2 Cara Mengecek Harddisk Bad Sector untuk Pemula, Dijamin Berhasil!

Bad sector pada harddisk menjadi suatu hal yang ditakutkan oleh pengguna komputer. Penyebab bad sector pada hardisk banyak penyebabnya, seperti pada saat mengoperasikan komputer beberapa file datadi hardisk hilang, hardisk tidak bisa dibaca atau rusak dan tidak bisa untuk mengakses folder maupun file tertentu.

Pengertian Sektor sendiri adalah ruangan penyimpanan pada hardisk. Dan sektor buruk merupakan sektor pada disk  yang datanya tidak bisa dibaca atau ditulis atau disebabkan ketidak konsistenan pemeriksaan bit pada disk atau kerusakan fisik.

Nah untuk mengecek bad sector hardisk komputer atau laptop kita bisa menggunakan software pembantu. Berikut cara mengecek harddisk bad sector dengan bantuan 2 softare ini:

Cara Cek Harddisk Bad Sector Paling Mudah

Bad sector pada hardisk menandakan bahwa hardisk sudah mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa berupa rusak secara logik ataupun fisik. Kerusakan secara logik dapat terjadi karena proses penulisan ke harddisk yang tidak sempurna.

Sedangkan kerusakan hardisk secara fisik artinya bahwa hardisk memang rusak secara fisik. Ada beberapa penyebab bad sector yaitu:

1. Lemahnya magnetik pada piringan hardisk dan ada kesalahan mekanis. Yang memungkinkan daerah magnetik disk kehilangan magnet sehingga tidak mampu untuk menyimpan data.

2. Akibat dari getaran atau guncangan, dimana saat kamu mengoperasikan komputer dan saat hardisk sedang melakukan proses baca tulis terjadi getaran atau guncangan. Hal ini bisa mengakibatkan head akan menggesek piringan hardisk hingga menyebabkan goresan pada piringan, dan terjadilah bad sector.

3. Daya listrik yang mati secara tiba-tiba ketika hardisk melakukan proses baca tulis, sehingga head akan mendadak terhenti dan mendadak bekerja saat daya listrik menyala secara tiba-tiba, dimana head bisa menggesek piringan hardisk.

4. Susunan file pada hardisk yang tidak teratur mengakibatkan head juga tidak teratur ketika membaca urutan file  yang lama-kelamaan head bisa menggesek plater dari hardisk dan berakibat bad sector pada hardisk.

A. Cek Hardisk Menggunakan Hard Disk Sentinel

1. Pertama kamu harus menginstall software Hard Disk Sentinel. Kamu bisa mendownloadnya di https://www.hdsentinel.com/

2. Extract file Hard Disk Sentinel, kemudian install software Hard Disk Sentinel di komputer atau laptop kamu.

3. Kemudian tampilan Hard Disk Sentinel akan muncul di layar dekstop kamu. Lihat contoh pada gambar.

4. Pada tampilan utama hardisk sentinel, kamu sudah bisa melihat kondisi hardisk kamu lewat 2 bar yang terlihat, yaitu Health dan Performance. Lihat contoh pada gambar.

Cara Cek Hardisk Bad Sector

5. Kemudian klik menu S.M.A.R.T. Di menu ini, terdapat informasi secara detail dari hardisk.

Begini cara mengecek harddisk bad sector

6. Jika hardisk kamu kondisinya sehat atau baik-baik saja, status yang tertera akan ditandai dengan tanda ceklis hijau. Sedangkan yang mulai rusak ditandai dengan tanda seru kuning, kalau rusak ditandai dengan warna merah.

B. Cara Cek Harddisk Bad Sector dengan HD Tune

1. Pertama kamu harus menginstall software HD Tune. Kamu bisa mendownloadnya di http://www.hdtune.com/download.html

2. Extract file HD Tune, kemudian klik Setup. Dan install software HD Tune di komputer atau laptop kamu.

3. Setelah install HD Tune selesai, biasanya kamu akan diminta untuk memasukkan Nama, Company, dan Serial Number. Lihat contoh pada gambar.  Cara Cek Hardisk Bad Sector

4. Kamu bisa memasukkan Nama, Company, dan Serial Number yang sudah di sediakan di file Serial. Kamu bisa buka file tersebut.

5. Setelah selesai memasukkan Nama, Company, dan Serial Number maka tampilah HD Tune akan muncul. Lihat contoh pada gambar.

cara mengecek harddisk bad sector

6. Kemudian klik menu Error Scan, lihat contoh pada gambar. Cara Cek Hardisk Bad Sector

7. Di Error Scan, kamu bisa klik Start dan centang pada Quick Scan agar proses scan cepat. Lihat contoh pada gambar. cara mengecek harddisk bad sector untuk pemula

8. Tunggu hingga proses scan selesai.

9. Jika hasil scan semua kotak berwarna hijau, maka hardisk kamu baik-baik saja atau dalam keadaan sehat. Cara Cek Hardisk Bad Sector

10. Tapi jika hasil scan ada kotak yang berwarna merah, maka hardisk kamu dalam keadaan bad sector dan butuh perbaikan.

Baiklah mungkin hanya itu saja artikel tentang cara mengecek harddisk bad sector. Itulah 2 software pembantu untuk mengecek hardisk bad sector yang bisa kamu gunakan secara gratis dan bisa langsung mendownloadnya di internet.

Dengan 2 cara mengecek harddisk bad sector diatas, saya harap kamu bisa mencek kondisi hardisk kamu apakah bad sector atau tidak. Jangan malas untuk memeriksa keadaan hardisk dan juga seringlah untuk melakukan backup data penting. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman. Selamat mencoba dan Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend