantung pada aplikasinya. Saat ini, masih belum ada adaptasi warna dinamis, yang seharusnya hanya datang dengan Android 12.

Apa yang bisa kita lihat berbeda untuk saat ini adalah:

  • Di Google Photos, bilah tombol atas menampilkan semuanya dalam format berbentuk pil
  • Di Phone, bilah navigasi bawah memiliki indikator, juga dalam format pil, yang menunjukkan tab aplikasi tempat pengguna sedang berada. 
  • Ada juga dua tombol mengambang yang dulunya melingkar dan sekarang menjadi kotak yang lebih bulat.

Indikator berbentuk pil, salah satu yang menarik dari Material You, juga ada di aplikasi lain, seperti Google Drive dan Gmail. Selain itu, ada perubahan font juga, yang menurut Google adalah untuk meningkatkan keterbacaan dalam berbagai ukuran, bahkan yang terkecil.

Ini adalah perubahan kecil, tetapi ketika ditambahkan bersama-sama, membuat perbedaan besar dalam tampilan Android.

Jika anda belum menerima pembaruan ini di smartphone, tidak perlu khawatir, karena mereka dibuat sedikit demi sedikit dan dihadirkan bertahap, serta tujuannya adalah bahwa transformasi penuh hanya akan terlihat ketika Android 12 dirilis, yang seharusnya terjadi pada awal Oktober.

Inspirasi

Menurut Google, para perancangnya mulai berkreasi dengan pertanyaan berikut: “bagaimana jika bentuk tidak hanya mengikuti fungsi, tetapi juga bisa merasakan?” 

Wakil Presiden divisi desain Google, Chilean Matters Duarte, mengumumkan bahwa, “desain ini mencakup emosi dan permintaan populer untuk ekspresi dan kontrol yang lebih besar atas perangkat pribadi pengguna.”

Dengan cara ini, tujuannya adalah agar anda yang menggunakan produk Google merasa seperti rekan pembuatnya, menjadikannya lebih personal. Contohnya adalah palet warna wallpaper smartphone yang digunakan oleh Material You untuk menghasilkan tampilan baru untuk aplikasi. Jadi, pengalaman anda dalam menggunakan Android itu akan unik dan disesuaikan dengan Anda.

Untuk Google sendiri dan untuk pengembang, desain ini dinilai lebih mudah beradaptasi dengan ukuran layar yang berbeda. UI akan mampu bereaksi terhadap perubahan layar dan konteks, yang membuat pengalaman “lebih nyaman”.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend