Microsoft Akhirnya Perbaiki Masalah Pembaruan KB5001330 Yang Bikin Game Error

Microsoft Akhirnya Perbaiki Masalah Pembaruan KB5001330 Yang Bikin Game Error

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 paling anyar yakni KB5001330 tengah mendapat sorotan karena menyebabkan beberapa game terganggu karena mengalami stuttering, FPS yang tidak stabil dan penurunan kinerja lainnya. Kabar baiknya, Microsoft telah mengetahui hal tersebut dan mengirimkan pembaruan perbaikan. 

Pembaruan yang menyebabkan masalah saat bermain game itu adalah pembaruan Windows 10 KB5001330 dan pembaruan pratinjau KB5000842. Pihak Nvidia pun sebelumnya menyarankan agar pengguna mencopot kedua pembaruan itu agar masalah saat bermain game bisa teratasi.

Tidak diketahui dengan pasti berapa banyak pengguna yang terdampak dari pembaruan tersebut, namun Microsoft mengklaim bahwa masalah itu tidak menyebar dengan luas. Meski demikian, mereka yang mengaku terdampak mengeluhkan betapa frustasinya mereka karena game yang mereka sebelumnya baik-baik saja, tiba-tiba menjadi tidak bisa dimainkan.

Dalam halaman pembaruan status Windows 10, Microsoft mengakui masalah tersebut sebagai isu yang telah diketahui dan mengatakan bahwa, “Beberapa pengguna telah melaporkan kinerja game yang menurun dalam mode layar penuh atau mode borderless windowed saat menggunakan beberapa monitor”.

Sementara itu di lain kesempatan, Microsoft memberikan klarifikasinya bahwa masalah tersebut terjadi hanya di sebagian kecil pengguna setelah mereka memasang pembaruan KB5001330, sementara lebih banyak pengguna yang tidak mengalami masalah tersebut sama-sama telah memasang pembaruan yang sama, namun tidak menggunakan lebih dari satu monitor.

Masalah tersebut telah ditandai sebagai ‘telah terselesaikan’ pada tanggal 23 April, dan Microsoft telah menyediakan perbaikan secara server-side. Dengan kata lain, perbaikan dilakukan di sisi server, dan pengguna Windows 10 tidak akan mendapatkan pembaruan baru lagi melalui Windows Update.

Selain itu, kode yang ada dalam pembaruan KB5001330 yang menjadi biang kerok permasalahan akan dimatikan secara jarak jauh. Proses ini akan terjadi secara otomatis atau pengguna bisa memaksanya dengan mengecek pembaruan di Windows Update dan kemudian merestart perangkat PC. 

Microsoft juga mengatakan bahwa perbaikan ini bisa memakan waktu sekitar 24 jam atau bisa lebih agar bisa menyebar secara otomatis ke seluruh pengguna baik itu pengguna biasa maupun bisnis yang dikelola atau tidak. Dengan melakukan restart perangkat mungkin bisa membantu proses perbaikan ke perangkat terjadi lebih cepat.

Leave a Reply

Send this to a friend