Microsoft Luncurkan Windows Cloud PC Antara Juni dan Juli Tahun Ini

Microsoft Luncurkan Windows Cloud PC Antara Juni dan Juli Tahun Ini

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mungkin akan memulai produk ‘desktop-as-a-service’ Windows Cloud PC mereka dalam beberapa bulan ke depan. Informasi dari pihak internal Microsoft mengatakan bahwa perusahaan asal Redmond itu ditargetkan akan meluncurkan layanan Windows 10 virtual barunya pada bulan Juni atau Juli mendatang. 

Event Microsoft Inspire telah dijadwalkan akan digelar pada pertengahan Juli tahun ini, jadi perusahaan kemungkinan akan mulai mengumumkan layanan Cloud PC mereka di event tersebut, sehingga para rekanan dari Microsoft bisa mulai merilis layanan itu. 

Di-host melalui layanan Azure milik Microsoft, produk Cloud PC akan memungkinkan para pengguna Windows 10 dan Office 365 menjalankan perangkat mereka secara jarak jauh, virtual dengan lingkungan serba online menggunakan perangkat lain mereka sebagai sebuah klien. 

Microsoft sendiri juga telah menawarkan layanan Windows Virtual Desktop yang sama-sama di host melalui Azure. Namun layanan tersebut membutuhkan pengguna untuk berlangganan dengan rentang harga tertentu sementara layanan Microsoft Cloud PC akan dikenakan tarif yang flat. 

Layanan ini akan didatangkan Microsoft pada saat lebih banyak perusahaan telah beralih ke aplikasi dan layanan berbasis Cloud. Sehingga Cloud PC bisa membantu para pelaku usaha untuk memangkas biaya perangkat keras dan mengurangi overhead dukungan dengan menghilangkan kebutuhan akan perangkat PC Windows di lokasi yang lengkap untuk para karyawannya. 

Versi dari Windows 10 berbasis Cloud itu juga akan menyertakan fitur, perbaikan dan pembaruan terbaru, sehingga masalah keamanan dengan perangkat bisa diperbarui secara rutin sepenuhnya.

Informasi yang bocor pada tahun lalu yang mengungkap bahwa Microsoft akan menawarkan layanan Cloud PC dengan beragam pilihan berlangganan yang berbeda, yang saat itu disebutkan terdiri dari paket Medium, Heavy dan Advanced, di mana masing-masing perangkat keras di setiap paket akan memiliki jumlah CPU, memori dan penyimpanan yang berbeda. 

Sebuah lowongan pekerjaan yang kini sudah dihapus di halaman Microsoft juga mengungkap bagaimana layanan Windows Cloud PC itu nantinya:

“Layanan Cloud PC akan memungkinkan semua pengguna untuk bisa tetap produktif dari manapun, di perangkat apapun berbasis layanan Cloud yang aman, dan hadir dengan pengalaman Windows yang selalu diperbarui. Layanan ini juga memungkinkan pengelola endpoint untuk secara instan menyediakan PC yang dihosting di cloud dan mengelola perangkat fisik dan virtual melalui sebuah portal terpadu dengan harga tetap.”

Microsoft kemungkinan juga akan menggunakan Windows Cloud PC untuk membantu pengguna Windows 10X untuk menjalankan aplikasi Win32 karena sistem operasi itu dilaporkan hanya akan mendukung Universal Windows Platform (UWP) saja saat diluncurkan nanti.

Leave a Reply

Send this to a friend