Microsoft Ambil Langkah Baru Tingkatkan Menu Konteks Windows 11

Microsoft Ambil Langkah Baru Tingkatkan Menu Konteks Windows 11

NESABAMEDIA.COMMenu konteks atau menu klik kanan yang akan muncul ketika anda mengklik pada ikon atau pintasan, kini telah didesain ulang dengan tampilan yang lebih modern untuk Windows 11. Ide utama dari menu konteks yang modern ini adalah untuk menyediakan kepada anda, opsi yang lebih ringkas namun sangat berguna dan bisa diterapkan ke pintasan atau ikon yang telah anda klik kanan. 

Pihak Microsoft sebelumnya mengatakan bahwa mereka ingin mengatasi masalah kinerja, khususnya masalah yang sudah lama ada, dan buruknya pengaturan menu Windows 10 dengan menu yang didesain ulang di Windows 11 versi 21H2. 

Menu konteks di Windows adalah bagian penting dari File Explorer. Banyak perintah atau tindakan yang dimasukkan dalam proses Explorer itu sendiri, yang bisa menghasilkan masalah kinerja atau permasalahan lain ketika menu tersebut dipenuhi dengan opsi yang tidak diinginkan. Untuk mengurangi bloatware ini, Microsoft mendesain sebuah kolom perintah baru sebagai wadah dari fitur seperti salin dan potong. 

Perintah penting yang ada di menu konteks kini telah ditempatkan secara berurutan dan terlihat lebih baik bagi pengguna. Opsi lainnya termasuk Open dan Open With telah dikelompokkan bersama untuk mengurangi bloatware. Menu konteks kini jauh lebih ringkas dan terlihat modern, namun ternyata ada masalah dengan pendekatan baru ini, yakni perintah yang hilang dan masalah kinerja yang melambat.

Menu konteks Windows 11 yang baru, diharapkan bisa menjadi alternatif yang lebih baik bagi menu klasik, namun WinUI-nya dan perombakan Fluent Design menjadi sangat lambat saat ini. Untungnya, Microsoft paham akan masalah keandalan ini, dan sebagian besar bug yang ada sekarang akan diperbaiki dengan pembaruan Windows 11 yang akan datang. 

Misalnya, Microsoft kini menguji sebuah perubahan baru yang akan meningkatkan kinerja navigasi di folder File Explorer. Seperti, klik kanan pada jendela File Explorer nantinya tidak akan jadi lambat yang bisa berujung crash pada explorer.exe.

Perlu dicatat bahwa menu konteks klasik yang lama masih tetap ada dan tidak ada perintah yang akan dihapus untuk saat ini. Itu karena sebagian besar aplikasi masih belum ditingkatkan untuk mendukung API baru untuk Windows 11

Sementara itu, menu konteks yang telah diperbarui saat ini sudah tersedia untuk para penguji di saluran Pengembang dan akan dirilis ke pengguna publik sebagai bagian dari pembaruan musim gugur Windows 11 2022. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend