• Our Partners:

Aplikasi Untuk Cek Hardisk Bad Sector Terbaik

10+ Aplikasi Untuk Cek Hardisk Bad Sector (Terbaik 2022)

NESABAMEDIA.COM – Pada dasarnya bad sector adalah bagian dari hardisk yang tidak bisa diakses oleh drive karena adanya kerusakan fisik ataupun kerusakan dari disk (mungkin harddisk terjatuh).

Karena bagian tertentu tersebut tidak bisa diakses, maka hal tersebut bisa menyebabkan sistem operasi macet atau Blue Screen of Death (BSOD), data hilang tanpa alasan atau aplikasi sering hang.

Jika kerusakan yang terjadi pada fisik, maka solusinya adalah harus membackup dan menggantinya. Tapi jika kerusakan pada software dan mempengaruhi Master Boot Record (MBR), maka PC atau laptop bisa denga mudah diperbaiki menggunakan sebuah aplikasi.

Aplikasi Untuk Cek Hardisk Bad Sector

Anda sebenarnya bisa melakukan pengecekan skala berkala pada hardisk Anda untuk mengetahui apakah terjadi bad sector atau tidak. Sehingga bisa diperbaiki sejak dini. Berikut 10 rekomendasi aplikasi untuk cek hardisk bad sector yang bisa Anda gunakan pada PC ataupun laptop Anda. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Abelssoft CheckDrive

Abelssoft CheckDrive

Abelssoft CheckDrive merupakan aplikasi untuk cek hardisk bad sector yang bekerja sebagai “Disk Doctor” yang dapat melakukan scan terhadap gejala – gejala seperti kegagalan hardisk biasa. Jika suatu masalah ditemukan, maka aplikasi ini akan segera bertindak. Jika kesalahan yang muncul tidak diperbaiki tepat pada waktunya, maka PC atau laptop yang terkena bisa saja bekerja dengan tidak stabil atau sering macet.

Aplikasi Abelssoft CheckDrive menganalisa semua hard drive yang sudah terinstal pada PC atau laptop untuk meningkatkan keamanan penyimpanan data. Karena jika terjadi kegagalan sepenuhnya maka bisa saja pengguna akan kehilangan semua data yang sudah tersimpan. Aplikasi ini menampilkan apa yang disebut S.M.A.R.T. data dan fungsi lainnya serta menghitung status kesehatan hard disk.

2. Macrorit Disk Scanner

Aplikasi Untuk Cek Hardisk Bad Sector

Macrorit Disk Scanner merupakan aplikasi disk surface portabel pihak ketiga untuk men-scan bad sector pada hardisk Anda yang memiliki pilihan dan performa yang terbaik dibandingkan menggunakan aplikasi bawaan windows. Hardisk bad sector merupakan masalah yang paling umum sehingga disk tidak akan aman menyimpan data lebih lama lagi.

Aplikasi Macroit Disk Scanner ini dengan menggunakan algoritma tercepat dapat men-scan dengan kecepatan maksimal yang didukung oleh perangkat.

Aplikasi Macrorit Disk Scanner ini dapat Anda gunakan secara gratis dan tentunya kompatibel dengan semua versi Microsoft Windows terbaru, baik klien ataupun server, serta mendukung jenis perangkat penyimpanan utama seperti SSD, IDE, SATA HDD, FireWire, SCSI, RAID, Flashdisk dan lain sebagainya.

3. SeaTools dari Seagate

SeaTools dari Seagate

SeaTools merupakan aplikasi untuk cek hardisk bad sector yang komprehensif dan tentunya sangat mudah digunakan yang dapat membantu Anda untuk menentukan dengan cepat bagaimana kondisi disk drive pada hardisk eksternal PC atau laptop Ada.

Aplikasi SeaTools ini memiliki beberapa tes yang akan memeriksa media fisik pada hardisk Seagate, Maxtor ataupun Samsung serta hardisk Non-Seagate apapun. Aplikasi SeaTools untuk Windows ini harus Anda jalankan pada hardisk internal dan eksternal.

Utilitas diagnostik hardisk pada aplikasi ini akan membantu Anda untuk menentukan dan menghemat waktu dan uang serta dapat menjaga data Anda. Selain tes diagnostik, aplikasi SeaTools juga memberikan penawaran terhadap beberapa fitur untuk membantu Anda untuk mengelola perangkat penyimpanan Anda. Aplikasi ini dapat Anda gunakan pada sistem operasi windows dan DOS.

4. Data Lifeguard Diagnostic dari WD

Aplikasi Untuk Cek Hardisk Bad Sector untuk Windows

Data LifeGuard Diagnostics merupakan aplikasi untuk cek hardisk yang dapat digunakan pada sistem operasi windows dan MacOS. Aplikasi Data Lifeguard Diagnostic ini akan menguji drive internal dan eksternal windows Anda. Sebagai tambahan, aplikasi Data Lifeguard Diagnostic ini juga dapat memberikan Anda model dan serial drive windows yang terpasang pada sistem. Berikut beberapa pilihan dari aplikasi ini:

  • Quick Test – aplikasi akan melakukan SMART drive quick self-test untuk mengumpulkan serta memverifikasi informasi Data Lifeguard yang terdapat pada drive Anda.
  • Extended Test – aplikasi akan melakukan Full Media Scan untuk mendeteksi bad sector. Uji coba ini akan membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya tergantung dengan ukuran drive Anda.
  • Write Zeros – aplikasi akan menulis angka nol ke drive dengan pilihan Full Erase dan Quick Erase. Dan sistem file dan data akan hilang.
  • View Test Results – aplikasi akan menampilkan hasil tes terbaru.

Jenis hardisk yang dapat menggunakan aplikasi ini adalah: My Passport AV-TV, WD Elements Desktop, WD Caviar RAID Edition, WD Green/ GP, WD Black SSHD, WD Black, WD Caviar Blue, WD Blue SSHD, WD Desktop Mainstream, WD Desktop Performance, WD S25, WD Laptop Mainstream, dan lain sebagainya.

5. Harddisk Sentinel

Harddisk Sentinel

Hard Disk Sentinel ini merupakan salah satu aplikasi cek hardisk yang menjadi favorit bagi Anda yang ingin mengecek kondisi kesehatan hardisk PC ataupun laptop.

Bukan hanya karena aplikasi ini mudah untuk digunakan tapi aplikasi ini juga memiliki fitur pengecekan yang cukup lengkap. Mulai dari pengecekan suhu, lokasi bad sector, performa kecepatan hardisk, dan lain sebagainya. Selain itu juga dapat menampilkan informasi tentang hardisk itu sendiri, seperti ukuran, merk, dan lain sebagainya.

Aplikasi Harddisk Sentinel ini juga sudah menggunakan teknologi S.M.A.R.T (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) yang mana mampu memprediksi kerusakan yang terjadi pada hardisk Anda.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah yaitu saat Anda menjalankan aplikasi ini maka akan ada beberapa warna indikator yang muncul, seperti hijau, kuning, dan merah. Warna hijau berarti hardisk Anda masih dalam kondisi bagus, warna kuning berarti pertanda hardisk Anda mulai kurang bagus, dan warna merah berarti hardisk Anda mengalami kerusakan.

6.  Hardisk GSmartControl

Aplikasi Untuk Cek Hardisk Bad Sector Terbaik
Aplikasi hardisk GSmart Control merupakan aplikasi untuk mengecek kesehatan hardisk pada PC atau laptop Anda. Aplikasi ini melakukan berbagai tipe pengecekan yang bisa Anda pilih untuk mengecek kondisi hardisk yang Anda miliki.

Aplikasi GSmart Control ini mempunyai 3 jenis tipe pengecekan hardisk yang bisa Anda pilih, berikut pilihannya:

  • Short self-test : Anda bisa memilih ini untuk mengecek kesehatan hardisk Anda yang mana akan membutuhkan waktu sekitar 2 menit untuk mengecek apakah HDD Anda mengalami kerusakan atau tidak.
  • Extended self-test : Anda bisa memilih ini jika Anda ingin mencari permasalahan yang terjadi pada HDD Anda yang mana akan membutuhkan waktu sekitar 70 menit.
  • Conveyance self-test : Anda bisa memilih ini untuk mengecek kerusakan hardisk yang mana akan membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk melakukan proses pengecekan.

7. HD Tune

Hardisk HD Tune

Aplikasi Hardisk HD Tune ini dapat Anda gunakan untuk mengecek kesehatan hardisk pada PC ataupun laptop Anda. Aplikasi ini mengecek kondisi hardisk melalui teknologi S.M.A.R.T. Dan tentunya aplikasi HD Tune ini juga memiliki fitur untuk melakukan scanning bad sector pada PC atau laptop Anda.

Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai versi windows mulai dari windows XP hingga windows 2010. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, sehingga banyak yang tertarik menggunakan aplikasi ini. Dan aplikasi ini dapat melakukan pengecekan mulai dari hardisk internal, eksternal, SSD, hingga memory card.

8. HDD Regenerator

HDD Regenerator

Aplikasi HDD Regenerator ini pun tidak kalah dengan aplikasi untuk cek hardisk bad sector lainnya. Walaupun tampilan antarmuka yang dimilikinya terlihat lebih sederhana, tapi aplikasi ini memiliki perfotma untuk pengecekan bad sector yang sangat cepat dan bagus. Aplikasi HDD Regenerator ini juga memiliki berbagai pilihan saat Anda ingin melakukan pengecekan, mulai dari read only bad sector, read and fix, dan lain sebagainya.

Pada pilihan normal scan, Anda bisa mengecek bad sector sekaligus memperbaikinya. Dan disarankan saat Anda melakukan proses pengecekan untuk mematikan aplikasi lainnya agar data booting bisa berjalan secara optimal.

9. Ariolic Disk Scanner

Ariolic Disk Scanner

Aplikasi Ariolic Disk Scanner ini merupakan aplikasi cek hardisk bad sector yang sangat simpel dan mudah untuk digunakan untuk mengecek hardisk pada PC ataupun laptop Anda. Ukuran aplikasi ini pun sangat kecil sekitar 1 MB saja sehingga Anda bisa mengehemt kuota internet untuk mengunduhnya dan menghemat ruang penyimpanan pada PC atau laptop Anda.

10. Windows HDD Check Disk

Windows HDD Check Disk

Windows HDD Check Disk merupakan aplikasi untuk cek hardisk bawaan Microsoft Windows yang mampu memeriksa kesalaan sistem akibat bad sector. Anda bisa memecahkan beberapa masalah PC atau laptop Anda dan memperbaikinya dengan memastikan bahwa hardisk Anda tidak mendapatkan kesalahan lagi.

Lama waktu pengecekan tergantung dengan ukuran hardisk Anda. Untuk hasil yang maksimal, jangan buka aplikasi lain saat sedang melakukan pengecekan. Untuk menggunakan fitur ini, silahkan Anda klik kanan pada drive C, lalu pilih Properties, kemudia pilih tab Tools dan klik tombol Check.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi untuk cek hardisk bad sector pada PC atau laptop. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi Anda. Termakasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments