Multitasking Windows 10 Fitur Sun Valley

Fitur Multitasking Baru Akan Hadir di Windows 10 Bersama Sun Valley

NESABAMEDIA.COMDengan hadirnya pembaruan Windows 10 Sun Valley, nantinya akan ditambahkan beberapa cara baru untuk melakukan multitasking dengan beberapa jendela aplikasi atau program yang terbuka bersamaan. Khususnya jika pengguna memiliki beberapa monitor yang terpasang. Dan sepertinya akan ada setidaknya satu fitur multitasking yang akan hadir di browser Microsoft Edge berbasis Chromium.

Fitur multitasking baru ini merupakan bagian dari ‘Kelompok Tugas Berbasis Snap’. Fitur ini terdiri dari beberapa fitur baru di mana pengguna bisa menggeser jendela aplikasi untuk menempatkannya di bagian manapun di layar, dan nantinya jendela itu akan secara otomatis menyesuaikan ukurannya sehingga pas dengan sempurna, secara berdampingan, sehingga pengguna bisa menggunakan banyak aplikasi dalam sekali waktu dengan mudah.

Meski kemampuan untuk bisa menempatkan dua jendela aplikasi atau program secara berdampingan selalu menjadi bagian dari Windows 10, sepertinya Microsoft mengambil langkah yang lebih jauh lagi dalam pembaruan fitur tersebut. Demikian pula, saat memilih apa yang akan ditempatkan dalam mode multitask tersebut, pengguna bisa dengan cepat memilih untuk menampilkan tab pada Microsoft Edge di halamannya sendiri, sebagai aplikasi independen. 

Microsoft juga dikabarkan tengah menguji coba tombol multitasking misterius lainnya semacam ‘tempatkan jauh dari ujung layar’. Namun sejauh ini masih belum jelas bagaimana fitur itu akan bekerja nantinya. 

Sementara itu bagi pengguna yang memakai beberapa monitor sebagai layarnya, atau mereka yang menggunakan laptop layar ganda, Microsoft juga akan menjadikan multitasking lebih mudah lagi. 

Seperti yang sudah diketahui, Windows 10 saat ini membutuhkan beberapa layar untuk bisa menampilkan desktop virtual secara bersamaan, yang menjadi masalah tersendiri jika pengguna menginginkan beberapa desktop virtual untuk masing-masing monitor. 

Virtual Desktop Terpisah

Virtual Desktop Terpisah

Misalnya, ketika pengguna membuka Youtube atau aplikasi lainnya di monitor satunya, dan kemudian berpindah ke desktop virtual, maka tampilan jendela Youtube tadi akan berpindah bersama dengan desktop terkait, yang pada akhirnya mengganggu kenyamanan. 

Microsoft kini tengah menguji coba sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk bisa menggunakan desktop virtual secara terpisah untuk masing-masing monitor. Dengan kata lain, monitor tambahan akan memiliki desktop virtual sendiri yang tidak akan terpengaruh ketika pengguna berpindah dari satu desktop virtual ke yang lainnya. 

Leave a Reply

Send this to a friend