Microsoft Cloud PC

Cloud PC, Ambisi Microsoft Jadikan Windows Layanan Multi Platform

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kini tengah berambisi mewujudkan target mereka dengan menjadikan Windows bisa ada dimanapun (Windows Everywhere). Dalam hal ini yang dilakukan Microsoft adalah dengan memanfaatkan dan memaksimalkan Cloud PC mereka. Nantinya, sistem apapun termasuk itu perangkat milik Apple bisa mengakses atau menggunakan sistem operasi Windows di dalamnya, baik melalui desktop langsung atau secara remote jarak jauh.

Awal tahun ini, Microsoft dikabarkan tengah mengembangkan Cloud PC, sebuah layanan yang dibangun dari Windows Virtual Desktop untuk menyajikan Desktop sebagai layanan di perangkat Windows 10, MacOS, iOS hingga perangkat Android.

Dalam sebuah deskripsinya, Microsoft menjelaskan bahwa Cloud PC akan memberikan pengguna bisnis dan profesional sebuah pengalaman menggunakan Windows secara modern, elastis, dan berbasis cloud sehingga memungkinkan sebuah organisasi untuk tetap terupdate dengan cara yang lebih sederhana.

Namun hingga saat ini, Microsoft masih belum meresmikan keberadaan dari Cloud PC tersebut. 

Sejumlah laporkan memperkirakan bahwa Cloud PC itu akan hadir sebagai bagian dari layanan Microsoft 365 per pengguna. Tidak seperti Windows Virtual Desktop yang berbasis dari penggunaan layanan Azure Cloud. Sehingga pengguna pun bisa mengakses versi Lite, Standar atau Advanced.

Platform ini disebut-sebut bakal menggunakan perangkat PC Virtual dengan jumlah RAM dan penyimpanan yang bervariasi, yang sesuai dengan jenis penggunaanya. Dari penggunaan biasa, pekerjaan ringan atau untuk kebutuhan bisnis berskala besar.

Mungkin saat ini Windows bisa diakses dari perangkat non-Windows menggunakan Windows Virtual Desktop, namun Cloud PC ini akan menawarkan solusi yang jauh lebih sederhana sehingga memudahkan dalam penggunaanya. 

Perangkat apapun akan bisa terhubung ke desktop personal di layanan Cloud itu untuk mengakses konten bisnis milik perusahaan, dengan kemampuan untuk bisa meningkatkan hardware yang dibutuhkan oleh perangkat virtual itu jauh lebih cepat. 

Menawarkan Windows menjadi sebuah layanan merupakan lompatan sangat besar yang dilakukan Microsoft untuk menjadikan Windows bisa tersebar luas dan menjadi layanan multi-platform di seluruh ekosistem teknologi informasi saat ini. 

Ambisi dan target tersebut bisa dilihat dari pengembangan banyak fitur yang ada pada Office yang bisa tersedia di produk Apple misalnya, dan fokus dalam menerapkan layanan web-nya.

Leave a Reply

Send this to a friend