Mengulas Lebih Dalam Windows 11 SE

Mengulas Lebih Dalam Windows 11 SE

Setelah berita keberadaannya bocor beberapa minggu yang lalu, Microsoft akhirnya mengumumkan ketersediaan umum Windows 11 SE dan Surface Laptop SE seharga Rp3,5 jutaan. Kehadiran sistem operasi ini membuat banyak pihak penasaran mengenai fitur-fitur dan detailnya. Jadi kali ini nesabamedia.com akan mengulas lebih dalam mengenai sistem operasi yang akan menjadi pesaing utama Chrome OS itu.

Dimulai dengan nama itu sendiri, “SE” dalam branding sebenarnya bukanlah singkatan untuk apa pun. Microsoft mengklaim bahwa mereka memilih nama ini untuk membedakan dari versi lain dari Windows 11.

Tetapi meski demikian, masih banyak yang penasaran alasan sebenarnya Microsoft memutuskan untuk menggunakan nama SE itu. Sayangnya, Microsoft tidak mengungkapkan informasi lebih lanjut. OS itu sendiri ditargetkan untuk pasar pendidikan.

OS akan dijual di seluruh dunia kecuali di Cina karena persyaratan kepatuhan yang ketat dari pemerintah negeri Tirai Bambu itu. Microsoft mengatakan bahwa mereka masih mencari cara untuk meluncurkan versi Windows 11 SE berikutnya di negara tersebut.

Meskipun perusahaan tidak membatasi toko ritel untuk menjual perangkat yang menjalankan OS, mereka tidak mengharapkan ini menjadi tren, mengingat pembatasan aplikasi dan manajemen terkait. Mesin yang menjalankan OS sudah tersedia untuk dijual, tetapi kemungkinan besar sebagian besar perangkat baru diluncurkan awal tahun depan. 

Microsoft juga menarget Chromebook, dengan mengatakan bahwa:

“Biaya untuk perangkat Windows 11 SE tidak lebih tinggi dari apa yang ditawarkan Chromebook. Namun, jika anda mempertimbangkan manfaat lain, seperti fitur manajemen, produktivitas, dan aksesibilitas, Windows 11 SE sebenarnya lebih terjangkau. Windows 11 SE menyertakan lebih banyak fitur aksesibilitas bawaan. Tanpa biaya tambahan, yang mengurangi kebutuhan untuk mengevaluasi dan membeli solusi pihak ketiga. Selain itu, sekolah yang menggunakan perangkat Chromebook harus membayar langganan dan layanan pengelolaan. Harga per perangkat Microsoft mencakup kemampuan pengelolaan (Intune) serta versi lengkap Microsoft Office dan Minecraft: Education Edition dengan harga yang sama dengan harga khusus pengelolaan Chromebook. Microsoft juga menawarkan opsi berlangganan yang dapat membuat manajemen dan produktivitas menjadi lebih terjangkau.”

Microsoft tidak merekomendasikan Windows 11 SE untuk penggunaan pribadi, tetapi jika anda mau, anda dapat membeli perangkat Windows 11 SE, menghapus semua data dan OS, dan membersihkan instalasi lisensi Windows yang berbeda. Namun, jika anda menempuh rute itu, anda tidak akan dapat kembali ke Windows 11 SE. Selain itu, tidak ada cara untuk beralih dari Windows 11 SE ke SKU Windows lainnya, dan seperti yang disorot sebelumnya, ini akan menjadi perjalanan satu arah jika anda memilih untuk melakukan clean install.

Jika anda bertanya-tanya apa perbedaan antara berbagai edisi Windows 11, Microsoft juga memiliki infografis praktis yang dapat Anda lihat di bawah ini:

Perbedaan Windows 11 SE dengan Windows Lainnya

Perbedaan Windows 11 SE dengan Windows Lainnya

Seperti yang dapat dilihat di atas, Windows 11 SE tidak dapat memasang semua jenis aplikasi karena disesuaikan dengan lingkungan pendidikan di mana admin IT membuat lingkungan yang relatif terbatas dan bebas gangguan. OS tidak memiliki Microsoft Store, dan hanya enam kategori aplikasi berikut yang dapat dipasang melalui Win32 dan Universal Windows Platform (UWP) yang diaktifkan oleh admin:

  • Aplikasi pemfilteran konten
  • Aplikasi Ujian
  • Aplikasi aksesibilitas
  • Aplikasi komunikasi kelas yang efektif
  • Aplikasi diagnostik, manajemen, konektivitas, dan dukungan penting
  • Browser

Windows 11 SE tentu memerlukan Intune for Education untuk tujuan pengelolaan dan penerapan. Lembaga pendidikan yang memiliki layanan Microsoft 365 dan sudah mengelola perangkat melalui layanan Intune for Education terkait, seharusnya tidak akan terlalu mendapatkan perbedaan dalam prosesnya. Admin juga dapat memanfaatkan Windows Autopilot untuk menyediakan perangkat dengan Windows 11 SE. Chrome Management Console tidak dapat digunakan untuk administrasi perangkat Windows 11 SE.

Windows 11 SE tidak memiliki file ISO sehingga anda tidak dapat memasang atau beralih ke mesin non-Windows 11 SE. Otentikasi melalui Azure Active Directory (AAD) dan Microsoft Account (MSA) tersedia secara langsung, dan dukungan untuk bentuk autentikasi lainnya bergantung pada penyiapan infrastruktur anda. Saat ini, Windows 11 SE tidak mendukung otentikasi lokal.

Dalam hal perbedaan antara Windows 11 SE dan Windows 10 dalam mode S, Microsoft menguraikan hal berikut:

  • Windows 11 SE memiliki antarmuka pengguna yang lebih sederhana, untuk meminimalkan gangguan dan tetap fokus pada pendidikan.
  • Tidak ada Microsoft Store untuk Windows 11 SE, sehingga pengajar dapat mengontrol aplikasi dan alat yang diunduh siswa.
  • Windows 11 SE memiliki peningkatan bawaan untuk mengoptimalkan kinerja pada perangkat keras berbiaya rendah.
  • Tidak ada cara untuk memutakhirkan atau beralih ke Windows 11 dari Windows 11 SE, sedangkan pengguna dapat beralih ke versi lengkap Windows 10 dari Windows 10 dalam mode S kapan saja.
  • Windows 10 dalam mode S dibuat hanya untuk membatasi aplikasi, dan perangkat tambahan lainnya belum dikembangkan.
  • Windows 11 SE dioptimalkan untuk penggunaan institusional, sedangkan Windows 10 dalam mode S juga tersedia untuk konsumen.

Microsoft telah menekankan bahwa Windows 11 SE dirancang sebagai OS cloud-first yang berarti membutuhkan lebih sedikit memori dan mungkin lebih cepat daripada versi tradisional Windows dalam skenario tertentu. Perusahaan mengatakan bahwa perangkat yang menjalankan OS mematuhi “standar keunggulan” dalam kasus uji utama seperti bergabung dalam sebuah kelas online, membuat catatan, dan mengirimkan tugas.

Aplikasi Microsoft Office Win32 yang disertakan di Windows 11 SE dapat digunakan secara offline dan OneDrive juga dapat menyimpan file secara lokal. Microsoft menjelaskan bahwa versi Windows 11 SE ini memungkinkan file untuk hanya menggunakan OneDrive sebagai opsi penyimpanan cloud, meskipun ini dapat diperluas untuk menyertakan opsi lain.

Bagi yang penasaran, persyaratan sistem Windows 11 SE sama persis dengan Windows 11. Selain itu, OS ini hanya tersedia untuk perangkat dengan RAM 4/8GB dan penyimpanan 64/128GB. Terakhir, lisensi Windows 11 SE tidak memerlukan minimum volume perangkat atau surat kelayakan, dan lisensi A3 atau A5 dari Microsoft 365 atau Office 365 dapat digunakan pada mesin yang menjalankan OS.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend