Menu Taskbar Mengambang Windows 10 Muncul Dalam Build Pratinjau

Menu Taskbar Mengambang Windows 10 Muncul Dalam Build Pratinjau

NESABAMEDIA.COMMicrosoft diberitakan sedang mengerjakan sebuah pembaruan besar dalam hal tampilan untuk Windows 10 yang telah dijadwalkan untuk dirilis pada bulan Oktober atau November tahun ini.

Pembaruan itu dikenal dengan kode Sun Valley, atau juga disebut dengan versi 21H2, yang akan memperkenalkan sebuah penyegaran tampilan visual dari Windows secara besar-besaran, termasuk tampilan antarmuka baru pada Start Menu, peningkatan signifikan pada Explorer dan banyak lagi lainnya.

Microsoft sendiri secara konsisten melakukan banyak sekali pengujian pada fitur antarmuka yang baru untuk Windows 10. Salah satunya seperti yang dilakukan pada aplikasi Alarms & Clock yang telah sering mendapatkan beberapa peningkatan belakangan ini.

Salah satu perubahan paling mencolok yang terlihat adalah pengenalan terhadap desain ujung membulat, namun sepertinya pembaruan Sun Valley itu juga akan membawa desain “floating” atau mengambang yang baru.

Laporan menyebutkan bahwa Microsoft tengah mengerjakan Start Menu dengan desain mengambang, yang akan tampak muncul secara terpisah dari Taskbar. 

Sejauh ini, penampakan terkait Windows 10 Sun Valley hanya sebatas beberapa desain mockup yang tidak resmi. Namun kini, penampakan Start Menu mengambang itu telah muncul dalam Build Pratinjau, yang mengkonfirmasi bahwa laporan sebenarnya memang benar adanya.

Antarmuka baru untuk jumplist Taskbar (menu klik kanan mouse) diketahui menempatkan menu di dalam sebuah kotak yang mengambang. Fitur tersebut saat ini masih tersembunyi di balik tanda eksperimental dengan label “JumpListRestyledAcrylic”, yang bisa diaktifkan jika pengguna melakukan debug pada ShellExperienceHost.exe menggunakan Visual Studio dan menyetel “JumpListRestyledAcrylic” menjadi aktif atau terlihat.

Start Menu Mengambang

Start Menu Mengambang

Alih-alih disematkan menjadi satu dengan Taskbar, menu klik kanan untuk aplikasi yang disematkan (pin) atau terbuka, flyout dan lainnya, sekarang akan mengambang di atas Taskbar, sehingga memperlihatkan adanya celah di antara menu dan Taskbar. 

Desain mengambang yang sama juga akan hadir di Action Center, Jam, Volume Suara dan WiFi. Namun untuk saat ini, desain tersebut hanya ada untuk menu jumplist saja. 

Microsoft sedang mengembangkan antarmuka mengambang baru ini dan mengerjakannya secara terpisah dan bertahap, seperti yang terlihat dalam gambar GIF berikut ini.

Antarmuka Mengambang Menu Jumplist

Antarmuka Mengambang Menu Jumplist

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend