Windows 11 Akan Tingkatkan Pengaturan Penggunaan Multi Monitor

Windows 11 Akan Tingkatkan Pengaturan Penggunaan Multi Monitor

NESABAMEDIA.COMDengan Windows 11, Microsoft mencoba mengambil langkah signifikan untuk meningkatkan pengalaman bagi mereka yang menggunakan multi monitor. Ketika pengguna memakai dua atau lebih monitor dengan Windows 10, mungkin akan mengalami masalah di mana program atau tab yang terbuka dipindahkan ke monitor yang berbeda atau dijejalkan ke satu layar, ketika pengguna membiarkan perangkat tidak tersentuh beberapa saat dan perangkat mulai masuki mode tidur. 

Masalah tampilan ini memang bisa membuat frustasi dan telah ditandai sebagai masalah oleh banyak pengguna di Feedback Hub. Untungnya, seperti yang terlihat dalam bocoran build Windows 11, Microsoft telah memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan sistem operasi untuk mengingat lokasi jendela berdasarkan koneksi monitor. 

Jika pengguna nantinya mengunduh dan memasang versi terbaru dari Windows yang akan diluncurkan akhir tahun ini, maka pengguna akan memiliki sebuah akses ke pengaturan layar yang baru, dan masalah monitor ganda akan mendapatkan perbaikan. 

Perlu diketahui bahwa masalah ini merupakan hasil dari Rapid Hot Plug Detect (Rapid HPD), yang mempengaruhi DisplayPort dan kemudian berdampak pada tab serta program yang sebelumnya telah diatur dengan rapi. 

Tampilan Pengaturan Layar Windows 11

Tampilan Pengaturan Layar Windows 11

Di Windows 11, Microsoft telah mengurangi masalah penataan ulang desktop dan pengguna bisa mengaktifkan fitur dari pengaturan tampilan, seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas. 

Selain peningkatan pengaturan ulang aplikasi, ada fitur opsional lain yang akan bisa mengecilkan jendela aplikasi atau program, ketika monitor kedua terputus koneksinya. Mengaktifkan kedua fitur ini bisa meningkatkan efisiensi yang dibutuhkan pengguna, ketika ingin mengelola jendela aplikasi saat menggunakan beberapa program bersamaan.

Selain itu bocoran build Windows 11 itu telah mengungkap fitur menarik lainnya yakni Snapping yang baru. Di Windows, snapping pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi secara berdampingan di monitor utama atau sekunder, dan dengan mudah bisa menggunakan empat aplikasi sekaligus. 

Windows memiliki kemampuan untuk melakukan pengaturan ukuran secara otomatis ketika pengguna menggeser jendela ke area lain di layar. Dengan Windows 11, Microsoft memperkenalkan pengalaman snapping yang baru, yang bisa diakses ketika mengarahkan mouse ke tombol perbesar di sebuah jendela aplikasi. 

Leave a Reply

Send this to a friend