Hal Yang Patut Dilakukan Setelah Mendapatkan Android 12

Hal Yang Patut Dilakukan Setelah Mendapatkan Android 12

Tidak dapat disangkal bahwa Android 12 adalah salah satu pembaruan terbesar dalam sejarah sistem operasi buatan Google itu. Penambahan fitur seperti Material You, Scrolling Screenshots, dan Fitur Privasi baru bakal membuat pengalaman pengguna lebih kaya dan lebih baik. Jika anda memiliki ponsel yang sudah memiliki Android 12 atau baru saja memperbaruinya, berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan setelah memasang Android 12.

Coba Material You

Salah satu fitur terbaik Android 12 adalah Material You. Sebagai permulaan, ini adalah tema bawaan yang mengekstrak warna dari Wallpaper perangkat anda dan menerapkannya ke UI Android, yang diterapkan dengan sangat baik. Ada juga ikon bertema yang juga akan meningkatkan tampilan layar beranda.

Coba Widget Baru

Widget telah ada di Android untuk waktu yang lama, dan sebagian besar membosankan. Namun, kali ini, Google mulai fokus dalam meningkatkan Widget, dan sekarang mereka terlihat lebih baik dari sebelumnya. Misalnya, widget jam baru yang mengubah warnanya tergantung pada area Wallpaper tempat mereka ditempatkan.

Banyak widget yang Google janjikan di event I/O 2020 sayangnya masih tidak ada, tetapi tidak akan lama sampai Google menambahkannya di pembaruan yang akan datang.

Pisahkan Tile Wi-fi dari Internet

Tidak semua orang menyukai Android 12. Sudah ada banyak orang mengeluh tentang tile Internet dalam pengaturan cepat yang mengubah cara mengaktifkan atau menonaktifkan Wi-Fi dan data seluler. Namun, bagi kalangan tertentu, perubahan ini cukup bermanfaat.

Misalnya, di negara-negara di mana Wi-Fi ketersediaannya terbatas, banyak orang terus-menerus harus beralih antara Wi-Fi dan data seluler secara manual. Jika lupa melakukan pengaturan, maka pengguna tidak akan tahu bahwa smartphone tidak lagi memiliki sambungan internet.

Dengan menjaga Wi-Fi dan data seluler tetap terbuka di panel Internet, perangkat anda akan secara otomatis mendapatkan data seluler saat berada di luar jangkauan Wi-Fi. 

Face Detection Untuk Auto-Rotate

Kita para pengguna smartphone, pada titik tertentu, mungkin menghadapi masalah dengan auto-rotate saat melihat konten sambil berbaring di tempat tidur atau sofa.

Android 12 memecahkan masalah ini dengan mendeteksi wajah anda dan akan memutar layar berdasarkan orientasinya. Anda dapat mengaktifkannya dengan masuk ke bagian Auto-Rotate dan beralih pada fitur Face Detection.

Coba Expanded Screenshot

Menggulir tangkapan layar adalah salah satu fitur yang paling banyak diminta di Android, dan akhirnya tiba di Android 12. Seperti namanya, ini memungkinkan anda untuk memperpanjang panjang tangkapan layar dan menangkap konten di luar apa yang terlihat di layar. Google menyebutnya sebagai “Expanded Screenshot.”

Leave a Reply

Send this to a friend