Microsoft Bagikan Detail Peningkatan Fitur RichEdit di Notepad

Microsoft Bagikan Detail Peningkatan Fitur RichEdit di Notepad

NESABAMEDIA.COMSetelah meluncurkan aplikasi Notepad Windows 11 secara khusus, Microsoft kini membagikan detail baru mengenai fitur RichEdit yang ada di Notepad lewat sebuah unggahan di blog resminya. Aplikasi Notepad di Windows 11 telah mendapatkan beberapa peningkatan dan pemolesan untuk fitur RichEdit yang ada. 

Peningkatan fitur RichEdit untuk Notepad di Windows 11 itu termasuk di antaranya adalah:

  • Alt+X untuk memasuki karakter Unicode
  • Ctrl+} untuk beralih antara tanda kurung atau tanda kutip
  • Multi-Level Undo, drag and drop, emoji berwarna, pemilihan block, dan deteksi URL otomatis

Berikut detail lengkap mengenai pengumuman soal peningkatan pada RichEdit di Notepad untuk Windows 11 tersebut.

Notepad klasik memiliki dua fitur yang berguna yang tidak diterapkan ke RichEdit, yakni deteksi akhir baris dan mode Show Unicode Control Characters. Selama bertahun-tahun Notepad tidak merusak baris konvensi Unix yang dimatikan dengan LF alih-alih CRLF. Biasanya agar ini bisa ditampilkan dengan benar di Notepad, pengguna harus menyunting dan menyimpannya lewat WordPad terlebih dahulu. 

Notepad juga memiliki opsi Show Unicode Control Characters di menu konteksnya selama bertahun-tahun. Mode ini menampilkan pengendali karakter Bidi Zero-Width menggunakan glyph zero-width. Sayangnya, Notepad klasik tidak menampilkan ZWJ dan emoji berwarna yang ada di dalamnya. 

Visual Studio Code memiliki dialog Find atau Replace yang bagus yang menurun ke kanan atas area teks. Jika dialog tumpang tindih dengan teks awal, pengguna bisa menyeret teks ke bawah tepat di bawah bagian bawah dialog. Notepad baru meniru perilaku ini. Agak sulit untuk membuat RichEdit menyediakan fungsionalitas terkait. 

Microsoft juga memutuskan untuk mencocokan antarmuka Visual-Studio dan tidak memilih karakter EOP di akhir baris. Ini berbeda dari antarmuka Word, yang cenderung memilih karakter EOP secara otomatis apabila pengguna menavigasi di sebelahnya. Khususnya, dalam kontrol teks biasa. Ini sesuai dengan apa yang akan dihapus jika anda menekan tombol Delete setelah memilih teks. Anda masih bisa memilih karakter EOP dengan menggunakan tombol Shift + → dan dengan memperluas pilihan ke baris berikutnya. 

Microsoft memperbaiki bug yang tidak muncul untuk kontrol teks biasa RichEdit yang terjadi selama bertahun-tahun, sebagian karena sebelum Notepad, instance teks bisa memiliki ukuran yang kecil. 

Notepad menggunakan pengikatan font klasik RichEdit alih-alih memakai pengikatan font IProvideFontInfo yang digunakan dalam kontrol teks XAML dan kontrol RichEdit yang muncul di aplikasi Microsoft 365. Pengikatan font klasik ini telah ditingkatkan, namun perlu menambahkan dukungan untuk lebih banyak skrip. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend