Aplikasi Untuk Cek Kesehatan Hardisk PC

10 Aplikasi Untuk Cek Kesehatan Hardisk PC / Laptop Terbaik

Hardisk adalah salah satu komponen yang paling penting untuk PC atau laptop. Tanpa ada hardisk, sistem operasi dan program atau aplikasi di PC atau laptop Anda tidak akan bisa berjalan. Jadi, fungsi hardisk sangatlah penting untuk PC ataupun laptop.

Tapi segala sesuatu yang berbau elektronik pasti ada waktunya dimana barang tersebut akan rusak. Jadi, sebelum terjadi kerusakan pada hardisk, Anda harus sering melakukan pengecekan pada kesehatan hardisk Anda untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan tiba-tiba.

Aplikasi Untuk Cek Kesehatan Hardisk PC / Laptop

Banyak sekali aplikasi yang berfungsi untuk mengecek kesehatan hardisk PC ataupun laptop, mulai dari aplikasi bawaan windows hingga aplikasi pihak ketiga yang harus diinstal terlebih dahulu. Artikel kali ini akan memerikan 10 rekomendasi aplikasi untuk cek kesehatan hardisk PC ataupun laptop. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Seagate Seatools

Seagate Seatools

Seagate Seatools merupakan aplikasi untuk mengecek kesehatan hardisk di PC ataupun laptop yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Aplikasi ini merupakan buatan salah satu produsen hardisk yang sangat terkenal di dunia. Aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Seagate ini dapat Anda gunakan untuk mengecek atau memeriksa kesehatan pada semua merk hardisk yang ada di PC atau laptop Anda.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan baik untuk pemula ataupun yang sudah terbiasa. Kegunaan diagnostik hardisk pada aplikasi ini dapat membantu Anda dalam menghemat waktu dan dapat menjaga data atau file yang Anda miliki. Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai platform diantaranya Windows dan DOS.

2. GSmart Control

Aplikasi Untuk Cek Kesehatan Hardisk PC

GSmart Control merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek kesehatan pada hardisk PC ataupun laptop Anda. Aplikasi GSmart Control ini melakukan berbagai tipe pengecekan yang bisa Anda pilih untuk mengecek kesehatan hardisk pada laptop atau PC yang Anda miliki.

Berikut ini 3 jenis tipe pengecekan hardisk yang dapat Anda pilih:

  • Short self-test: jika Anda memilih tipe ini maka proses pengecekan kesehatan hardisk Anda akan berlangsung selama 2 menit untuk mengecek apakah hardisk PC atau laptop Anda mengalami kerusakan atau tidak.
  • Extended self-test: jika Anda memilih tipe ini maka proses pengecekan pada hardisk Anda akan berlangsung selama 70 menit yang artinya pengecekan akan dilakukan lebih dalam lagi.
  • Conveyance self-test: jika Anda memilih tipe ini maka proses pengecekan hardisk akan berlangsung selama 5 menit saja untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak.

3. HDDScan

HDDScan

HDDScan merupakan salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan pada kesehatan hardisk PC ataupun laptop Anda. Aplikasi ini memiliki beberapa menu yang dapat Anda pilih untuk mengecek kesehatan hardisk Anda.

Keunggulan aplikasi ini adalah dapat mendukung hampir semua tipe dan jenis HDD dan tentunya aplikasi ini portable. Dan Anda tidak perlu khawatir jika Anda sudah menggunakan Windows 10, karena aplikasi ini mendukung semua versi windows mulai dari windows vista, windows XP, windows 7, windows 8, hingga windows 10.

4. HD Tune

HD Tune

HD Tune merupakan aplikasi pengecekan kesehatan hardisk di PC ataupun laptop. Aplikasi HD Tune ini melakukan pengecekan hardisk sudah menggunakan teknologi S.M.A.R.T. dan aplikasi ini dapat melakukan pengecekan pada hampir semua jenis jardisk internal maupun hardisk eksternal, memory card, SSD.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini di sistem operasi windows versi apapun, mulai dari windows vista, windows, XP, windows 7, windows 8, windows 2000, dan windows 10. Aplikasi ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Aplikasi ini juga dapat mengecek kesehatan hardisk Anda dari error atau badsector yang mungkin sering terjadi di hardisk Anda.

5. Ariolic Disk Scanner

Aplikasi Untuk Cek Kesehatan Hardisk Laptop

Ariolic Disk Scanner merupakan aplikasi yang cukup simpel dan sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kesehatan pada hardisk PC ataupun laptop Anda.

Aplikasi Ariolic Disk Scanner ini memiliki ukurang yang sangat kecil yaitu hanya sekitar 1 MB saja sehingga Anda bisa menghemat ruang penyimpanan pada PC atau laptop Anda dan mengemat kuota internet untuk men-download nya. Aplikasi ini tentunya portable sehingga Anda tidak perlu menginstalnya lagi, Anda bisa langsung menjalankannya.

6. Macrorit Disk Scanner

Macrorit Disk Scanner

Macrorit Disk Scanner merupakan aplikasi untuk mengecek kesehatan hardisk PC atau laptop. Aplikasi ini mempunyai performa yang sangat baik bila dibandingkan dengan aplikasi bawaan windows. Macroit Disk Scanner ini memiliki kecepatan scan yang sangat baik yang didukung oleh perangkat.

Aplikasi Macrorit Disk Scanner ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis dan tentunya dapat digunakan di  semua versi Microsoft Windows terbaru, baik klien ataupun server, dan juga mendukung jenis perangkat penyimpanan utama seperti SSD, IDE, SATA HDD, FireWire, SCSI, RAID, Flashdisk dan lain sebagainya. Aplikasi ini mendukung hampir semua sistem operasi versi windows.

7. DiskCheckup

DiskCheckup

DiskCheckup merupakan aplikasi yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis untuk mengecek kesehatan pada hardisk PC ataupun laptop Anda. Dalam proses pengecekannya aplikasi ini sudah mengguakan teknologi S.M.A.R.T info seperti kecepatan putaran, membaca error, membaca temperatur hardisk, dan juga menemukan error pada hardisk. Aplikasi DiskCheckup ini dapat Anda jalankan di sistem operasi windows, mulai dari windows vista, xp, windows server, windows 7, windows 8, hingga windows 10.

8. Hardisk Sentinel

Aplikasi Untuk Cek Kesehatan Hardisk Windows

Hard Disk Sentinel merupakan salah satu aplikasi pengecekan kesehatan hardisk yang menjadi favorit para penggunanya. Aplikasi ini mempunyai berbagai fitur pengecekan yang cukup lengkap dan tentunya sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi ini dapat melakukan pengecekan suhu, performa kecepatan hardsik, lokasi bad sector, dan lain sebagainya.

Hardisk Sentinel ini melakukan proses pengecekan sudah menggunakan teknologi S.M.A.R.T (Self Monitoring, Analysis and Reporting Technology). Selain dapat melakukan pengecekan, aplikasi ini juga menampilkan beberapa informasi mengenai hardisk yang Anda miliki, seperti merek, jenis, ukuran, dan lain sebagainya.

9. Active@ Hard Disk Monitor

Active@ Hard Disk Monitor

Active@ Hard Disk Monitor merupakan aplikasi yang dapat memeriksa dan memantau status hardisk Anda yang dapat membantu untuk mencegah terjadinya kehilangan data. Aplikasi ini juga sudah menggunakan teknologi S.M.A.R.T. Aplikasi ini juga memonitor parameter hardisk seperti suhu dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga dapat melakukan pendeteksian bad sector di permukaan disk. Aplikasi ini dapat langsung dijalankan secara otomatis di latar belakang sistem. Dan juga terdapat ikon di system tray yang bisa menampilkan suhu untuk hardisk yang Anda pilih.

10. Argus Monitor

Argus Monitor

Argus Monitor merupakan aplikasi untuk mengecek kesehatan hardisk di PC ataupun laptop. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk memantau suhu dan status komponen sistem seperti CPU, GPU dan hard disk drive, kecepatan kipas, dan lain sebagainya.

Aplikasi Argus Monitor ini sudah menggunakan teknologi S.M.A.R.T pastinya. Tampilan antarmuka pada aplikasi ini berbentuk grafis yang menampilkan suhu dari hardisk laptop Anda. Aplikasi Argus Monitor ini juga akan memberikan peringatan kepada Anda saat hardisk akan mengalami kegagalan, nah saat itulah Anda harus menyimpan atau mem-backup semua data berharga Anda.

Sekian artikel kali ini yang membahas 10 aplikasi untuk mengecek kesehatan hardisk di PC ataupun laptop. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Silahkan Anda pilih aplikasi yang cocok untuk PC atau laptop Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend