Microsoft Naikkan Harga Langganan Microsoft 365

Microsoft Naikkan Harga Langganan Microsoft 365

NESABAMEDIA.COMPada 1 Maret 2022, Microsoft akan menaikkan harga secara global untuk sebagian besar langganan komersial Office 365 dan Microsoft Windows 365. Namun harga untuk jenis konsumen, Edukasi, dan SKU Microsoft 365 E5 kelas atas tidak akan naik pada saat itu.

Pejabat Microsoft menyebut kenaikan harga yang akan datang merupakan pembaruan harga substantif pertama sejak mereka meluncurkan Office 365 sejak satu dekade lalu. Sebagai informasi, ada beberapa kenaikan harga yang terjadi untuk suite selama 10 tahun terakhir.

Kenaikan akan berkisar dari $12 per pengguna per tahun lebih banyak untuk Microsoft 365 Business Basic, hingga $48 per pengguna per tahun lebih banyak untuk Microsoft 365 E3. Dalam beberapa kasus, Microsoft menaikkan harga untuk menyamai harga kompetitor, dalam hal ini adalah layanan yang serupa milik Google. Sementara dalam kasus lain, perubahan harga tersebut untuk menyesuaikan harga guna mencerminkan nilai tambah yang cukup besar ke suite Office 365/Microsoft 365 selama beberapa tahun terakhir.

Pihak Microsoft mengatakan sejak Microsoft 365 diperkenalkan empat tahun lalu, perusahaan telah menambahkan 24 aplikasi ke suite Office 365/Microsoft 365, termasuk Teams, Power Apps, Power BI, Power Automate, Stream, Planner, Visio, OneDrive, Yammer, dan Whiteboard. Beberapa aplikasi ini disertakan tanpa biaya tambahan, sedangkan layanan lainnya, seperti rangkaian produk Power Platform, memerlukan lisensi dan biaya berlangganan yang terpisah. 

Mereka juga mengatakan bahwa Microsoft telah menambahkan lebih dari 1.400 fitur baru ke layanan Office 365 selama satu dekade terakhir.

Berikut adalah harga baru, yang akan berlaku efektif per 1 Maret 2022:

  • Microsoft 365 Business Basic mulai dari $5 menjadi $6 per pengguna per bulan
  • Microsoft 365 Business Premium mulai dari $20 menjadi $22 per pengguna per bulan
  • Office 365 E1 mulai dari $8 menjadi $10 per pengguna per bulan
  • Office 365 E3 mulai dari $20 menjadi $23 per pengguna per bulan
  • Office 365 E5 mulai dari $35 menjadi $38 per pengguna per bulan
  • Microsoft 365 E3 mulai dari $32 menjadi $36 per pengguna per bulan

Tidak ada perubahan yang terjadi pada bulan Maret untuk Microsoft 365 E5, yang saat ini berlaku dengan harga $57 per pengguna per bulan. Jared Spataro, Wakil Presiden Perusahaan Microsoft untuk Microsoft 365 mengatakan bahwa Microsoft yakin perubahan harga dapat membuat SKU Microsoft 365 E5 “lebih menarik” bagi pelanggan.

Microsoft baru-baru ini mengungkapkan bahwa hanya delapan persen dari 300 juta pengguna Office 365 komersial yang saat ini menggunakan Office 365 E5. Microsoft juga tidak mengubah harga SKU F (firstline worker) karena masih baru di pasaran.

Selain mengumumkan kenaikan harga yang akan datang, pejabat Microsoft juga mengatakan bahwa mereka berencana untuk menambahkan kemampuan dial-in tak terbatas untuk rapat Teams di seluruh perusahaan berbayar, bisnis, pekerja garis depan, dan suite pemerintah selama beberapa bulan mendatang. Ini memungkinkan pengguna untuk masuk dan bergabung dalam rapat Teams dari hampir semua perangkat.

Selain itu juga akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan nomor telepon khusus dan menggunakan Teams seperti jembatan konferensi tanpa harus mengunduh aplikasi dan bergabung dalam rapat melalui Internet.

Leave a Reply

Send this to a friend