• Our Partners:

justin trudeau about huawei arrest

Meski Ditekan Pemerintah Beijing, Trudeau Bersikeras Tak Bebaskan Petinggi Huawei

NESABAMEDIA.COMTORONTO (Associated Press) – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada hari Kamis mengesampingkan pembebasan seorang petinggi eksekutif teknologi Huawei dalam upaya untuk memenangkan pembebasan dua orang Kanada yang ditahan oleh Beijing.

Trudeau mengatakan bahwa pelepasan Meng Wanzhou dari Huawei akan memberi tahu Tiongkok bahwa mereka bisa mendapatkan yang mereka inginkan dengan menangkap warga Kanada. Iaa mengungkapkan akan menempatkan lebih banyak warga Kanada dalam bahaya apabila terlalu sering memberi sinyal bahwa Kanada dapat diintimidasi.

“Menangkap orang Kanada secara acak tidak memberi Anda pengaruh atas pemerintah Kanada,” ujar Trudeau.

Meng, kepala keuangan Huawei dan putri pendiri perusahaan, ditangkap oleh otoritas Kanada di bandara Vancouver pada akhir 2018. Pemerintah Amerika Serikat ingin ia diekstradisi untuk menghadapi tuduhan penipuan. Penangkapannya membuat marah publik Beijing.

Dalam apa yang secara luas diyakini sebagai upaya untuk menekan Kanada agar membebaskan Meng, Tiongkok menangkap mantan diplomat Kanada Michael Kovrig dan pengusaha Kanada Michael Spavor dan menuduh mereka melakukan kegiatan mata-mata.

“Kami menyesalkan yang telah dilakukan Tiongkok dengan sewenang-wenang menahan dua Michael, secara langsung menghubungkan penangkapan itu (dengan kasus Huawei),” kata Trudeau.

Sebuah surat kepada Trudeau yang ditandatangani oleh 19 mantan politisi dan diplomat Kanada mendesak agar Meng dibebaskan dalam upaya memenangkan pembebasan orang-orang Kanada yang ditahan. Penandatangan surat tersebut termasuk mantan menteri di partai Liberal Trudeau serta mantan menteri Konservatif Lawrence Cannon.

“Aku sangat tidak setuju dengan mereka,” kata Trudeau. “Kami tidak dapat membiarkan tekanan politik atau penangkapan acak terhadap warga Kanada mempengaruhi fungsi sistem peradilan kami. Jadi saya menghormati orang-orang ini, tetapi mereka salah. ”

Meng menghadapi tuduhan penipuan di Amerika Serikat tetapi membantah tuduhan bahwa dia salah menggambarkan hubungan perusahaan dengan Skycom Tech, menempatkan perusahaan perbankan HSBC dalam risiko pelanggaran sanksi di Iran. Persidangan dalam kasus ekstradisi telah ditunda hingga 17 Agustus mendatang.

“Kanada memiliki peradilan yang independen, dan proses-proses itu akan terbuka secara independen dari tekanan politik apa pun, termasuk oleh pemerintah asing,” kata Trudeau.

Meng bebas dengan jaminan, tinggal di rumahnya di Vancouver. Kovrig dan Spavor dipenjara, dan diplomat Kanada telah ditolak akses konsulernya sejak Januari.

Tiongkok juga memberlakukan pembatasan pada berbagai ekspor Kanada, termasuk kanola dan daging. Pada bulan Januari, Tiongkok juga menjatuhkan hukuman mati kepada penyelundup narkoba Kanada yang dihukum mati secara tiba-tiba.

Leave a Reply

Send this to a friend