Aplikasi Cloud Storage untuk PC dan Laptop

10 Rekomendasi Aplikasi Cloud Storage untuk PC / Laptop Terbaik

NESABAMEDIA.COM – Cloud storage atau penyimpanan awan adalah sebuah model penyimpanan data yang mana data digital akan disimpan di dalam komputer server. Data disimpan dalam penyimpanan fisik yang meliputi server dan beberapa lokasi dan juga lingkungan fisik yang biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan hosting.

Saat ini orang-orang baik individu maupun perusahaan lebih memilih untuk menyimpan datanya di penyimpanan awan atau cloud storage. Karena bisa lebih menghemat ruang penyimpanan di PC atau laptop, dan tentunya lebih aman. Meskipun PC atau laptop tiba-tiba hang atau dicuri, data Anda tetap tersimpan aman di cloud storage.

Aplikasi Cloud Storage untuk PC / Laptop

Cloud storage dapat diakses atau digunakan di berbagai perangkat dan platform, bukan hanya di handphone saja tapi Anda bisa mengaksesnya lewat PC ataupun laptop. Banyak sekali aplikasi cloud storage yang sudah tersebar di internet. Berikut ini ada 10 rekomendasi aplikasi cloud storage yang bisa Anda gunakan di PC atau laptop. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Google Drive

Google Drive

Google Drive merupakan aplikasi cloud storage atau penyimpanan awan yang termasuk buatan mesin pencarian raksasa saat ini yaitu Google. Google Drive menyediakan penyimpanan gratis hingga 15 GB yang dibagi dengan berbagai layanan milik google lainnya, seperti Gmail, Google Plus, dan lain sebagainya.

Google Drive dapat menjadi tempat penyimpanan berbagai file Anda. Selain dapat menyimpan, Anda juga bisa berbagi dan mengedit file dengan mudah dari berbagai perangkat bisa dari PC, laptop, ataupun handphone. Anda juga bisa berkolaborasi dengan pengguna lainnya untuk mengakses dan bekerja dengan file lainnya, seperti document, spreadsheet, dan juga presentasi. Penggunaan Google Drive gratis hingga 15 GB, jika Anda ingin menggunakan lebih maka Anda akan dikenakan tarif harga.

2. OneDrive

OneDrive

Awalnya perusahaan Microsoft memiliki layanan cloud storage yang bernama SkyDrive, namun dengan pembaharuan yang dilakukan pada berbagai macam fitur dan kelebihan lainnya Microsoft mengubah namanya menjadi OneDrive. Tidak mau kalah dengan para pesaingnya, Microsoft berupaya untuk mendapatkan ratusan juta pelanggan dengan memberikan ruang penyimpanan sebesar 7 GB hingga 15 GB untuk para penggunanya.

Aplikasi OneDrive juga akan memberikan ruang penyimpanan tambahan sebesar 5 GB jika And mampu mengajak teman atau siapa saja untuk menggunakan aplikasi OneDrive dan juga 3 GB lebih yang bisa Anda gunakan untuk mem-backup foto.

3. Dropbox

Aplikasi Cloud Storage untuk PC Terbaik

Dropbox merupakan aplikasi cloud storage yang saat ini termasuk yang terbaik di dunia. Anda dapat menyimpan seluruh file Anda dengan sangat mudah dan dapat diakses dengan mudah dan dibagikan ke pengguna lain. Aplikasi Dropbox dapat Anda akses di semua platform dan perangkat Anda.

Dropbox memberikan ruang penyimpanan awan secara gratis sebesar 2 GB untuk setiap pengguna. Tapi, Anda juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan tambahan yang lebih besar hingga 16 GB secara gratis jika Anda bisa mengajak teman Anda untuk menggunakan aplikasi Dropbox ini. Dan jika Anda membutuhkan ruangan penyimpanan yang lebih besar lagi, Anda bisa upgrade dengan membayar $10 per 50GB atau $20 untuk 100GB.

4. Mega

Mega

Mega pasti dari namanya Anda sudah tidak asing lagi ya. Benar, Mega adalah sebuah layanan yang berasal dari file hosting megaupload.com yang merupakan layanan download upload file yang pernah populer. Setelah website megaupload.com ditutup, kini perusahaan tersebut meluncurkan Mega sebagai layanan cloud storage.

Anda dapat menyimpan berbagai macam file secara gratis hingga 50 GB, pasti ruang penyimpanan sebesar itu sudah sangat cukup besar bagi Anda kan. Aplikasi ini baru saja dirilis pada tanggal 19 Januari tahun 2013, ya masih tergolong baru. Sistem operasi yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi ini adalah Windows, iOS, Linus, OS X, dan masih ada beberapa lainnya.

