10 Aplikasi Pencari File Duplikat di PC Laptop

10 Aplikasi Pencari File Duplikat di PC / Laptop Terbaik dan Gratis

Mempunyai file duplikat tentunya akan membuat masalah. Seiring berjalannya waktu, biasanya sistem akan membangun file duplikat yang tersebar di seluruh drive.

Salah satu kerugian yang Anda alami adalah file-file duplikat tersebut memakan banyak kapasitas penyimpanan sehingga mau tidak mau Anda harus menghapusnya. Selain itu, jika file duplikat tersebut jumlahnya semakin banyak, maka performa komputer atau laptop Anda akan menurun.

Aplikasi Pencari File Duplikat di PC / Laptop

Maka dari itu, Anda harus segera menghapus file duplikat yang menjengkelkan tersebut melalui aplikasi. Kami memiliki beberapa rekomendasi aplikasi pencari file duplikat di PC / laptop dengan kemampuan yang tidak perlu Anda ragukan lagi. Silakan simak informasi berikut ini.

1. Duplicate Files Fixer

Duplicate Files Fixer

Duplicate Files Fixer merupakan aplikasi pencari file duplikat di PC / laptop yang dibuat oleh Systweak Software. Aplikasi ini termasuk salah satu yang banyak digunakan karena sudah kompatible dengan hampir semua sistem operasi.

Software ini terbukti secara efektif dalam memindai dan menemukan file media yang identik atau mirip baik dalam bentuk foto, dokumen, audio, dan lain sebagainya. Kemampuan pemindaian file menjadi keunggulan lain yang dimilikinya.

Anda tinggal memindai ratusan folder yang ada di komputer maupun laptop Anda. Kemudian tunggu sampai aplikasi ini memindai folder dan file-file tersebut sampai menemukan adanya file duplikat. Selain bisa digunakan untuk mendeteksi file duplikat di harddisk, Duplicate Files Fixer juga bisa Anda gunakan untuk mendeteksi file duplikat yang ada pada memori penyimpanan eksternal.

2. Easy Duplicate Finder

Aplikasi Pencari File Duplikat di PC Windows

Aplikasi kedua yang kami rekomendasikan adalah Easy Duplicate Finder. Dengan tampilan sederhana, aplikasi ini tidak akan membuat Anda kesulitan ketika pertama kali menggunakannya. Software ini membantu secara efektif di dalam melakukan pemindaian file digital secara berulang-ulang yang berasal dari berbagai macam folder. Terdapat sebuah keistimewaan yang dimiliki oleh Easy Duplicate Finder.

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 10 metode pemindaian file untuk manajemen dan pencarian file ke tingkat yang lebih lanjut. File yang terbukti duplikat bisa langsung disingkirkan melalui Cloud Storage, Dropbox, dan Google Drive. Tenang saja, Anda akan diperlihatkan file yang akan Anda hapus agar Anda tidak. sampai salah menghapus file. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Undo untuk pemulihan secara darurat.

3. Wise Duplicate Finder

Wise Duplicate Finder

Sebuah aplikasi yang bukan hanya mudah digunakan melainkan cepat dan efektif dalam memindai file adalah Wise Duplicate Finder. Software ini terbukti mampu menghapus file yang sama persis dengan berdasarkan nama, konten dan orientasi, ukuran, dan lain sebagainya.

Sama dengan Easy Duplicate Finder, aplikasi duplikat file yang satu ini juga menyediakan fitur pratinjau file agar Anda bisa tahu file yang akan Anda hapus sehingga tidak salah menghapus file.

Selain itu, Wise Duplicate Finder juga memberikan pilihan kepada Anda apakah akan menghapus file tersebut secara manual atau otomatis. Lalu bagaimana jika Anda salah menghapus file? Tidak perlu khawatir karena aplikasi ini juga menyediakan fitur Undo untuk mengembalikan file yang sudah Anda hapus.

4. Auslogics Duplicate Files Finder

Auslogics Duplicate Files Finder

Auslogics Duplicate Files Finder juga merupakan aplikasi duplicate lainnya yang juga tidak kalah efektif dibandingkan dengan aplikasi yang sudah kami sebutkan.

Aplikasi ini juga mampu memindai dan mendeteksi file-file yang duplikat baik itu gambar, dokumen, foto, dan lain-lain. Bukan itu saja, aplikasi ini bahkan mampu mendeteksi program yang sama persis sehingga Anda bisa tahu jika ada program yang identik.

Setelah Anda menginstal Auslogics Duplicate Files Finder, Anda akan langsung dipandu dengan berbagai langkah untuk melakukan pengecekan dan pembersihan file duplikat secara maksimal. Berbeda dengan aplikasi yang lain, Auslogics Duplicate Files Finder seperti memiliki pusat pengembalian file. Jadi, jika ada file yang terhapus, maka Anda bisa mencarinya di sini dan tinggal Anda kembalikan file tersebut.

5. Ashisoft Duplicate File Finder

Aplikasi Pencari File Duplikat di Laptop Windows

Ashisoft Duplicate File Finder adalah aplikasi pencari file duplikat yang populer karena aplikasi ini mempunyai algoritma SHA-1 dalam menemukan dan juga menghapus file yang identik.

Sudah banyak orang yang menggunakannya dan terbukti bahwa aplikasi memang mampu memenuhi harapan mereka untuk menemukan dan menghapus file duplikat yang memakan banyak kapasitas penyimpanan di PC maupun laptop.

Ashisoft Duplicate File Finder akan memberikan pilihan kepada Anda melalui berbagai menu yang disediakan. Aplikasi yang satu ini juga akan menghapus dokumen, gambar, audio, dan juga video dengan cepat dan mudah. Hasilnya pun terbukti akurat  jadi Anda tidak akan kecewa menggunakan aplikasi ini.

6. CCleaner

CCleaner

Siapa yang tidak kenal CCleaner? Hampir semua yang membaca artikel ini pasti tahu tentang aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk membersihkan file dan meningkatkan performa komputer dan laptop. Kemampuannya di dalam membersihkan file sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun apakah Anda tahu bahwa CCleaner juga bisa digunakan untuk menghapus file yang duplikat?

CCleaner ternyata menyediakan fitur yang membantu penggunanya menemukan dan menghapus file yang identik. Namun perlu diingat bahwa aplikasi tidak dikhususkan sebagai aplikasi penghapus duplikat file sehingga fiturnya tidak terlalu lengkap. Meskipun begitu, hasilnya pun tidak terlalu mengecewakan dan tetap kami rekomendasikan menggunakannya.

7. Duplicate File Eraser

Aplikasi Pencari File Duplikat / Ganda

Duplicate File Eraser merupakan aplikasi buatan Remo Software. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mampu Anda gunakan untuk menghapus file yang duplikat.

Anda bisa memilih direktori mana yang akan Anda pindai. Anda juga bisa menentukan apakah akan menyertakan file maupun subdirektorinya saja. Semua file yang sudah dihapus kemudian akan dikategorikan di dalam tab tersendiri sehingga lebih mudah dalam menghapus file yang identik tersebut.

8. Duplicate File Detective 6

Duplicate File Detective 6

Seperti namanya, aplikasi ini berperan sebagai detektif untuk menemukan file-file mana saja yang identik. Uniknya, ketika aplikasi ini sudah menemukan file yang duplikat tersebut, Anda akan diberikan opsi apakah hanya ingin mengarsipkannya atau menghapusnya. Proses pemindaian dan penghapusannya terbilang cukup cepat. Aplikasi ini juga mampu mendeteksi file duplikat secara efektif.

9. dupeGuru

dupeGuru

Bukan hanya sebagai aplikasi untuk mencari file duplikat, dupeGuru juga membantu file tertata dengan rapi. Terdapat tiga fitur yang bisa Anda manfaatkan yaitu Edisi Gambar, Edisi Standar, dan Edisi Musik.

Aplikasi ini akan mendeteksi file dengan berdasarkan nama, waktu EXIF, stempel, konten, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan kriterianya sendiri agar proses pemindaian file menjadi lebih akurat sesuai keinginan.

10. Fast Duplicate File Finder

Fast Duplicate File Finder

Aplikasi pencari file duplikat di PC / laptop yang terakhir kami rekomendasikan adalah Fast Duplicate File Finder. Aplikasi ini dibuat oleh Mindsgem dan menyediakan fitur gratis.

Salah satu aplikasi yang juga memiliki tampilan yang bagus dan menyediakan banyak fitur untuk membantu memaksimalkan pencarian file duplikat. Terdapat dua versi yang bisa Anda pilih yaitu versi gratis dan versi pro. Tentunya untuk versi pro memiliki banyak kelebihan, termasuk fitur yang lebih banyak. Jadi, Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend