Mengupas Wi-Fi 7, Generasi Baru Jaringan Nirkabel

Mengupas Wi-Fi 7, Generasi Baru Jaringan Nirkabel

NESABAMEDIA.COMBanyak dari kita yang tidak begitu memperhatikan atau meningkatkan perangkat jaringan yang ada di rumah. Bahkan, router Wi-Fi 6 yang mulai dipasarkan sejak tahun 2019 lalu, masih sangat minim digunakan di rumah-rumah.

Meski tingkat adopsinya sangat rendah, namun industri jaringan nirkabel ini terus berkembang, dan kini bahkan telah bersiap untuk memperkenalkan generasi berikutnya, yakni Wi-Fi 7. 

Wi-Fi 7 memang tidak mengambil langkah radikal dalam peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya. Misalnya, Wi-Fi 7 akan tetap beroperasi pada frekuensi 2.4, 5 dan 6GHz. Namun, ini tetap akan memberikan peningkatan yang signifikan pada keandalan koneksi dan stabilitasnya. Mari ulas lebih dalam mengenai generasi berikutnya jaringan nirkabel ini.

Apa itu Wi-Fi 7?

Wi-Fi 7 adalah yang banyak diperkirakan orang-orang sebagai nama dari jaringan nirkabel generasi berikutnya. Saat ini, teknologi ini masih dikenal dengan nama teknisnya, yakni IEEE 802.11be, yang menunjukkan bahwa ini merupakan amandemen terhadap standar Wi-Fi 802.11 yang asli. Standar yang dijuluki Extremely High Throughput (EHT), yang berfokus pada peningkatan secara bertahap dari standar sebelumnya, termasuk Wi-Fi 6. 

Hampir seperti 5G, Wi-Fi 7 ditujukan untuk mengurangi latensi untuk kasus-kasus penggunaan seperti live streaming dan gaming. Latensi di sini merujuk pada banyaknya waktu yang dibutuhkan oleh sinyal untuk bergerak dari router atau poin akses ke perangkat dan kembali.

Jika anda sering mengalami panggilan video yang tersendat-sendat atau ada delay, itu berarti ada masalah dengan latensi jaringan anda. Dan seperti yang anda pikirkan, delay itu akan semakin buruk, ketika anda menjauh dari sumber sinyal. 

Di sinilah Wi-Fi 7 akan memberikan perbedaan, karena akan mengurangi latensi dengan memungkinkan perangkat untuk mengirim dan menerima data melalui beberapa pita frekuensi dan saluran di saat yang bersamaan. Fitu ini, yang disebut dengan Operasi Multi-Link, yang akan membantu jika pengaturan jaringan anda terganggu oleh faktor eksternal atau bahkan perangkat yang mengalami kerusakan. 

Meski kemampuan pengiriman dan kecepatan bukanlah menjadi fokus utama di Wi-Fi 7, namun keduanya bisa ditingkatkan berkat adanya dukungan saluran yang lebih luas. Secara sederhananya, saluran adalah sub-pita dari pita frekuensi utama Wi-Fi. 5GHz misalnya, akan dibagi menjadi 45 saluran yang lebih kecil, dan masing-masing saluran memiliki jangkauan mulai dari 20MHz sampai 80MHz. 

Secara teori, saluran 320MHz baru Wi-Fi 7 menawarkan keunggulan kecepatan yang signifikan dibandingkan dengan Wi-Fi 6 dengan tujuh saluran 160MHz-nya. MEski tidak semua perangkat akan mendukung saluran yang lebih luas ini, namun ini akan mendapat sambutan hangat untuk aplikasi yang membutuhkan banyak bandwith. 

Generasi berikutnya dari jaringan nirkabel ini juga akan meningkatkan jumlah aliran spasial menjadi 16. Ketika dikombinasikan dengan dukungan saluran yang lebih luas, Intel memperkirakan bahwa standar baru ini akan memberikan kecepatan data hingga 46Gbps. Ini bisa dibilang 5x peningkatan dari 9Gbps yang ditawarkan Wi-Fi 6. 

Mengapa Wi-Fi 7 Dibutuhkan?

Jujur saja, banyak dari kita masih menggunakan perangkat router yang hanya mendukung Wi-Fi 5, di mana ini sudah berusia hampir satu dekade. Wi-Fi 6 dan 6E, lebih baru, yang sampai sekarang juga belum banyak diadopsi oleh mayoritas pengguna, kecuali pada smartphone flagship. 

Lalu, kenapa industri jaringan nirkabel terkesan terburu-buru meluncurkan Wi-Fi 7 padahal adopsinya masih sangat rendah? Ini karena terjadi banyak inovasi di area lain, yang mungkin akan lebih menguntungkan jika kinerja jaringan nirkabel ditingkatkan juga, dalam beberapa tahun ke depan. 

Beberapa layanan baru dan lebih canggih seperti konferensi video online dan Internet of Things (IoT) tercatat semakin meningkat popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Ini benar adanya, khususnya terjadi pada sektor bisnis berskala menengah ke atas, di mana perangkat IoT seperti sensor dan perangkat pengawasan akan bisa memanfaatkan standar Wi-Fi yang ditingkatkan. Bahkan di rumah, saat ini juga sudah banyak yang menggunakan smart speaker, lampu yang terhubung dalam jaringan, dan banyak lagi perabot elektronik lainnya. 

Kapan Wi-Fi 7 Akan Mulai Tersedia?

Perlu dicatat bahwa Wi-Fi 7 masih jauh dari tahap peluncuran untuk penggunaan publik. Bahkan IEEE masih belum memberikan moniker untuk jaringan nirkabel generasi terbaru ini.

Tidak heran juga, anda tidak akan menemukan perangkat konsumen yang menawarkan dukungan Wi-Fi 7 dalam waktu dekat. Pengembangan protokol dilaporkan akan selesai pada 2023 atau 2024, dan mungkin anda baru akan menerimanya dalam bentuk siap pakai satu atau dua tahun setelahnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend