Aplikasi Virtual Machine di PC / Laptop Terbaik

10 Aplikasi Virtual Machine di PC / Laptop Terbaik (Update 2022)

NESABAMEDIA.COM – Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Virtual Machine. Ya, virtual machine digunakan bagi Anda yang ingin menjalankan sebuah sistem operasi didalam sistem operasi lainnya, atau bisa disebut menjalankan komputer virtual didalam komputer utama Anda.

Contohnya saja, jika Anda mempunyai PC / laptop dengan sistem operasi windows 10, dan Anda ingin menjalankan sistem operasi Linux juga maka Anda bisa menggunakan virtual machine ini tanpa harus melakukan dual boot.

10 Aplikasi Virtual Machine di PC / Laptop

Saat ini aplikasi virtual machine di PC / laptop sudah bervariasi. Sudah banyak developer yang mengeluarkan aplikasi virtual machine ini. Nah, pada artikel kali ini akan memberikan rekomendasi 10 aplikasi virtual machine yang bisa Anda gunakan di PC / laptop baik gratis ataupun berbayar. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. VirtualBox

VirtualBox

VirtualBox merupakan aplikasi virtual machine di PC / laptop yang sudah sering digunakan oleh kebanyakan orang. Aplikasi VirtualBox dikeluarkan oleh Oracle yang sangat populer dikalangan warga dunia. Aplikasi ini mendukung berbagai macam paltform sistem operasi diantaranya adalah Windows, MacOS, dan Linux.

Aplikasi VirtualBox merupakan aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis dan bersifat open source. Anda juga dapat mengubah ukuran layar OS guest secara dinamis pada aplikasi VirtualBox ini.

Aplikasi VirtualBox ini dilengkapi dengan paket ekstensi yang bisa Anda instal untuk menambah fitur – fiturnya sehingga Anda bisa menambahkan fungsionalitas tambahan misalnya seperti koneksi remote desktop, dukungan perangkat USB, serta mampu melakukan booting PXE (jaringan) untuk kartu Intel NIC (LAN).

2. Windows Virtual PC

Aplikasi Virtual Machine di PC / Laptop Terbaik

Windows Virtual PC merupakan aplikasi virtualisasi yang diciptakan oleh Microsoft Coporation. Aplikasi ini pertama kali dikeluarkan pada bulan September tahun 2009. Aplikasi Windows Virtual PC ini memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa sistem operasi Windows secara bersamaan untuk memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Aplikasi Windows Virtual PC ini sesuai namanya hanya dapat dijalankan pada platform sistem operasi Windows saja, tidak mendukung sistem operasi lainnya.. Namun, Anda bisa menjalankan banyak sistem operasi didalam aplikasi ini. Aplikasi ini juga dapat Anda unduh secara gratis.

3. QEMU

QEMU

QEMU atau Quick Emulator merupakan aplikasi virtual machine PC / laptop yang mendukung berbagai macam sistem operasi. Aplikasi ini juga disebut sebagai emulator yang tidak berbayar dan tentunya bersifat open source yang mempu merlakukan virtualisasi perangkat keras.

QEMU telah merilis versi terbarunya yaitu 3.0.0 pada 14 Agustus 2018 lalu. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa C. Aplikasi QEMU ini dapat Anda unduh secara gratis dan aplikasi ini dapat digunakan di berbagai sistem operasi diantaranya Windows, MacOS, dan Linux.

4. V2 Cloud

V2 Cloud

V2 Cloud merupakan aplikasi virtualisasi desktop yang terintegrasi penuh. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat serta mengelola desktop cloud Windows dalam beberapa saat saja. Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows saja.

Sayangnya aplikasi ini tidak gratis alias bayar. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda bisa membelinya sekitar $60 per bulannya. Aplikasi ini mempunyai dukungan teknis yang fanatik. Dan aplikasi ini mempunyai ruang disk sebesar 50 GB dan masih bisa diperbesar.

5. VMWare Workstation

Aplikasi Virtual Machine di PC Terbaik

VMware Workstation Player merupakan varian dari aplikasi virtualisasi VMware. Aplikasi ini dapat Anda unduh dan instal secara gratis. Aplikasi VMware Workstation ini memiliki kompatibilitas yang luas untuk berbagai macam sistem operasi, bahkan sistem operasi terbaru sekali pun. Hal ini yang menjadikan aplikasi ini pilihan utama untuk membuat virtual machine.

Aplikasi ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi yaitu Windows, Linux, dan MacOS. Aplikasi ini memiliki fitur Konektivitas vSphere. VMware vSphere ini merupakan platform berbasis cloud untuk virtualisasi. Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk menyimpan pengaturan privasi dan konfigurasi jaringan yang berbeda untuk PC lain yang virtual serta dapat mentransfer data ke dan dari mesin virtual ke PC Anda lebih mudah.

6. Windows Hyper-V

Windows Hyper-V

Hyper-V merupakan aplikasi virtual machine yang sudah muncul sejak tahun 2008. Aplikasi ini muncul menggantikan Microsoft Virtual PC sebagai pilihan asli untuk virtualisasi di Windows 8 dan lainnya.  Aplikasi ini hanya kompatibel pada sistem operasi versi Windows, Windows Server dan Profesional, Educations dan Enterprise.

Aplikasi Hyper-V ini dapat melakukan virtualisasi hardware misalnya seperti hard disk, media drive eksternal, switch, dan lain sebagainya. Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini sangat bersih dan simpel sehingga mudah untuk digunakan.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak mampu memvirtualkan hardware seperti sound dan GPU. Namun, kelebihannya aplikasi ini sangat ringan sehingga dapat berjalan dengan cepat di PC / laptop Anda.

7. VMWare Server

Aplikasi Virtual Machine di Laptop Terbaik

VMWare Server merupakan aplikasi virtual machine yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Aplikasi VMWare Server ini mendukung berbagai macam sistem operasi baik untuk guest ataupun host. Aplikasi ini juga mendukung untuk perangkat USB dan bridge, NAT, serta network interface khusus host.

Aplikasi VMWare Server memiliki paket tool administratif yang dapat Anda instal dari menu File. Tool ini sangat bermanfaat untuk membuatnya lebih mudah dalam berkomunikasi antara sistem operasi host dan sistem operasi guest tanpa harus mengunci mouse, mengizinkan hal – hal lainnya seperti cut, copy, paste, dan drag and drop antara host dan sistem operasi guest.

8. VMWare Fusion

VMWare Fusion

VMware Fusion merupakan aplikasi virtual machine yang mempunyai lebih banyak dukungan saat datang ke alokasi CPU dan RAM untuk os guest. Mengapa? Karena aplikasi VMware Fusion ini tidak mengambil banyak CPU ataupun RAM di komputer host Anda.

Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan resolusi yang tinggi yaitu 4K / 5K Retina Display Support. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis. Jika Anda memerlukan virtual machine yang mempunyai kinerja cukup tinggi, VMware Fusion inilah solusi terbaik untuk Anda. Aplikasi ini juga terhubung dengan VSphere / ESXi Server yang biasa dikenal dengan fasilitas Rendering Grafik 3D yang sangat sempurna untuk pengembang iOS.

9. Parallels Desktop

Parallels Desktop

Parallels Desktop merupakan aplikasi virtual machine yang dirilis pada tahun 1999. Yang mana kantor pusatnya berada di Renton, Washington. Mereka juga berkantor di Asia,  Eropa, Amerika Utara, dan Australia. Aplikasi Parallels Desktop memiliki 4 produk utama untuk bisnis dan 3 produk untuk penggunaan pribadi.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk sistem operasi MacOS dan juga Windows.  Perangkat lunak ini untuk pengguna Mac, untuk menggunakan OS Windows di Mac. Aplikasi ini tidak memerlukan reboot.

Namun sayangnya, aplikasi ini tidak dapat diunduh secara gratis alias Anda harus membayarnya. Tapi Anda tetap bisa menggunakannya selama 14 free trial, jika sudah lewat batasnya maka Anda harus membelinya sekitar $50 per tahun.

10. Redhat Virtualization

Redhat Virtualization

Redhat Virtualization merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Red Hat Software. Aplikasi ini dibuat dan ditulis dalam bahasa Java. Versi pertama dari aplikasi ini dirilis pada bulan Juni tahun 2010.

Red Hat merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak atau software yang mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka atau open source. Markas Besar Red Hat ini bertempat di Raleigh, North Carolina.

Aplikasi ini cukup ringan sehingga dapat berjalan dengan cepat. Karenaaplikasi ini menjanjikan kepada para penggunanya tentang peningkatan kinerja yang mereka miliki. Aplikasi ini bersifat open source dan sangat mudah digunakan. Sehingga Anda dapat mengintegrasikannya ke sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi virtual machine di PC / laptop. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Silahkan Anda gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend