Pembaruan KB 5001330 Munculkan Error Pada Windows 10 Yang Terpasang Menggunakan Media Offline

Pembaruan KB5001330 Munculkan Error Pada Windows 10 Yang Dipasang Menggunakan Media Offline

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 KB5001330 merupakan Patch Tuesday dengan pembaruan keamanan paling baru untuk Windows 10 versi 20H2 dan 2004. Pembaruan Windows 10 KB5001330 dilaporkan bisa memicu kerusakan pada pengguna yang telah memasang Windows 10 dari media pemasangan kustom. Sementara perangkat yang melakukan pembaruan dari Windows Update, tidak terdampak masalah ini. 

Pembaruan keamanan untuk Windows 10 biasanya akan dirilis dua kali dalam satu bulan, dengan pembaruan yang paling besar dan paling penting akan dirilis saat Patch Tuesday, dan pembaruan kedua akan hadir sekitar dua minggu setelahnya dalam bentuk pembaruan yang lebih kecil.

Microsoft pun baru saja merilis pembaruan Patch Tuesday bulan April yang berisi pembaruan keamanan KB5001330 yang ditujukan untuk Windows 10 versi 20H2 dan 2004. Pembaruan ini sedikit berbeda dengan pembaruan yang dirilis di hari yang sama, karena mempengaruhi cara penanganan Microsoft Edge versi Legacy dari pemasangan Windows tertentu.

Menurut daftar perubahan resmi Microsoft yang membahas mengenai pembaruan KB5001330, sepertinya proses penggantian Microsoft Edge Legacy dengan versi yang baru, mengalami hambatan saat menerepkan pembaruan keamanan ini:

“Perangkat yang memasang Windows 10 menggunakan media offline kustom atau ISO kustom mungkin telah menghapus Microsoft Edge Legacy dengan pembaruan ini, tetapi tidak secara otomatis diganti oleh Microsoft Edge yang baru. 

Masalah ini hanya ditemukan saat media offline kustom atau image ISO dibuat dengan melakukan slipstreaming pembaruan ke dalam image, tanpa terlebih dahulu memasang pembaruan SSU mandiri yang dirilis pada tanggal 29 Maret 2021 lalu, atau yang lebih baru”.

Namun, pihak Microsoft mencatat bahwa perangkat yang terhubung langsung ke Windows Update untuk menerima pembaruan, tidak terpengaruh, termasuk yang menggunakan Windows Update untuk bisnis, karena perangkat yang terhubung ke Windows Update selalu menerima versi terbaru dari SSU dan pembaruan kumulatif terbaru tanpa masalah.

Oleh karena itu, jika anda salah satu pengguna yang sebelumnya memasang Windows 10 versi 20H2 atau 2004 menggunakan media offline, seperti ISO yang dibuat melalui Media Creation Tool Microsoft, akan lebih baik jika anda tidak memasang pembaruan terbaru ini, dan menunggu adanya perbaikan dari pihak Microsoft.

Leave a Reply

Send this to a friend