Mengembalikan Kemampuan Memindahkan Taskbar di Windows 11 Bukanlah Prioritas Microsoft

Mengembalikan Kemampuan Memindahkan Taskbar di Windows 11 Bukanlah Prioritas Microsoft

Dalam acara online Ask Microsoft Anything (AMA), anggota tim dari Windows 11 menjelaskan bahwa memperbaiki keterbatasan  dalam memindahkan Taskbar sistem operasi bukanlah sebuah prioritas. 

“Ketika berbicara tentang sesuatu seperti kemampuan untuk memindahkan Taskbar ke lokasi yang berbeda di layar desktop, ada beberapa tantangan di sana untuk itu. Ketika anda berpikir untuk bisa menempatkan Taskbar di sebelah kiri atau kanan layar, maka pekerjaan yang harus dilakukan semua aplikasi untuk bisa memahami lingkungan yang berubah itu sangatlah besar,” terang Tali Roth salah satu anggota dari tim Windows 11 tersebut.

Namun pada dasarnya, cara kerja Taskbar adalah menjadi sebuah fungsi sistem, bukan sesuatu yang perlu disesuaikan secara manual oleh setiap aplikasi. Taskbar dan perilakunya dikendalikan oleh Windows, dan ketika pengguna memindahkannya ke tepi layar yang lain, semuanya akan berjalan seperti yang diharapkan.

Ketika Microsoft menulis ulang Taskbar secara menyeluruh di Windows 11 untuk bisa menjadi lebih berperforma, salah satu anggota dari Ask Microsoft Anything mengklaim bahwa langkah itu telah merusak fungsionalitas yang telah bekerja selama bertahun-tahun. Dan seperti yang diperkirakan, perubahan itu memicu banyak sekali kritikan karena banyak sekali fitur yang dihilangkan.

Jadi bagaimana langkah yang diambil Microsoft dalam menentukan fitur mana yang harus diperbaiki atau ditambahkan kembali Taskbar? Tentu saja, mereka menggunakan data telemetri.

“Ketika anda melihat pada data yang ada, sementara kami tahu ada sekelompok pengguna lain yang menyukainya berada dalam kondisi seperti itu serta menghargainya, kami juga menyadari bahwa kumpulan-kumpulan pengguna ini sangat kecil jika dibandingkan dengan kumpulan pengguna lain yang meminta fitur yang berbeda. Jadi saat ini kami terus berfokus pada hal-hal yang mungkin berlawanan dengan permintaan pengguna,” tambah Roth.

Sebagai informasi, Microsoft sebelumnya merombak Taskbar, kemudian mengumpulkan feedback atas fitur-fitur yang dihilangkan. Microsoft akan mempertimbangkan untuk mengembalikan fitur yang hilang, dengan melihat seberapa besar permintaannya. Sementara permintaan untuk mengembalikan kemampuan memindahkan Taskbar ke lokasi lain, tidak banyak pengguna yang memintanya, sehingga mereka tidak mengkhawatirkan hal ini.

“Ini adalah salah satu hal yang masih terus kami pantau, dan kami akan terus mencari feedback. Namun untuk saat ini kami tidak memiliki rencana atau tanggal yang pasti, atau jika kami harus benar-benar mengembalikan kemampuan Taskbar tersebut,” pungkasnya. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend