Cara Menghilangkan Comment di Microsoft Word

Cara Menghilangkan Comment di Microsoft Word Secara Permanen

Cara menghilangkan comment di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019 secara permanen

Comment atau komentar yang ada di dalam sebuah dokumen Word sebenarnya berfungsi untuk memberikan catatan, koreksi, atau markup terhasap sebuah kata, kalimat, atau bahkan paragraf yang ada di dalam dokumen tersebut.

Bahkan Anda bisa menjawab atau membalas komentar dari si pemberi komentar pada kolom comment sehingga bisa terjadi diskusi di dalamnya.

Fitur comment ini biasanya lebih sering digunakan oleh para dosen pembimbing saat memeriksa skripsi mahasiswanya atau atasan ketika memeriksa laporan bawahannya.

Cara Menghilangkan Comment di Word

Saat semua komentar yang ada di dalam dokumen sudah selesai Anda baca atau bahkan mungkin Anda sudah tidak membutuhkannya lagi, pasti Anda akan merasa terganggu dengan keberadaannya karena dokumen Anda akan terlihat tidak rapih.

Maka bisa saja Anda menghapusnya atau menghilangkannya agar dokumen Anda terlihat lebih rapih dan bersih.

Lalu bagaimanakah caranya? Langsung saja, silakan simak cara-caranya di bawah ini.

1. Menghilangkan Comment Satu Persatu di Word

Anda dapat menghilangkan atau menghapus komentar di dalam sebuah dokumen Word secara satu persatu. Cara ini digunakan jika Anda hanya ingin menghapus beberapa atau hanya satu komentar saja. Langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama, silakan Anda buka Microsoft Word di PC atau laptop Anda.

2. Lalu, silakan Anda buka file document Anda yang di dalamnya terdapat komentar. Seperti contoh gambar di bawah ini.

comment di word

3. Kemudian, silakan Anda pergi ke tab menu yang ada di atas lalu silakan klik tab menu Review. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik review

4. Kemudian, pada menu bagian Comments silakan Anda klik Next. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Menghilangkan Comment di Microsoft Word

5. Lalu, silakan Anda tentukan komentar atau comment mana yang ingin Anda hilangkan atau hapus. Jika belum pas dengan komentar yang Anda inginkan, silakan Anda klik Next terus sampai berada di komentar yang Anda inginkan. Seperti pada gambar di bawah ini.

pilih komentar

6. Lalu, silakan Anda pergi ke bagian menu Comments dan silakan klik Delete. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik delete

7. Dan selesai. Silakan Anda perhatikan kembali apakah komentar yang tadi sudah terhapus atau belum. Contohnya seperti komentar pada gambar sebelumnya. Pada gambar di bawah ini komentar sudah hilang atau terhapus.

Cara Menghilangkan Comment di MS Word 2013

2. Menghilangkan Comment Sekaligus di Word

Bukan hanya dapat menghilangkan atau menghapus komentar secara satu persatu di Word, tapi Anda juga bisa menghilangkannya secara sekaligus semuanya hanya dengan satu klik saja. Jadi, Anda tidak perlu menghilangkannya dengan cara satu persatu seperti cara sebelumnya. Bagaimana caranya? Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama, silakan Anda buka Microsoft Word di PC atau laptop Anda.

2. Lalu, silakan Anda buka file document Anda yang di dalamnya terdapat komentar. Seperti contoh gambar di bawah ini.

3. Kemudian, silakan Anda pergi ke tab menu yang ada di atas lalu silakan klik tab menu Review. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik review

4. Lalu, silakan Anda lihat pada bagian Comments dan klik ikon segitiga pada menu Delete. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik segitiga

5. Kemudian, silakan Anda pilih Delete All Comments in Document. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Menghilangkan Comment di MS Word 2016

6. Dan tada… Semua komentar yang ada di dalam dokumen Anda akan otomatis hilang atau terhapus semuanya. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menghapusnya satu persatu.

berhasil

7. Selesai.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana caranya menghilangkan atau menghapus comment di Word baik secara satu persatu ataupun secara sekaligus. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend