MediaTek Jual Chipset Lebih Banyak Ketimbang Qualcomm di 2020

MediaTek Jual Chipset Lebih Banyak Ketimbang Qualcomm di 2020

NESABAMEDIA.COMMediaTek telah dianugerahkan mahkota dalam hal pemasok smartphone terbesar di dunia. Ini merujuk pada laporan dari perusahaan analis Omdia. MediaTek diketahui telah menjual sebanyak 351,8 juta chip ke pabrikan smartphone, di mana mengalami pertumbuhan sebesar 47,8 persen jika dibandingkan pada periode tahun 2019 lalu. Jumlah penjualan chipset MediaTek ini lebih banyak dibandingkan Qualcomm.

Peningkatan penjualan chipset MediaTek bisa dikaitkan dengan terjadinya peningkatan pada penjualan smartphone Android murah, di samping adanya sanksi terhadap kompetitor mereka yakni Huawei. 

Huawei pada tahun lalu mengatakan bahwa pihaknya akan keluar dari pasar chip untuk smartphone kelas bawah, dan memungkinkan MediaTek untuk masuk dan memasok chipset ke perusahaan seperti Xiaomi. Sementara itu, Xiaomi juga mengalami lonjakan penjualan karena absenya Huawei di pasar, yang semakin berkontribusi pada kebangkitan MediaTek. 

Zaker Li, Analis Senior perangkat dan komponen nirkabel di Omdia mengatakan sebagai berikut:

“Faktor terpenting dalam pertumbuhan MediaTek pada tahun 2020 adalah pada segmen harga, utamanya adalah karena dunia sedang dilanda wabah pandemi di paruh pertama tahun 2020 dan pasar smartphone mengalami pemulihan pada paruh kedua tahun 2020. Smartphone kelas bawah sampai menengah begitu populer di kalangan pembeli. Kemampuan MediaTek untuk bisa bersaing menghadirkan alternatif dari chipset Qualcomm di segmen ini telah membantu perusahaan untuk tumbuh.”

Direktur Riset dari Counterpoint, Dale Gai rupanya juga sepakat dengan apa yang dikemukakan oleh Zaker Li. Dalam sebuah laporannya, Dale Gai menambahkan:

“MediaTek juga mampu untuk mengurangi jarak sebagai akibat dari sanksi AS terhadap Huawei. Chipset dengan harga terjangkau milik MediaTek yang diproduksi oleh TSMC menjadi opsi pertama bagi banyak pabrikan smartphone untuk dengan cepat mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Huawei.”

MediaTek disebutkan juga akan mentenagai smartphone Samsung berikutnya yakni A7 Lite dan rumor mengindikasikan bahwa perusahaan MediaTek bahkan akan merambah ke pasar Chromebook kelas atas dengan chip baru mereka yang diklaim sangat kuat. Ini bukanlah sebuah kabar baik bagi Qualcomm, namun akan menjadi kabar baik bagi para pembeli yang bisa mendapatkan keuntungan dengan adanya persaingan yang baru. 

Leave a Reply

Send this to a friend