Google Calendar akan Hapus Fitur ‘Goals’ di Android dan iOS

NESABAMEDIA.COM – Google telah lama merilis layanan Google Calendar, sebagian besar fitur diluncurkan agar memaksimalkan penggunaan waktu dan membuat jadwal yang berguna untuk ke depannya. Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menghapus fitur ‘Goals’ di Google Calendar, Jumat (26/08).

Sejak 2016, Google Calendar telah banyak menemani pengguna lintas platform untuk terus menggunakan fiturnya yang terbilang banyak. Dengan menggunakan Google Calendar, pengguna dapat dengan mudah menuliskan jadwal, menentukan kebiasaan harian, hingga mengatur waktu dengan menggunakan fitur ‘Goals’.

Dilansir dari laporan yang Google berikan, layanan ‘Goals’ nantinya masih tetap muncul sebagai bagian dari membuat jadwal, namun pengguna sudah tidak dapat menambahkan berbagai macam kegiatan dalam fitur tersebut. Sedangkan, Google Calendar akan memaksimalkan penggunaan dari fitur “Create Event” untuk membuat jadwal terbaru.

Tercatat, Google Calendar akan segera menghapus layanan dari fitur ‘Goals’ ini pada November 2022 mendatang. Keputusan untuk menghapus fitur ini sendiri telah tertulis sebagai bagian dari FAB Google Calendar.

Sebagai fitur alternatif, Google Calendar akan menyarankan pengguna untuk menggunakan fitur Create Event untuk membuat jadwal, serta menggunakan fitur pengingat dengan layanan Google Tasks yang ada di dalam Google Calendar di mana telah terintegrasi menggunakan akun pribadi pengguna.

Google Calendar Goals

Google Calendar Goals yang akan Dihapus

Google juga memberikan peringatan khusus untuk pengguna yang ingin menggunakan fitur pengingat atau jadwal harian, Google Calendar hanya dapat bekerja pada akun dengan status sebagai pelajar. Jadi, bagi pengguna yang ingin menggunakan fitur jadwal harian, harus mengubah status akun mereka menjadi pelajar.

Selain itu, Google juga telah menambahkan beberapa fitur terbaru mereka pada layanan Google Calendar. Kini, pengguna dapat memilih jenis aktivitas apa yang mereka inginkan agar dijadikan pengingat. Google Calendar menyediakan berbagai jenis aktivitas seperti Me Time, Family & Friends, Build a Skill, Exercise, dan Organize My Life.

Setelah pengguna memilih jenis aktivitas apa yang akan mereka lakukan, Google Calendar akan secara otomatis menentukan lama waktu atau durasi yang dibutuhkan agar dapat mengerjakan aktivitas tersebut. Namun, pengguna juga dapat memilih rentang dan kapan waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya.

Layanan terbaru dari Google Calendar akan hadir dalam pembaruan selanjutnya, di mana pengguna bisa memperbaharui layanannya pada versi 2022.30.2.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend