Mengupas Pembaruan Utama Windows 11 Sun Valley 2

Mengupas Pembaruan Utama Windows 11 Sun Valley 2

NESABAMEDIA.COMMicrosoft saat ini sedang mengerjakan pembaruan besar berikutnya untuk Windows 11, yang juga dikenal dengan Sun Valley 2. Pembaruan ini akan menjadi kumpulan penyempurnaan kecil dan besar di seluruh sistem operasi Windows 11, di samping beberapa fitur baru seperti dukungan aplikasi Android yang hadir di Microsoft Store. 

Microsoft memang masih belum mengungkap pembaruan Windows 11 22H1 atau Sun Valley 2 ini, namun lewat sejumlah bocoran dan rumor yang tersebar di internet sebelumnya, termasuk sejumlah hal baru yang diuji lewat program Windows Insider, mulailah tersusun bagian-bagian yang mungkin akan bisa memberikan gambaran seperti apa pembaruan utama pertama Windows 11 tersebut nantinya. 

Tanggal Rilis

Hingga berita ini diturunkan masih belum ada tanggal resmi yang dikonfirmasi oleh Microsoft mengenai jadwal pembaruan Windows 11 22H1 Sun Valley 2. Sejauh ini, yang diketahui hanyalah jadwal perilisan pembaruan utama untuk Windows 11, yang akan dilakukan setahun sekali, dibandingkan dengan jadwal untuk Windows 10 sebelumnya yang dua kali dalam setahun.

Telah ada banyak sekali peningkatan yang diperkenalkan lewat saluran Windows Insider, yang memungkinkan pengguna untuk menguji fitur-fitur tersebut yang statusnya dalam tahap pengembangan. Namun sepertinya Microsoft akan merilis semua peningkatan dan fitur baru itu pada pembaruan utama pertama Windows 11. 

Sebelumnya Windows 11 dirilis ke publik secara resmi pada bulan November 2021, yang juga telah diumumkan keberadaannya oleh Microsoft pada bulan Juni. Sehingga mungkin jadwalnya akan berkisar di bulan-bulan tersebut untuk perilisan Sun Valley 2. 

Spekulasi 

Pada saat ini juga belum ada konfirmasi mengenai nama dari pembaruan utama Windows 11 yang akan diberikan Microsoft. Berdasarkan penamaan pembaruan-pembaruan Windows sebelumnya, bisa diperkirakan bahwa itu nantinya akan bernama Windows 11 22H1, di mana angka 22 mewakili tahun dan H1 mewakili paruh tahun. 

Sementara nama panggilan untuk pembaruan itu disebut-sebut akan menggunakan Sun Valley 2. Ini adalah kode nama internal untuk bagian dari versi berikutnya dari Windows 11, yang sedang dikerjakan dan beberapa di antaranya telah diketahui publik melalui sejumlah bocoran.

Karena Windows 11 adalah peningkatan yang signifikan dari Windows 10, seperti tampilan yang dirombak, Microsoft Store yang didesain ulang dan kembalinya Widget, Sun Valley 2 tidak hanya akan terlihat meningkatkan Windows 11 secara khusus, tetapi juga akan meningkatkan beberapa aspek tertentu yang selama ini diajukan pengguna melalui Feedback Hub. 

Apa Saja Hal Baru Yang Dibawa?

Dalam build Insider, pengguna telah menemukan beberapa aplikasi yang mendapatkan tampilan Fluent Design yang baru, yang merupakan tampilan yang dibawa oleh Windows 11.

Aplikasi tersebut akan memiliki sudut membulat, berkurangnya ketergantungan pada Ribbon yang telah menjadi ciri khas sejak Windows 8, dan skema warna yang terlihat cerah dan bersemangat. Ada juga beberapa fitur yang diumumkan tahun lalu yang belum juga hadir untuk pengguna Windows 11 saat ini. 

Para pengguna yang bergabung dalam program Windows Insider di saluran Beta dengan Build 22000.xxx dan yang lebih tinggi, akan bisa mencoba aplikasi Android yang akan tersedia di Microsoft Store. Ini akan mengadopsi dari App Store milik Amazon, alih-alih menggunakan Google Play. 

Pembaruan utama Windows 11 yang pertama ini akan dibangun berdasarkan masukan dari pengguna, termasuk juga penyempurnaan yang belum disertakan oleh Microsoft dalam rilisan pertama pada bulan November lalu. 

Salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna adalah Taskbar. Start Menu juga telah mendapatkan desain ulang, meski mendapatkan cukup banyak mendapatkan tanggapan positif, namun ada beberapa fitur yang sebelumnya ada di Windows 10 tidak ditemukan di sini.

Pada Sun Valley 2, Taskbar nantinya akan mendapatkan beberapa fitur yang telah dihilangkan sebelumnya, dan ini karena Microsoft sepertinya mendengarkan masukan dari para pengguna, misalnya fitur drag and drop yang akan dikembalikan. 

Beberapa aplikasi seperti Notepad, Paint, Media Player juga mendapatkan pembaruan tampilan dan fungsionalitas, yang akan disertakan dalam pembaruan utama Windows 11 tahun ini. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend