Mengupas QHD Plus Pada Resolusi Layar Smartphone

Mengupas QHD Plus Pada Resolusi Layar Smartphone

NESABAMEDIA.COMAda banyak sekali jargon yang membingungkan terkait layar smartphone yang sangat sulit dipahami, utamanya adalah kalimat singkat seperti HD, Full HD Plus, QHD Plus dan 4K.

Singkatan-singkatan itu merujuk pada resolusi layar, atau berapa banyak piksel yang dimuat di dalam layar. Semakin tinggi kepadatan piksel, semakin tinggi kualitas gambar yang dihasilkan ketika anda menonton acara TV atau bermain game. 

QHD merupakan singkatan dari Quad High Definition, karena ini empat kali lipat dari resolusi High Definition (HD) 720p. Panel QHD standar memiliki resolusi 2560x1440p. Angka ini merujuk pada angka dari piksel di seluruh luas gambar, dan untuk alasan ini, sebuah layar QHD atau QHD Plus sederhananya merujuk pada 1440p. 

Jadi apa arti dari Plus atau +? Ini singkatnya berarti bahwa panel layar panjang dari panel QHD standar, sehingga ditujukan untuk menjelaskan sebuah resolusi 2960x1400p. Namun, ungkapan ini seringkali digunakan secara tidak tepat oleh pihak pabrikan.

Beda QHD Plus dan WQHD Plus

Selain itu, anda juga mungkin menemukan adanya smartphone dengan resolusi WQHD Plus. Huruf W di sini merujuk pada format Widescreen atau layar lebar, yang biasanya menggunakan aspek rasio 16:9. 

Hampir kebanyakan smartphone telah memiliki aspek rasio layar lebar saat ini, dan penamaan ini kurang begitu berguna. Ungkapan QHD Plus dan WQHD Plus seringkali digunakan bergantian, yang bisa menambah lebih banyak kebingungan. 

Untuk menyederhanakan perbedaannya, QHD, QHD+, WQHD dan WQHD Plus pada dasarnya memiliki resolusi yang sama, namun aspek rasionya yang berbeda, tergantung dari bagaimana pabrikan menandai produk mereka. 

Apakah QHD Plus Sama Dengan 4K?

Untuk memperjelas kemungkinan adanya kebingungan, kata Quad di dalam QHD Plus bukanlah hal yang sama dengan 4K, yang merujuk pada empat kali jumlah piksel yang ada di panel Full HD.

Resolusi panel 4K pada dasarnya adalah 3840x2160p yang jauh lebih tinggi dari QHD Plus. Sampai tahun 2022 ini, sangat jarang perangkat smartphone yang mendukung resolusi 4K. 

Terkadang, resolusi QHD Plus disebut juga dengan 2K, karena ini adalah separuh dari resolusi 4K.

Apakah QHD+ Resolusi Yang Baik?

QHD + adalah resolusi layar yang cukup tinggi untuk smartphone yang diluncurkan tahun 2022, dan anda akan menemukannya di antara smartphone terbaik saat ini, seperti OnePlus 10 Pro.

Seringnya, perangkat dengan QHD+ juga akan menawarkan kemampuan menurunkan ke resolusi yang lebih kecil, sebab resolusi tinggi juga berdampak pada masa pakai baterai. 

Tentu saja, resolusi bukanlah faktor utama yang menentukan kualitas hasil gambar, karena juga bergantung pada hal lain seperti dukungan HDR, kedalaman warna dan kecepatan refresh. 

Bagaimana Dengan qHD?

Ada lagi ungkapan qHD, dengan huruf q kecil di depannya. Ini adalah quarter HD, karena ini yang keempat setajam panel HD 720p standar.

Anda tidak perlu khawatir mengenai singkatan ini, karena teknologi ini telah lama tidak digunakan, namun beberapa produsen memilih menggunakan istilah WQHD daripada QHD, yang didasarkan pada cara menghindari kebingungan dengan qHD. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend