Microsoft Tunda Kenaikan Harga Layanan Office 365

Microsoft Tunda Kenaikan Harga Layanan Office 365

NESABAMEDIA.COMKenaikan harga substantif pertama Microsoft untuk banyak produk Office 365 masih terjadi pada bulan Maret ini, namun beberapa minggu lebih lambat dari yang diumumkan untuk beberapa reseller-nya. 

Pada enam bulan lalu, tepatnya pada bulan Agustus 2021, Microsoft mengumumkan kenaikan harga substantif yang akan datang untuk layanan Office 365, yang akan mulai berlaku pada tanggal 1 Maret 2022. Namun pada tanggal 28 Februari kemarin, Microsoft mengumumkan adanya penundaan kenaikan harga itu untuk beberapa mitra reseller-nya, menciptakan masa tenggang selama dua minggu. 

Microsoft dijadwalkan untuk menaikkan harga secara global pada sebagian besar langganan komersial Office 365 dan Microsoft 365. Kenaikan akan berkisar dari $12 per pengguna per tahun untuk layanan Microsoft 365 Business Basic sampai $48 per tahun untuk layanan Microsoft 365 E3. 

Sementara itu, harga untuk konsumen, edukasi dan produk kelas atas Microsoft 365 E5 tidak akan mengalami kenaikan kali ini. Pihak Microsoft mengatakan kenaikan tersebut adalah yang pertama yang patut dicatat sejak Microsoft meluncurkan layanan Office 365 lebih dari satu dekade yang lalu, dan akan membuat Microsoft tetap sejalan dengan harga yang ditawarkan oleh para pesaingnya, seperti Google. 

Akan tetapi pada tanggal 28 Februari kemarin, Microsoft mengatakan kepada para mitra reseller-nya bahwa beberapa dari mereka akan mendapatkan penangguhan kenaikan harga selama dua minggu dari harga yang direncanakan.

Cloud Solution Providers (CSP) dan mitra lainnya, kini memiliki waktu sampai dengan tanggal 15 Maret 2022, agar transaksi mereka terunggah sebelum harga kenaikan. Microsoft mengatakan adanya permintaan yang cukup tinggi, menyebabkan perubahan harga 1 Maret sebagai alasan penundaan tersebut. 

Beberapa pelanggan Microsoft akan membayar lebih mahal untuk layanan Office 365, setelah kontrak berlangganan mereka diperpanjang. Berikut ini rencana harga baru seperti yang diumumkan Microsoft sebelumnya :

  • Microsoft 365 Business Basic : $6 per pengguna per bulan
  • Microsoft 365 Business Premium : $22 per pengguna per bulan
  • Office 365 E1 : $10 per pengguna per bulan
  • Office 365 E3 : $23 per pengguna per bulan
  • Office 365 E5 : $38 per pengguna per bulan
  • Microsoft 365 E3 : $36 per pengguna per bulan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend