Melunak, Microsoft Permudah Pengaturan Browser Default Selain Edge

Melunak, Microsoft Permudah Pengaturan Browser Default Selain Edge

NESABAMEDIA.COMJika anda mungkin frustasi dengan ketatnya kebijakan Microsoft yang diterapkan untuk Windows 11, utamanya terkait pengaturan penggunaan browser default, atau memutuskan tidak meningkatkan ke versi terbaru untuk menghindari hal ini, sepertinya situasinya akan berubah dalam waktu dekat.

Pada Windows 11 Build Pratinjau 22509, terdapat sebuah tombol default. Tombol ini akan mempermudah proses pengaturan browser default dengan mengubah semua ekstensi web ke browser yang anda inginkan, namun anda tetap harus mengutak-atik halaman Settings untuk melakukannya. 

Microsoft dalam waktu dekat akan membuat segalanya menjadi lebih mudah untuk berganti browser default di Windows 11. Pengembang aplikasi bernama Rafael Rivera menemukan tombol pengaturan default itu pada Build pengujian terbaru Windows 11. Opsi ini terdapat di Settings → Apps → Default Apps → (browser pilihan).

Saat ini, pengguna hanya bisa memilih browser default ketika mengakses protokol browser dari program lain untuk pertama kalinya. Misalnya, membuka sebuah file HTML atau mengklik pada tautan web di dokumen Word, yang akan memunculkan kotak dialog menanyakan browser mana yang hendak anda gunakan. 

Terdapat sebuah kotak centang untuk mengatur program tersebut sebagai default dari file dengan ekstensi tertentu itu, namun jika anda lupa untuk memberikan centang, maka secara otomatis yang dijadikan default adalah Edge, dan dialog tersebut tidak akan muncul lagi. Jadi untuk mengubahnya anda harus menuju ke Windows Settings dan mengubah pengaturan ekstensi yang ada satu-satu. 

Hal ini rupanya dikonfirmasi oleh pihak Microsoft, bahwa mereka tengah melakukan pengujian terhadap perubahan ini di Build Pratinjau Windows 11. 

“Di Windows 11 Build Pratinjau 22509 yang diluncurkan ke saluran Pengembang beberapa waktu yang lalu, kami juga mengirimkan kemampuan bagi pengguna Windows Insider untuk mengatur browser default ke aplikasi yang terdaftar untuk HTTP, HTTPS, HTM dan HTML,” kata Aaron Woodman Wakil Presiden Windows Marketing. 

Menariknya, Microsoft selama ini terus mendorong pengadopsian browser Edge dengan langkah yang ketat dan memaksa, terutama sejak diluncurkannya Windows 11. Pengguna juga kesulitan untuk beralih dari Edge sebagai browser defaultnya ke browser lain. Jadi ini adalah sebuah perubahan kebijakan yang drastis dengan memudahkan pengguna untuk mengatur default browser di aplikasi tertentu.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend