• Our Partners:

Aplikasi Untuk Mengunci Folder di PC / Laptop

10 Aplikasi Untuk Mengunci Folder di PC / Laptop Terbaik Supaya Data Aman

NESABAMEDIA.COM – Saat ini sistem operasi Windows versi berapapun belum menyediakan fitur untuk penguncian file ataupun folder dengan menggunakan kata sandi atau password. Tapi terlepas dari itu, kebanyakan dari kita mungkin masih tidak peduli dengan data yang disimpan di PC atau laptop, bahkan kita tidak berpikir untuk melindunginya.

Padahal hal tersebut memungkinkan orang lain mengakses data privasi kita, mereka mungkin bisa saja menghapus atau mengubah isi file ataupun folder kita. Maka dari itu, mengunci folder berarti menjaga data Anda tetap aman dan terlindungi.

10 Aplikasi Untuk Mengunci Folder di PC / Laptop

Dikarenakan sistem operasi Windows belum memiliki fitur untuk mengunci folder, maka dibutuhkanlah sebuah aplikasi pihak ketiga agar dapat mengunci file ataupun folder Anda. Berikut ini ada 10 rekomendasi aplikasi untuk mengunci folder di PC / laptop. Langsung saja silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Folder Lock

Folder Lock

Folder Lock merupakan aplikasi untuk mengunci folder di PC / laptop. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengunci serta menyembunyikan file, folder, dan drive dengan menggunakan kata sandi. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa mengenkripsi file, folder, serta lampiran email Anda.

Aplikasi Folder Lock juga dapat membuat cadangan data Anda dan juga mampu melindungi CD serta drive USB Anda. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa membuat dompet untuk menyimpan detail informasi kartu kredit dan informasi pribadi Anda lainnya dengan menggunakan aplikasi ini. Sehingga data Anda akan aman dari para peretas yang ingin mencuri data Anda. Dan tentunya Anda dapat mengunduhnya secara gratis.

2. Folder Guard

Aplikasi Untuk Mengunci Folder di PC

Aplikasi untuk mengunci folder selanjutnya adalah Folder Guard. Anda dapat menyembunyikan file dan folder pribadi dari orang – orang yang tidak Anda inginkan dengan kata sandi, serta Anda juga bisa membatasi akses ke Control Panel, serta dapat mempertahankan file dari kehancuran dan mengontol akses ke file, folder, serta program Anda.

Walaupun Anda bisa menentukan dan membatasi hak akses untuk file yang mana saja, Anda juga bisa membuat file Anda menjadi “read only” agar pengguna ataupun virus – virus tidak dapat merusak ataupun memodifikasi data yang Anda miliki. Aplikasi Folder Guard ini sangat ringan hanya sekitar 6 MB saja sehingga penggunaannya sangat cepat dan pastinya tidak akan memakan ruang harddisk Anda.

3. Lock-A-Folder

Lock-A-Folder

Lock-A-Folder merupakan aplikasi untuk mengunci folder yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Aplikasi ini cukup ringan sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan pada harddisk Anda. Aplikasi Lock A Folder ini mampu mengunci dan menyembunyikan file ataupun folder di PC / laptop Anda sehingga Anda dapat memblokir pengguna lain yang tidak mempunyai hak akses pada data Anda.

Aplikasi ini menggunakan kata sandi atau password untuk mengunci atau menyembunyikan file atau folder Anda. Anda hanya perlu mengklik opsi untuk membuat folder Anda tidak terlihat dan Anda dapat memasukkan kkembali kata sandi untuk membuka folder Anda.

Saat Anda ingin menghapus aplikasi Lock A Folder, Anda juga diminta untuk memasukkan kata sandi utama yang artinya tidak bisa seorang pun menghapus aplikasi Anda tanpa kata sandi.

4. Safehouse Explorer

Aplikasi Untuk Mengunci Folder di Laptop

Safehouse Explorer merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menjaga privasi pada file atau folder Anda dengan meggunakan kata sandi atau password. Sehingga tidak akan ada seorang pun yang dapat mengintai atau mengakses file Anda kecuali Anda sendiri.

Aplikasi Safehouse Explorer menggunakan kata sandi dan enkripsi yang kuat maksimum 256 bit untuk membuat data Anda tetap terjaga dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Semua jenis file dapat dilindungi dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga dapat melindungi drive USB dan CD, iPod, memori, hingga server jaringan.

5. IObit Free (Protected Folder)

IObit Free (Protected Folder)

IObit Protected Folder merupakan aplikasi untuk mengunci folder yang ramah pengguna. Aplikasi ini hanya membutuhkan lebih sedikit ruang disk dan aplikasi ini juga dapat memberikan perlindungan dasar yang kuat pada file ataupun folder Anda. Anda dapat menyembunyikan data Anda dari siapapun, jadi mereka tidak akan bisa mengakses data Anda.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu drag and drop data yang ingin Anda kunci. Keamanan data Anda akan sangat terlindungi karena aplikasi ini menggunakan kata sandi untuk melindungi dirinya sendiri. Meskipun aplikasi IObit Protected Folder ini dapat Anda unduh secara gratis, aplikasi ini bebas dari virus dan malware.

6. Private folder

Private folder

Private folder sama seperti aplikasi lainya yang mampu mengunci dan menyembunyikan file ataupun folder Anda di PC / laptop. Aplikasi ini menggunakan kata sandi dan menggunakan alat konfigurasi untuk menyembunyikan data Anda. Folder yang sudah dikunci hanya bisa dibuka dengan perangkat lunak konfigurasi Private Folder ini.

Jika Anda sudah mengunci file atau folder, saat Anda membiarkannya tidak terkunci lagi selama lebih dari 2 menit, maka secara otomatis kata sandi akan me-reset dengan sendirinya.

Fitur unik yang dimiliki aplikasi ini adalah saat nama diubah untuk folder ataupun root, aturan akan menyempurnakan sendiri secara otomatis untuk menampilkan perubahan ketika file masih terkunci dan disembunyikan. Anda tidak akan mendapatkan batasan untuk mengunci file ataupun folder.

7. Free Hide Folder

Aplikasi Untuk Mengunci Folder Terbaik

Free Hide Folder merupakan aplikasi untuk mengunci folder di PC / laptop yang dapat Anda gunakan secara gratis. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengunci dan menyembunyikan file yang Anda inginkan. Perlindungan yang digunakan aplikasi ini adalah dengan menggunakan kata sandi yang bisa Anda modifikasi dan hapus sewaktu waktu.

Aplikasi Free Hide Folder ini sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu membuka aplikasi, lalu pilih folder yang akan disembunyikan, lalu klik pada pilihan “Hide Folder”, maka data Anda akan disembunyikan. Anda juga bisa menyembunyikan file dengan jumlah yang tidak terbatas dan tentunya bebas iklan, virus, dan spywares.

8. Easy File Locker

Easy File Locker

Easy File Locker merupakan aplikasi untuk mengunci folder di PC / laptop yang cukup ringan dan mudah digunakan tentunya. Aplikasi ini sangat cocok untuk sistem operasi Windows, yang membantu Anda untuk melindungi file ataupun folder Anda agar tidak dicuri ataupun hilang.

Aplikasi Easy File Locker ini dapat memblokir mereka yang tidak diizinkan untuk membuka, melihat, membaca, bahkan mengubah informasi, menyalin dan memindahkan file ataupun folder Anda. Aplikasi ini tidak akan mempengaruhi kecepatan sistem Anda, dan tidak akan mengubah ataupun merusak data yang Anda lindungi.

9. Secret Folder

Secret Folder

Secret Folder merupakan aplikasi untuk mengunci folder di PC / laptop. Aplikasi ini tidak akan bisa Anda uninstall tanpa memaukkan kata sandi master yang sudah Anda set untuk melindungi file ataupu folder rahasia Anda. Yang mana artinya, jika ada teman atau orang yang tidak bertanggung jawab ingin mengakses folder atau meng-uninstall aplikasi maka tidak bisa.

Mungkin kekurangan yang dimiliki aplikasi ini hanya terdapat pada tampilan antarmukanya yang terlihat sangat dasar. Tapi, tampilan tidaklah begitu berpengaruh terhadap kinerja sistem, selama aplikasi dapat mengerjakan tugasnya dengan baik kekurangan tersebut tidaklah masalah.

10. HiddenDIR

HiddenDIR

Aplikasi terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengunci folder di PC / laptop adalah HiddenDIR. Sama seperti aplikasi penguncian folder lainnya, aplikasi ini memberikan perlindungan pada file ataupun folder dengan menggunakan password atau kata sandi.

Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini juga sangat baik dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Dan tentunya aplikasi ini sangat mudah digunakan.  Namun sayangnya, aplikasi ini hanya dapat dioperasikan pada sistem operasi Windows 2000, XP, 7, dan Vista saja.

Sekian artikel kali ini yang membahas 10 aplikasi untuk mengunci folder di PC / laptop. Silahkan Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend