Dynabook E10-S Adalah Laptop Pertama Dengan Windows 11 SE

Dynabook E10-S Adalah Laptop Pertama Dengan Windows 11 SE

Microsoft telah mengumumkan Windows 11 SE beberapa hari yang lalu, sebagai versi khusus Windows 11 untuk pendidikan. Ini adalah Windows 11 versi cloud-first yang disederhanakan yang dimaksudkan untuk berjalan pada perangkat keras kelas entry, sehingga diharapkan bisa bersaing dengan Chromebook di ruang pendidikan.

Di saat yang bersamaan, Microsoft meluncurkan Surface Laptop SE, yang kemudian dikonfirmasi oleh sejumlah mitra perusahaan. Dynabook misalnya, yang kemudian meluncurkan Dynabook E10-S dengan Windows 11 SE.

Sama seperti laptop Windows 11 SE lainnya, Dynabook E10-S adalah perangkat yang relatif low-end. Ini didukung oleh prosesor Intel Celeron N4020, yang merupakan prosesor dual-core berdaya rendah, memiliki RAM 4GB, dan penyimpanan SSD 128GB. Menggunakan SSD adalah keuntungan besar untuk model ini, mengingat Surface Laptop SE menggunakan penyimpanan eMMC sebagai gantinya.

Hadir dengan layar HD 11,6 inci dengan resolusi 1366 x 768, dan juga termasuk webcam HD 720p untuk panggilan video. Untuk suara, laptop menggunakan speaker stereo ganda dan mikrofon ganda dengan peredam bising, sehingga panggilan akan terdengar cukup jelas di perangkat ini.

Dynabook E10-S juga memiliki pilihan port yang solid, termasuk dua port USB Type-A, salah satunya memiliki fitur Always On, dan satu port USB Type-C (dengan data, daya, dan output layar), Ethernet, colokan headphone , dan pembaca kartu microSD. Itu memungkinkan siswa untuk menghubungkan apa saja yang mungkin mereka butuhkan.

Desain adalah elemen penting lainnya dalam membuat laptop ini untuk pelajar karena dimaksudkan agar tahan lama. Perangkat ini memiliki desain yang dimaksudkan agar lebih mudah digenggam, dan tahan terhadap jatuh dari ketinggian hingga 70 cm berkat bumper karet di sekeliling tepinya.

Selain itu, ia memiliki keyboard anti tumpah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat menggunakan laptop. Dynabook E10-S memiliki berat 1,2 Kg dan ketebalan sekitar 0,78 inci (19,9 mm).

Dynabook E10-S akan menjadi salah satu perangkat pertama yang tersedia dengan Windows 11 SE pada awal 2022, dan harganya dibanderol sekitar Rp4,1 jutaan.

Windows 11 SE tidak memiliki Microsoft Store atau panel Widgets, jadi jauh lebih terbatas, tetapi itu dimaksudkan untuk dikonfigurasi dengan aplikasi yang diperlukan oleh admin di sekolah. Jika anda membutuhkan rangkaian lengkap fitur Windows 11, akan ada juga versi dengan Windows 11 Pro Education. Anda juga dapat menemukan laptop versi Windows 10 di situs web Dynabook.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend