Memahami IP Rating IP68, IP67, dan Lainnya Yang Ada di Smartphone

Memahami IP Rating IP68, IP67, dan Lainnya Yang Ada di Smartphone

Jika anda pernah merusak ponsel mahal dengan menumpahkan minuman soda di atasnya, maka anda akan tahu persis betapa pentingnya ketahanan air pada smartphone.

Sementara fitur waterproofing dulunya merupakan fitur yang hanya ditemukan pada smartphone tangguh yang ditujukan untuk pekerja konstruksi. Namun sekarang, anda akan menemukannya dibangun ke tingkat yang berbeda ke sebagian besar ponsel mainstream, termasuk iPhone 13 Pro, Galaxy S21 Ultra dan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang baru.

Tetapi tidak semua ponsel dapat bertahan saat dibenamkan dan beberapa harus benar-benar dijauhkan dari air. Jika anda baru-baru ini berbelanja smartphone, anda akan menemukan istilah seperti “Water Resist” serta peringkat IP67, IP68, atau IPX8 yang sekarang menjadi hal yang umum. Tapi apa arti sebenarnya dari peringkat itu dan, yang terpenting, seberapa tahan smartphone baru Anda yang mahal itu?

Apa yang dimaksud dengan IP67, IP68 dan IPX8?

IP (Ingress Protection) rating  atau peringkat perlindungan (juga dikenal sebagai peringkat perlindungan internasional), adalah standar yang ditetapkan oleh Komisi Elektroteknik Internasional (IEC). Menurut organisasi tersebut, kode tersebut dirancang sebagai “sistem untuk mengklasifikasikan tingkat perlindungan yang diberikan oleh peralatan listrik.”

Angka pertama dalam kode peringkat menunjukkan tingkat perlindungan yang diberikan terhadap masuknya benda padat asing, seperti jari atau debu. Tingkat perlindungan ini berkisar dari 0 hingga 6. Angka kedua mewakili tingkat perlindungan terhadap masuknya uap air atau cairan, dengan tingkat perlindungan mulai dari 0 hingga 8.

Terkadang anda akan melihat peringkat IP dengan angka yang diganti dengan X, seperti IPX8. Dalam hal ini, perusahaan belum memberikan rincian pengujian sehingga nomor peringkat diganti dengan X. Perangkat dengan peringkat IPX8 artinya dapat bertahan saat terendam air, tetapi belum secara resmi diberi peringkat untuk perlindungan dari debu.

IPhone 13 Pro, misalnya, memiliki peringkat IP68, yang berarti terlindungi dari debu yang masuk dan tahan terendam air. Galaxy S21 Ultra juga diberi peringkat IP68. Jadi mereka sama-sama tahan air, kan? Nah, tidak, di situlah hal itu menjadi membingungkan.

Untuk angka 8 pada peringkat IP, IEC menuntut perangkat dapat bertahan terendam dalam setidaknya 1 meter air selama 30 menit. Di luar itu, terserah produsen. S21 Ultra dapat terendam air hingga 1,5 meter selama 30 menit, sementara Apple mengatakan iPhone 12 Pro Max aman di air hingga 6 meter selama 30 menit. Jadi, ponsel apa pun dengan peringkat IP harus mencapai ambang batas minimum, penting untuk memeriksa cetakan kecil dan melihat dengan tepat apa yang ditawarkan smartphone anda.

Bisakah saya berenang dengan iPhone saya?

iPhone 13 Pro yang diiklankan tahan air 6 meter mungkin membuatnya tampak seperti anda dapat memasukkannya ke dalam celana pendek renang anda dan berenang di kolam renang, namun anda disarankan untuk menjauhkannya dari air.

Peringkat IP diuji dalam kondisi terkendali, dalam air tanpa gerakan. Memindahkan ponsel anda ke dalam air akan menambah lebih banyak tekanan air, sehingga kemungkinan besar air dapat masuk dan merusak smartphone.

Tes IP juga dilakukan dengan menggunakan air tawar. Sebagian besar kolam akan memiliki bahan kimia tambahan seperti klorin, yang dapat membuat perbedaan pada daya tahan ponsel anda. Dan anda harus benar-benar menjauhkan ponsel anda dari laut, sebab Air asin itu dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk merusak bagian logam di port pengisian daya.

Bahkan jika ponsel Anda memiliki peringkat ketahanan IP68 teratas, masih merupakan tindakan yang baik untuk memperlakukan fitur tersebut sebagai cadangan jika terjadi keadaan darurat. Ponsel anda tidak dirancang untuk snorkeling, jadi jangan mencoba menggunakan kamera untuk mengambil gambar bintang laut atau apa pun. Anda juga tidak boleh mencoba merekam video TikTok tentang diri anda yang melompat dari jurang yang dalam. 

Kasus yang lebih tepat adalah ketika terjadi kecelakaan seperti ketika minuman tumpah atau anda perlu menerima telepon di tengah hujan lebat.

Ponsel saya tidak memiliki peringkat IP, Bolehkah terkena air?

Agar perusahaan dapat mengiklankan bahwa produk mereka memiliki peringkat IP, perusahaan tersebut harus menjalani tes ketat untuk memastikannya memenuhi persyaratan. Tes ini bisa memakan waktu dan mahal, jadi dapat dimengerti bahwa beberapa perusahaan tidak ingin mengeluarkan uang, terutama jika menyangkut model yang lebih berfokus pada anggaran.

Beberapa ponsel, termasuk Motorola Moto G50, menggunakan istilah seperti “anti air” atau “tahan air” tanpa peringkat IP resmi. Handset ini dapat menggunakan metode seperti segel karet atau lapisan nano anti air untuk menjaga kelembapan.

Meskipun ponsel ini mungkin selamat dari pencelupan yang tidak disengaja, ada baiknya menjaganya agar tidak terendam air sepenuhnya. Tetapi anda tidak perlu terlalu khawatir tentang menerima panggilan di tengah hujan.

Jika ponsel anda tidak menyebutkan ketahanan air maka aman untuk berasumsi bahwa fitur itu memang tidak ada dan anda harus berhati-hati sebisa mungkin saat ada cairan di sekitar anda.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend