Nvidia Sarankan Pengguna Windows 10 Lakukan Rollback Pembaruan KB5001330

Nvidia Sarankan Pengguna Windows 10 Lakukan Rollback Pembaruan KB5001330

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 KB5001330 terus menyebabkan masalah saat bermain game, pihak dari Nvidia memperingatkan para pengguna untuk segera menghapus pembaruan yang bermasalah tersebut. 

Selama sepekan terakhir, para pengguna Windows 10 mengeluhkan soal pembaruan KB5001330 yang menyebabkan masalah. Secara khusus, pembaruan yang berisi penambalan kerentanan dan keamanan itu malah menyebabkan masalah baru bagi para gamer. Yang mereka keluhkan adalah FPS yang tidak stabil, kinerja yang tersendat-sendat dan bug yang tiba-tiba muncul di beberapa judul game lain. 

Salah seorang staf dari Nvidia menyarankan agar para pengguna mengembalikan versi Windows 10 ke versi sebelum pembaruan KB5001330:

“Jika kalian melihat adanya penurunan kinerja perangkat saat bermain game, coba cek apakah dengan mengembalikan pembaruan Windows 10 KB5000842 mungkin akan memperbaiki masalah tersebut”.

Dalam pengumuman oleh salah seorang staff dari Nvidia itu, direkomendasikan para pengguna untuk menghapus pembaruan opsional Windows 10 KB5000842, yang sebenarnya telah dirilis sejak bulan Maret, sebelum KB5001330. Dengan kata lain, sepertinya masalah saat bermain game di perangkat Windows 10 itu sudah ada di semua pembaruan opsional Microsoft terbaru.

Perlu dicatat, meskipun pengumuman hanya diungkap oleh pihak Nvidia, masalah tersebut sebenarnya juga muncul di pengguna perangkat keras lainnya. Pengguna perangkat PC yang menggunakan AMD juga mengalami masalah yang sama. Jadi, satu-satunya cara yang bisa dilakukan sementara ini adalah dengan mencopot pembaruan Windows 10 seperti yang disarankan oleh pihak Nvidia di atas.

Untuk melakukannya, bisa dengan mengakses halaman Settings di Windows 10 → Update & Security → Windows Update → Advanced Option → View Your Update History → Uninstall Update.

Tentu saja, dengan mencopot pembaruan KB tersebut, itu artinya pengguna juga menghapus peningkatan keamanan yang dibawa oleh pembaruan itu. Dengan kata lain, mungkin pengguna bisa mengatasi masalah saat bermain game, namun di sisi lain juga menjadikan perangkat menjadi terbuka terhadap celah kerentanan yang telah ditambal oleh pembaruan tersebut.

Sebelum Microsoft merilis perbaikan resmi atas masalah yang sedang terjadi, melakukan roll back dengan menghapus pembaruan itu menjadi satu-satunya cara jika ingin menghindari masalah saat bermain game.

Leave a Reply

Send this to a friend