Windows 11

Mau Update Windows 11? Ini Minimal RAM yang Kamu Butuhkan!

NESABAMEDIA.COM – Microsoft telah merilis sistem Windows 11 mereka sejak akhir tahun lalu, namun ternyata masih banyak yang nyaman menggunakan sistem Windows 10 mereka. Namun, bagi pengguna yang ingin memperbaharui sistem ke Windows 11, maka setidaknya harus menyiapkan spesifikasi komputer yang didukung, Sabtu (27/08).

Windows 11 berbeda dengan Windows 10, karena dari segi tampilan antarmuka dan pengalaman penggunaan fiturnya juga sedikit berbeda. Tampilan dari Windows 11 dirombak sedemikian rupa agar berbeda dengan Windows 10, namun masih memiliki kesan bahwa pengguna sedang menjalankan sistem Windows.

Spesifikasi yang setidaknya harus memenuhi juga telah dipersiapkan oleh Microsoft, saat ini hanya keluaran beberapa tahun saja yang mendapatkan pembaruan dari Windows 11 versi Stable sejak awal peluncurannya. Nah, mungkin bagi pengguna Windows 10 yang ingin memperbaharui sistem mereka ke Windows 11 masih bingung mengenai spesifikasi tertentu.

Beberapa hari yang lalu, WinPoin yang mengadakan sebuah pemungutan suara mengenai spesifikasi RAM yang paling mumpuni untuk mereka yang dapat menjalankan sistem Windows 11 dengan baik, sistem yang dimaksudkan hingga pada sistem versi terbaru Windows 11 Build 25188.

Sebanyak 500 orang telah mengikuti pemungutan suara ini, ada banyak orang yang memberikan tanggapan mereka berdasarkan pengalaman pribadi memasang sistem Windows 11 di kompter atau laptop mereka.

Random Access Memory atau RAM sendiri memang sangat penting, memberikan ruang untuk program ketika dijalankan. Lantas, apakah Microsoft memberikan batasan untuk menjalankan sistem Windows 11 ini? Pastinya ada. Microsoft sendiri telah memberikan informasi bahwa sistem Windows 11 disarankan untuk dapat dipasang pada komputer dengan minimal RAM 8GB.

Ternyata, setelah melalui pemungutan suara maka ditemukan bahwa Windows 11 paling banyak direkomendasikan untuk dipasang pada sistem komputer dengan 16GB RAM. Pengguna memberikan respons mengenai kelancaran menjalankan program di Windows 11 ketika menggunakan 16GB RAM.

Sedangkan, di posisi kedua telah banyak yang menyarankan untuk setidaknya memasang Windows 11 pada minimal RAM 8GB. Lebih banyak pengguna yang menyarankan spesifikasi komputer dengan minimal RAM yang satu ini, untuk kelancaran pemrosesan program.

Untuk beberapa kasus, bagi mereka yang tidak memiliki banyak program, memasang Windows 11 di laptop dengan RAM 4GB tidak akan menjadi masalah. Namun, harus menyiapkan setidaknya 2,5GB RAM untuk menjalankan sistem Windows 11 itu sendiri.

Jadi, seharusnya Anda tidak mengalami banyak kesulitan untuk spesifikasi 4GB RAM pada komputer yang tidak memiliki program berat. Tertarik memperbaharui sistem Windows 10 ke Windows 11? Saat ini, Microsoft tengah mengembangkan sistem Windows 11 versi 22H2 yang dirumorkan akan dirilis pada bulan September mendatang.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend