Fitur Mirip Charms Bar Windows 8, Kemungkinan Hadir di Windows 10

Fitur Mirip Charms Bar Windows 8, Kemungkinan Hadir di Windows 10

NESABAMEDIA.COMSebelumnya telah dilaporkan bahwa pembaruan Windows 10 Sun Valley juga akan memasukkan fitur produktivitas dan multitasking disamping perubahan tampilan besar-besaran. Kini ada hal baru lagi terkait apa saja yang akan hadir di pembaruan utama kedua tahun 2021 tersebut. Berdasarkan sebuah laporan terbaru, Microsoft saat ini sedang melakukan pengujian beberapa widget baru untuk Windows 10 secara internal, yang konon merupakan adopsi dari fitur Charm Bars di Windows 8.

Microsoft sepertinya sedang mengerjakan pengujian untuk fitur baru yang mirip Charms Bar dan Active Desktop yang ada di Windows 8. Fitur tersebut diketahui bernama Windows Widgets dan akan diperkenalkan akhir tahun ini atau tahun depan. Jika Windows Widgets baru ini hadir pada tahun ini, maka akan dijadikan satu dengan pembaruan Sun Valley. 

Detail yang diberikan dalam laporan itu masih simpang siur tentang bagaimana fitur baru bernama Windows Widgets itu akan bekerja. Namun sepertinya, fitur itu akan muncul dalam bentuk slide dari sebelah kiri layar dengan cara menggesernya, sama seperti Charms Bar yang ada di Windows 8. 

Sebagai informasi, Charms Bar di Windows 8 pada menu Charms itu memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur pencarian, pengaturan dan portal lainnya dari manapun. Menu Charms itu sayangnya tidak begitu mendapatkan sambutan dari para pengguna perangkat PC sejak Windows 8 dirilis akhir tahun 2012 silam, dan kemudian Microsoft menghapusnya dengan Windows 10 di tahun 2015.

Charms Bar Windows 8

Charms Bar Windows 8

Charms Bar juga dihilangkan dari semua perangkat Windows 10, baik itu perangkat desktop tradisional maupun perangkat tablet. Namun, itu bukan berarti Microsoft menyerah begitu saja dengan fitur semacam itu. Bocoran terbaru ini mengungkap bahwa fitur yang sama akan ditambahkan ke Windows 10. 

Dengan kata lain, pengguna dalam waktu dekat mungkin akan bisa melihat menu seperti Charms, ketika menggeser kiri layar, di mana akan ditemukan beberapa tombol seperti pencarian atau aplikasi yang disematkan. Ini akan menjadikan multitasking dan akses menjadi lebih mudah. 

Faktanya, sangat mungkin apabila Windows Widgets itu nantinya akan mengadopsi konsep dari Active Desktop, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan fitur-fitur HTML dan elemen seperti widgets, seperti berita terbaru, informasi keuangan dan wallpaper. 

Namun perlu dicatat bahwa ada kemungkinan juga Microsoft tidak akan pernah menghadirkan fitur ini ke pengguna publik.

Leave a Reply

Send this to a friend