5. ADrive

Aplikasi Cloud Storage untuk PC / Laptop

ADrive merupakan sebuah layanan cloud storage yang memberikan Anda ruang penyimpanan yang cukup besar seperti yang diberikan oleh aplikasi Mega. Layanan ADrive memberikan Anda ruang penyimpanan awan secara gratis hingga 50 GB dengan akun pribadi. Namun, ada kelemahan yang dimiliki layanan ADrive ini jika Anda menggunakan akun gratis yaitu Anda tidak akan mendapatkan fitur terbaik dari Adrive seperti upload file yang dapat mencapai 16 GB dan Anda akan terganggu oleh iklan jika menggunakan Android dan iOS.

6. Box

Box

Box merupakan aplikasi layanan penyimpanan awan yang cukup populer dikalangan para pebisnis dan perusahaan. Beda dengan layanan penyimpanan awan lainnya yang lebih populer dikalangan individu saja. Aplikasi Box memberikan penyimpanan awan gratis hingga 10 GB untuk penggunaan pribadi.

Jika Anda menggunakan akun pribadi, Anda hanya bisa meng-upload file dengan batasan hingga 250 MB saja sekali upload ke media penyimpanan awan aplikasi Box. Aplikasi Box dapat Anda akses di berbagai macam platform sistem operasi dan perangkat. Jika Anda ingin menggunakan ruang penyimpanan lebih dari 10 GB, Anda harus meng-upgrade ke versi Pro.

7. SpiderOak

SpiderOak

SpiderOak merupakan aplikasi cloud storage yang lebih menekankan ke data privasi Anda. Sehingga Anda akan terjamin keamanan data yang Anda simpan pada layanan penyimpanan awan SpiderOak. Aplikasi ini hanya memberikan ruang penyimpanan yang cukup sedikit yaitu hanya sekitar 2 GB saja secara gratis. Anda dapat membagikan file yang Anda simpan ke pengguna lainnya.

Anda juga bisa meningkatkan ruang kapasitas pada penyimpanan awan hingga 10 GB. Jika Anda mengajak teman-teman Anda untuk menggunakan aplikasi SpiderOak ini Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 1 GB untuk setiap teman yang Anda ajak.

8. Bitcasa

Aplikasi Cloud Storage untuk Laptop

Bitcasa merupakan layanan penyimpanan awan lainnya yang bisa Anda gunakan. Aplikasi Bitcasa ini juga termasuk yang terbaik diantara yang lainnya. Bitcasa ini mengutamakan keamanan pada data Anda yang meletakkan penekanan pada privasi data Anda.

Data yang Anda simpan di dalam cloud storage aplikasi Bitcasa akan dienkripsi sebelum di upload dan cuma Anda yang bisa melihatnya. Aplikasi Bitcasa ini memberikan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 25 GB secara gratis dan Anda bisa mengaksesnya dari berbagai macam perangkat dan platform yang berbeda.

9. Qihoo 360 Yunpan

Qihoo 360 Yunpan

Qihoo 360 merupakan sebuah perusahaan keamanan internet yang cukup terkenal di China. Ia menawarkan banyak ruang penyimpanan awan secara gratis. Aplikasi The Qihoo 360 Hard Cloud memberikan ruang penyimpanan awan hingga sebesar 36 TB (36.864 GB!) secara gratis.

Tapi, dengan ruang cloud storage yang sangat besar dan diberikan secara cuma-cuma alias gratis yang bisa Anda dapatkan dari chine, tentu akan menjadi pertanyaan yang cukup besar mengapa mereka sangat berani memberikan ruang penyimpanan yang sangat besar. Tentunya sangatlah tidak wajar bukan. Jadi, lebih baik saya sarankan Anda memilih ruang penyimpanan awan yang wajar agar data Anda tetap terjaga dengan aman.

10. Tencent Weiyun

Tencent Weiyun

Tencent Weiyun merupakan salah satu cloud storage yang terbaik yang didirakan oleh perusahaan internet dari China. Layanan penyimpanan awan ini memberikan ruang yang cukup besar yaitu hingga 10 TB secara cuma-cuma alias gratis.

Sama seperti aplikasi layanan cloud storage sebelumnya, Anda harus lebih berhati-hati dengan layanan yang memberikan ruang penyimpanan yang sangat besar apalagi memberikannya secara gratis. Lebih baik Anda memilih cloud storage yang penyimpanannya sedikit tapi data Anda sudah dijamin aman.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi aplikasi cloud storage untuk PC atau laptop. Silahkan Anda pilih layanan cloud storage mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend