cara install Windows 7 di VMware

Panduan Cara Install Windows 7 di VMware Workstation (Untuk Pemula)

Cara install Windows 7 di VMware dapat Anda lakukan untuk menambahkan virtualisasi di komputer atau laptop Anda. Dan jika Anda sedang mencari aplikasi virtualisasi, maka Anda harus menginstal VMware karena aplikasi ini paling banyak diinstall di komputer. Mengapa menggunakan Windows 7? Karena pada Windows 7, memori yang digunakan tidak terlalu banyak dan cenderung ringan.

Definisi dari VMware itu sendiri adalah suatu aplikasi virtualisasi yang dapat kita gunakan sebagai virtual machine. Dengan menginstall aplikasi VMware, Anda dapat membuat virtualisasi berupa komputer, server, storage device, sistem operasi, networks, aplikasi, dan lain sebagainya.

Cara Install Windows 7 di VMware

Untuk bisa membuat sebuah virtualisasi, Anda harus mendownload aplikasi VMware terlebih dahulu dan menginstallnya di komputer Anda. Anda dapat menginstall aplikasi VMware pada link berikut ini : Download VMware Workstation

1. Apabila Anda telah menginstall aplikasi VMware pada komputer Anda, maka Anda dapat membuka aplikasi VMware tersebut dan klik Create a New Vrtual Machine.

vmware

2. Maka akan muncul tampilan window seperti dibawah ini, pilih Custom (advanced) dan klik Next.

Cara Install Windows 7 di VMware

3. Pilihlah hardware compatibily yang terbaru. Setelah itu klik Next.

vmware

4. Pilih I will install the operating system later. Setelah itu klik Next.

vmware

5. Langkah selanjutnya pilihlah operating system Microsoft Windows dan pilih juga versinya Windows 7. Kemudian klik Next.

vmware

6. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi nama wirtual machine-nya. Disini saya hanya menamakannya dengan Windows 7 dan Anda juga dapat memilih lokasi virtual mesin yang akan Anda buat dan klik Next.

Cara Install Windows 7 di VMware Workstation

7. Pada pengaturan processor, pilihlah seluruh jumlahnya menjadi 1 saja. Lalu klik Next.

vmware

8. Setelah itu Anda dapat memberikan besaran memori untuk virtual mesin Anda. Disini saya hanya memberikan sebanyak 1024 MB. Dan kemudian klik Next.

vmware

9. Selanjutnya yaitu memilih koneksi jaringan. Untuk ini, Anda dapat memilih Use Bridged networking. Setelah itu klik Next.

vmware

10. Pilih LSI Logic SAS (Recommended). Kemudian klik Next.

vmware

11. Untuk Disk Type, pilih SCSI (Recommended). Kemudian klik Next.

vmware

12. Dengan VMware, Anda juga dapat memilih Disk mana yang akan Anda gunakan. Disini saya akan membuat virtual disk, maka klik Create a new virtual disk. Kemudian klik Next.

Cara Install Windows 7 di VMware Player

13. Setelah memilih virtual disk, maka kita harus memberikan kapasitas disk tersebut. Disini saya memilih 60.0 GB. Kemudian klik Next.

vmware

14. Klik Next.

vmware

15. Klik Finish untuk menyelesaikan pembuatan virtual mesin.

vmware

16. Virtual mesin sudah berhasil dibuat dan selanjutnya kita harus mengedit pengaturan dari virtual mesin tersebut. Klik Edit virtual machine settings.

vmware

17. Klik menu Hardware, pilih device CD/DVD (SATA) dan kemudian Anda dapat memasukkan ISO dari Windows 7 yang akan Anda gunakan. Setelah itu klik OK.

vmware

18. Maka kita akan dikembalikan lagi ke aplikasi VMware. Untuk megaktifkanvirtual mesinnya, kliklah button Power on this virtual machine.

vmware

19. Nah, maka Windows 7 sudah muncul pada tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Untuk menginstall Windows 7, kita harus memilih Time and currency format menjadi Indonesia dan kemudian klik Next.

vmware

20. Jika sudah, maka klik Install Now.

vmware

21. Kemudian Microsoft akan meminta Anda untuk menyetujui license terms. Klik centang pada I accept the license terms. Dan kemudian klik Next.

wmware

22. Pilih dan klik pada menu Custom (Advanced) .

vmware

23. Klik menu Drive options (advanced). Dan klik Next.

vmware

24. Tunggulah beberapa saaat sampai seluruh proses selesai di install.

vmware

25. Ketikkan username untuk Windows 7 Anda. Setelah itu klik Next.

vmware

26. Setelah memberikan username untuk Windows, maka selanjutnya Anda harus menerapkan password untuk Windows Anda. Lalu klik Next.

vmware

27. Klik pada menu Ask me later.

vmware

28. Selanjutnya Anda harus mengisi Time zone untuk windows 7. Pilihlah time zone Bangkok, Hanoi, Jakarta. Lalu klik Next.

vmware

29. Klik Public Network. 

vmware

30. Setelah itu Anda dapat menggunakan virtual mesin Anda dengan Windows 7 menggunakan VMware workstation.

Demikianlah artikel yang menjelaskan bagaimana cara install Windows 7 di VMware. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat virtual mesin.

Sarifah Farrah Fadillah

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Leave a Reply

Send this to a friend