Microsoft

Microsoft Berikan Dynamic Refrest Rate di Eksternal Monitor

NESABAMEDIA.COM – Microsoft kini memberikan dukungan terbaru mereka dengan fitur Dynamic Refrest Rate, bukan hanya untuk monitor utama saja, melainkan untuk eksternal monitor yang digunakan oleh pengguna Windows 11, Jumat (23/09).

Dukungan Dynamic Refrest Rate sebenarnya telah diberikan oleh Microsoft oleh mereka yang menggunakan Surface Laptop Studio. Pada akhirnya, Microsoft memberikan dukungan ini untuk mereka yang menggunakan perangkat selain Surface Laptop Studio dari Microsoft.

Microsoft telah memberikan Dynamic Refrest Rate untuk eksternal monitor, yang mana telah tersedia untuk pengguna Windows 11 Insider Dev dengan Build 25206, yang mana merupakan Build terbaru yang baru dirilis oleh Microsoft kemarin. Dalam salah satu fiturnya, pengguna menemukan bahwa sistem memberikan dukungan eksternal monitor dengan fitur Dynamic Refrest Rate.

Bagi mereka seorang pengembang atau profesi tertentu yang memerlukan dukungan Dual Monitor, tentu akan sangat terbantu dengan menggunakan Dynamic Refrest Rate. Apalagi mereka yang menggunakan perangkat laptop, yang tentu akan berbeda dengan PC dalam konsumsi dayanya.

Ketika menggunakan Dual Monitor di PC, maka eksternal monitor akan menggunakan konsumsi daya listrik langsung seperti PC. Namun berbeda dengan perangkat laptop, karena eksternal monitor akan menggunakan konsumsi daya baterai untuk dapat berjalan.

Akhirnya dengan mendapatkan dukungan Dynamic Refrest Rate, maka layar monitor pada sebuah laptop dapat melihat gambar dengan lebih halus dan tanpa memberikan tekanan pada baterai laptop. Fitur ini akan memaksimalkan penggunaan layar agar dapat berjalan seimbang. Tanpa fitur ini, maka layar akan terus melakukan Refrest Rate yang tidak terkendali.

Dynamic Refrest Rate ini akan memberikan dukungan Refresh Rate dengan maksimal, sehingga penggunaan baterai dapat terjaga. Kondisi baterai juga dapat bekerja maksimal, yang kemudian tidak cepat habis dayanya.

Namun, untuk mereka yang ingin menggunakan Dynamic Refrest Rate maka setidaknya telah menggunakan monitor dengan Refresh Rate 120Hz, lebih baik versi yang lebih tinggi. Kemudian, perlu diperhartikan bahwa pengguna harus menjalankan WDDM 3.1 sebagai Display Driver.

Jika semua komponen yang lengkap, maka pengguna bisa langsung mengaktifkan fitur Dynamic Refrest Rate ini di Settings, kemudian cari Advanced Display, pilih Dynamic.

Dukungan Microsoft dalam fitur Dynamic Refrest Rate ini akan memaksimalkan Refresh Rate yang maksimal, selain itu juga dapat digunakan untuk menghemat penggunaan daya baterai.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend