Mengatur Audio dan Suara dengan Maksimal Menggunakan Pro Tools

Mengatur Audio dan Suara dengan Maksimal Menggunakan Pro Tools

NESABAMEDIA.COM – Saat ini teknologi sudah semakin jauh berkembang dan memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Hampir semua aktivitas kita tidak bisa lepas dari bantuan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang semakin canggih adalah di bidang pengaturan suara atau audio.

Sekarang ada sebuah software bernama Pro Tools yang merupakan DAW atau Digital Audio Workstation. Software ini bisa Anda gunakan untuk melakukan pengaturan terhadap sumber suara. Pro Tools juga telah menjadi standar untuk pengaturan audio atau suara yang ada di dunia.

Salah satu yang menjadi keunggulan Pro Tools adalah mampu merekam dengan hasil yang tidak mengecewakan. Tampilan software yang sederhana memberikan kemudahan untuk siapa saja yang ingin menggunakannya. Pro Tools juga menjadi salah satu yang populer dan sudah banyak orang yang mencoba menggunakan software tersebut.

Fitur Pada Pro Tools

Fitur Pada Pro Tools

Beberapa fitur yang bisa Anda temukan pada Pro Tools antara lain:

  • Salah satu fitur dan menjadi kelebihan dari Pro Tools adalah Anda bisa menggunakan software tersebut untuk memberikan perlindungan terhadap pembajakan
  • Pro Tools juga bisa Anda gunakan untuk membantu menghasilkan kualias suara atau audio yang jauh lebih baik
  • Proses editing dengan menggunakan Pro Tools juga lebih mudah dan cepat dengan hasil yang pastinya sesuai keinginan Anda
  • Dengan tampilan sederhana, menggunakan software ini tidak membuat Anda terlalu banyak mengalami kesulitan
  • Pro Tools juga akan memproses berbagai bentuk editing video sehingga tidak heran ketika banyak industrial yang menetapkannya sebagai software utama untuk keperluan mengedit audio
  • Di dalamnya Anda juga bisa menemukan fitur cloud. Jadi Anda bisa berkolaborasi dengan pengguna lain

Jika Anda ingin memakai software Pro Tools, maka usahakan sound card yang ada di komputer Anda sudah mendukung software tersebut. Bisa juga berasal dari perusahaan sama maupun perusahaan lain yang menyertakan software Pro Tools Certified. Sekadar informasi bahwa Pro Tools mempunyai tiga jenis.

Ketiga jenis tersebut yaitu LE, HD, dan M-Powered. Untuk paket LE merupakan software yang bisa Anda gunakan secara gratis dan biasanya meruapakan bonus ketika Anda sudah membeli produk dari M-Audio. Beberapa contohnya yaitu Audio Interface, Mic, maupun Keyboard Controller.

Untuk fungsi dari LE memang terbatas. Termasuk juga terkait jumlah track MIDI. Selain itu, LE juga belum mempunyai dukungan terkait penambaha virtual instrumen. Sementara pada M-Powered terdapat jumlah MIDI serta audio yang lebih banyak. M-Powered juga mendukung penambahan virtual instrumen.

Kemudian pada paket HD yang di dalamnya mencakup hardware eksternal A/D converter serta internal PCIe atau PCI sound card dan dengan onboard DSP. Jika melihat dari perkembangannya maka sekarang Pro Tool sudah samapi versi 12.0.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend