Qualcomm Berencana Bikin Perangkat Konsol Mirip Nintendo Switch

Qualcomm Berencana Bikin Perangkat Konsol Mirip Nintendo Switch

NESABAMEDIA.COMEkspansi bisnis menjadi salah satu kunci utama bagi sebuah perusahaan agar bisa berkembang lebih besar, dan Qualcomm tidak jauh berbeda dari penerapan strategi dan kebijakan semacam itu.

Qualcomm memutuskan untuk terjun ke bisnis yang mungkin dianggap mengejutkan bagi sebagian besar pihak, namun bisa saja akan menjadi langkah besar ke depannya. Dilaporkan, bahwa Qualcomm berencana meluncurkan produk konsol game berbasis Android, dan akan diluncurkan paling cepat pada tahun depan. 

Konsol buatan Qualcomm itu akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon, khususnya seri 800 yang akan menjadi suksesor dari Snapdragon 888. Oleh karenanya, konsol tersebut bisa menggunakan faktor bentuk yang terinspirasi dari smartphone. 

Laporan itu juga mengungkap bahwa konsol Qualcomm itu akan mirip seperti Nintendo Switch, lengkap dengan pengontrol joy-con yang bisa dibongkar pasang. Namun adanya pendingin, akan menjadikan perangkat itu lebih tebal daripada smartphone pada umumnya. 

Mengenai fitur, disebutkan akan ada slot kartu memori yang bisa ditingkatkan, dukungan seluler, Bluetooth, GPS, haptic feedback, dan akselerometer. Dengan chipset seri 800 terbaru, dukungan 5G kemungkinan akan disertakan juga. Dengan asumsi perangkat konsol Qualcomm itu diluncurkan tahun depan, maka bisa juga akan menggunakan Android 12 dengan launcher yang telah disesuaikan secara khusus. 

Konsol tersebut juga diharapkan memiliki fitur dukungan pengontrol yang menurut laporan akan dikembangkan oleh perusahaan pihak ketiga. Spesifikasi lainnya termasuk baterai 6,000mAh, pengisian ulang cepat, dan harganya dibanderol sekitar USD300 atau Rp4,5 jutaan. 

Dengan pertumbuhan game mobile dalam beberapa tahun terakhir dan populernya smartphone khusus dari brand semacam ASUS ROG, Nubia dan Black Shark, konsol Qualcomm kemungkinan akan mampu memberikan guncangan di pasar dan membuka game pada kemungkinan-kemungkinan yang baru. 

Namun perlu diperhatikan bahwa kabar ini masih berupa spekulasi untuk saat ini, sebab hanya sebatas laporan dari rumor yang beredar di internet. Bahkan, jika pun konsol Qualcomm ini sedang dalam tahap pengembangan, perusahaan bisa saja membatalkan peluncuran perangkat semacam itu di bulan-bulan yang akan datang. Oleh karena itu, banyak pihak masih menunggu informasi lebih lanjut, khususnya yang datang secara resmi dari pihak Qualcomm.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend