Xiaomi Mix Fold 2 Akan Menjadi Smartphone Pertama Yang Bisa Dilipat Terbalik

Xiaomi Mix Fold 2 Akan Menjadi Smartphone Pertama Yang Bisa Dilipat Terbalik

NESABAMEDIA.COMXiaomi menjadi salah satu produsen smartphone yang pertama kali merilis perangkat smartphone dengan layar lipat. Namun sebelum mereka meluncurkan Mix Fold tahun lalu, ada beberapa perangkat lain dari Huawei, Samsung dan Motorola.

Apapun itu, model tersebut telah lama diperbincangkan banyak orang, dan kini penerus dari smartphone itu yakni Xiaomi Mix Fold 2 yang menjadi perbincangan. 

Xiaomi Mix Fold generasi pertama hadir dengan sejumlah teknologi inovatif seperti lensa cari (liquid lense). Untuk memahami apa artinya ini, mari kita bandingkan dengan lensa tradisional. Saat memotret gambar makro, gerakan elemen di dalam lensa akan meningkat.

Selain itu, ada persyaratan tinggi mengenai ukuran modul solid-state, keterbatasan desain langkah motor yang sulit diatasi, dan pemotretan telefoto dan makro dimungkinkan dengan pemangkasan digital dan pasa-perbesaran. 

Lensa cair Xiaomi memperbaiki semua masalah yang disebutkan di atas. 

Namun dalam semua kesetaraan, Xiaomi Mix Fold tidak dapat mencapai kinerja lipat yang sempurna. Begitu banyak pengguna yang tidak puas dengan kinerja keseluruhan yang diberikan oleh perangkat ini. 

Di sisi lain, kita juga patut memaklumi bahwa ini adalah upaya pertama Xiaomi dalam meluncurkan sebuah smartphone dengan layar lipat. Terlebih kita juga bisa membandingkannya dengan kasus Huawei dan Samsung yang tidak mampu meluncurkan smartphone lipat pertama mereka untuk waktu yang lama karena masalah lipatan. Tapi tidak satu pun dari perusahaan-perusahaan ini akan berhenti begitu saja. 

Menurut rumor yang ada, Xiaomi sedang mengerjakan sebuah smartphone lipat baru, yang akan memasuki pasar pada tahun ini. 

Sebuah bocoran di akun Weibo menemukan beberapa informasi mengenai keberadaan Xiaomi Mix Fold 2 dalam kode l18. Nama ini mengacu pada kode generasi baru flagship layar lipat Xiaomi. Jika benar demikian, Xiaomi akan menjadi perusahaan pertama yang merilis smartphone dengan layar lipat terbalik. Namun saat ini tidak ada informasi lebih lanjut, apakah mereka mampu melengkapi teknologi tersebut.

Faktanya, Xiaomi telah mengerjakan prototipe smartphone lipat sejak tahun 2018 silam. Beberapa tahun yang lalu, kita melihat sebuah smartphone yang bisa dilipat ke kedua sisi. Itu dikenal sebagai model U1. Namun smartphone ini tidak pernah dirilis dan tetap menjadi sebuah smartphone konsep. 

Masalah utama dengan perangkat semacam ini adalah antarmuka untuk beralih ke smartphone lipat dan smartphone biasa sangat lambat. Menurut bocoran itu, Mix Fold 2 akan memiliki sebuah fungsi untuk mengatur ukuran dari antarmuka. Ketika dilipat ke arah manapun, antarmuka akan bisa diatur tanpa adanya error yang berarti. 

Diyakini, Xiaomi Mix Fold 2 akan mengadopsi sebuah solusi layar besar yang bisa dilipat ke kiri dan ke kanan. Layar internalnya berukuran 8 inci, yang tidak jauh berbeda dari iPad Mini. Sementara layar luarnya berukuran 6.5 inci. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend