Aplikasi Mind Mapping Android

10 Aplikasi Mind Mapping untuk Android dengan Fitur Terlengkap

Salah satu alasan mengapa seseorang perlu membuat mind mapping adalah agar ide yang dimilikinya dapat divisualisasikan sehingga membuat orang lain lebih mudah memahami ide atau konsep tersebut.

Untuk membuat mind mapping, kemampuan dalam menggambar menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Hal ini karena Anda bukan hanya sekadar membuat konsep map, melainkan bagaimana konsep map Anda tersebut harus menarik sehingga membuat orang lain tertarik untuk melihatnya.

Aplikasi Mind Mapping untuk Android

Namun, berkat kemajuan teknologi membuat Anda sekarang lebih mudah jika ingin membuat mind mapping. Anda tidak harus memmiliki skill menggambar yang bagus. Anda bisa memanfaatkan aplikasi mind mapping untuk membuat konsep map Anda menarik. Di bawah ini kami memiliki beberapa aplikasi terbaik untuk membuat mind mapping bagi para pengguna Android.

1. Coogle

Coogle

Aplikasi mind mapping untuk Android yang pertama yatiu Coogle. Di sini Anda bisa berbagai macam konsep map dan juga flow chart. Aplikasi ini membuat Anda dan juga teman Anda bisa berkolaborasi di dalam membuat sebuah catatan, brainstorming,  dan berbagai rencana agar bisa menyeleraskan ide maupun konsep yang dimiliki. Untuk bisa menggunakan Coogle, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Itu artinya, Coogle termasuk aplikasi mind mapping yang gratis.

Anda hanya diharuskan membuat akun terlebih dahulu agar nanti Anda bisa menikmati berbagai layanan maupun fitur yang telah disediakan di Coogle. Anda tidak perlu khawatir karena semua yang Anda inginkan sudah bisa diwujudkan oleh Coogle. Anda juga bisa mengunduh mind mapping yang sudah Anda buat dalam format PDF, TXT, maupun JPEG. Sebuah aplikasi yang membuat ide-ide Anda dapat terkonsep dengan baik dan membuat orang lain tidak kesulitan memahami ide yang Anda miliki.

2. Mindz

Aplikasi Mind Mapping untuk Android

Aplikasi mind mapping gratis untuk Android yaitu Mindz. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk memvisualisasikan konsep yang rumit, membuat daftar prioritas, menghasilkan ide-ide baru, serta digunakan untuk mempersiapkan presentasi. Sudah banyak pengguna Android yang sudah mengunduhnya dan memang mereka mengakui jika aplikasi ini termasuk yang direkomendasikan.

Jika Anda selesai membuat mind mapping di Mindz, Anda bisa langsung mengunduh hasilnya di dalam beberapa format file seperti JPEG, PNG, PDF, maupun SVG. Anda tinggal memilih kira-kira mana format file yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ide-ide yang Anda miliki bisa Anda konsep dengan mudah menggunakan berbagai fitur yang tersedia.

3. Canva

Canva

Canva merupakan sebuah aplikasi yang kami yakin Anda sudah tidak asing lagi dengannya. Biasanya orang menggunakan Canva melalui komputer. Namun sekarang Anda sudah bisa menggunakan Canva dengan hanya bermodal smartphone Android. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Canva adalah aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan toolset dan template yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan proses pembuatan konsep map.

Bagi Anda yang membuat akun gratis di aplikasi Canva, maka Anda akan memperoleh kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB. Selain itu, Anda juga diberikan kebebasan untuk mengakses sebanyak kurang lebih 8.000 template, upload gambar, serta berkolaborasi teman-teman Anda sebanyak 10 orang. Sebuah keuntungan yang pastinya Anda tidak bisa menolaknya. Jangan khawatir Anda keterbatasan template karena ada ribuan template yang tersedia. Tugas Anda hanya perlu memilihnya sesuai dengan selera.

4. Sketchboard

Sketchboard

Aplikasi mind mapping untuk Android yang keempat adalah Sketchboard. Jika diperhatikan, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan papan tulis digital online. Anda bisa membuat konsep map di sini yang bisa Anda mulai dengan membuat sketsa. Sketchboard dilengkapi dengan berbagai macam ikon desian yang bisa Anda gunakan untuk membuat mind mapping yang bagus dan menarik. Apakah aplikasi ini berbayar? Tentu saja tidak.

Anda bisa menggunakan Sketchboard secara gratis. Namun Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Kemudian Anda akan mendapatkan 3 papan pribadi dengan 5 anggota. Jika Anda ingin menggunakan Sketchboard, silakan Anda mengunduhnya melalui link di bawah ini.

5. MindMaster

Aplikasi Mind Mapping untuk HP Android

MindMaster atau Edraw MindMaster merupakan software mind mapping yang multifungsi. Jika Anda perhatikan, tampilan yang dimiliki oleh MindMaster hampir sama dengan yang terdapat pada Microsoft Office. Pada bagian ribbon, Anda akan menemukan semua elemen yang Anda butuhkan untuk mengkonsep ide Anda. Anda bisa memasukkan gambar, clip art, menambahkan catatan, membuat garis hubung, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh MindMaster juga termasuk salah satu yang terlengkap di kelasnya. Sudah banyak orang yang mengunduh dan menggunakan aplikasi ini. Jika tertarik, Anda bisa mengunduhnya melalui link yang kami sertakan di bawah ini.

6. Mindjet

Mindjet

Aplikasi mind mapping untuk Android yang mudah digunakan adaah Mindjet. Di sini Anda bisa menambahkan node, garis hubung, catatan, dan lain-lain sesuai kebutuhan Anda.

Anda juga diberikan kebebasan untuk menentukan warna pada masing-masing elemen konsep map yang Anda buat. Selain itu, anda juga bisa menghubungkan atau menyinkronkan menggunakan Mindjet Connect dan selanjutnya mengunduh aplikasi ini di laptop.

7. Mind Bubble

Mind Bubble

Bermodal tampilan yang intuitif, Mind Bubble juga masuk ke dalam salah satu aplikasi mind mapping terbaik untuk Android. Namun bukan hanya tampilannya saja yang menjadi kelebihan dari aplikasi ini.

Fitur-fitur yang disediakan serta kemudahan dalam mengoperasikan software Mind Bubble membuatnya menjadi salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan. Untuk menikmati fitur-fitur tersebut, Anda hanya perlu membuat akun gratis untuk membuat konsep map secara online.

8. Mind Map Free

Mind Map Free

Bagi Anda yang mencari sebuah software mind mapping yang mudah digunakan, memiliki tampilan sederhana, dan fitur yang lengkap maka jawabannya adalah Mind Map Free. Pada aplikasi ini, semua yang Anda inginkan sudah tersedia.

Anda hanya perlu memilih setiap ikon atau elemen yang Anda butuhkan untuk mengonsep ide Anda. Hanya dengan bermodalkan smartphone Android, Anda sudah bisa menciptakan sebuah mind mapping yang indah dan menarik dan membuat siapa pun ingin melihatnya.

9. miMind – Easy Mind Mapping

miMind - Easy Mind Mapping

miMind adalah aplikasi mind mapping yang terbukti mampu mengonsep ide Anda sesuai yang Anda inginkan. Aplikasi ini menyediakan banyak tema yang bisa Anda pilih untuk semakin membuat konsep map Anda semakin menarik. Terdapat banyak pilihan warna, pola, dan lain-lain yang membuat miMind layak untuk kami rekomendasikan.

10. XMind

XMind

Aplikasi mind mapping untuk Android yang kesepuluh adalah XMind. Salah satu aplikasi mind mapping tertua yang sudah berusia 12 tahun dan sampai sekarang masih tetap menjadi salah satu yang terbaik meskipun banyak aplikasi serupa bermunculan.

XMind selalu menghadirkan fitur terbaru yang memang dibutuhkan di zaman sekarang. Aplikasi memiliki desain yang minimalis dan mudah dipahami sehingga Anda yang baru pertama kali menggunakan XMind pun bisa mengoperasikannya dengan baik.

Leave a Reply

Send this to a friend