Perangkat Microsoft Windows 10X

Microsoft Berencana Hadirkan Windows 10X ke Lebih Banyak Perangkat

NESABAMEDIA.COMMicrosoft berencana menghadirkan sistem operasi Windows 10X mereka ke “berbagai faktor bentuk yang lebih luas”. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang narasumber yang mengaku dirinya mengetahui seluk beluk dari apa yang sedang dikerjakan oleh Microsoft itu. Lebih lanjut, Microsoft saat ini tengah menjajaki kemungkinan notebook bertenaga ARM dan semacam perangkat konvertibel yang bisa menjalankan Windows 10X dalam waktu dekat. 

Windows 10 sendiri sudah bertahun-tahun telah berjalan di beragam faktor bentuk yang berbeda-beda dengan prosesor dari Intel, AMD dan ARM. 

Jika merujuk pada apa yang diumumkan Microsoft pada bulan Oktober tahun 2019 silam, mereka saat itu memutuskan untuk membatasi faktor bentuk itu hanya untuk chip Intel saja, karena adanya potensi masalah ketidakcocokan atau kompatibilitas dan juga masalah emulasi di arsitektur ARM.

Kini, secara internal Microsoft tengah mulai melakukan pengujian dengan Windows 10X di hardware mereka sendiri. Ini kemudian menunjukkan adanya kemungkinan bahwa kita akan melihat beberapa perangkat berbasis ARM dari mitra Microsoft pada akhir tahun 2021 ini.

Perlu dicatat bahwa Microsoft tidak berencana untuk meluncurkan perangkat buatan mereka sendiri dengan Windows 10X, setidaknya sampai dengan tahun 2022 mendatang.

Ekspansi ke jenis perangkat lain bisa dibilang sebuah langkah bagus yang dilakukan oleh Microsoft. Sehingga perangkat yang diberdayakan ARM bisa bersaing secara lebih ketat dengan Chromebook. Terlebih, chipset ARM akan dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada chipset buatan Intel atau AMD, yang berarti menjadi pilihan yang lebih terjangkau untuk para pelajar atau pengajar serta para pekerja lapangan.

Namun meski demikian, sistem operasi Windows 10X tidak untuk publik atau pengguna umum, dan pendekatan Microsoft kemungkinan akan dilakukan seperti yang ada pada Windows RT. Dengan kata lain, Windows 10X akan kekurangan dukungan untuk aplikasi desktop, dan bergantung sepenuhnya pada aplikasi PWA dan UWP yang hanya ada di Microsoft Store. 

Faktanya, Windows 10X akan menjadi sistem operasi pertama yang hadir dengan aplikasi web bawaan. Microsoft telah mengganti aplikasi Mail UWP hingga aplikasi desktop Office dengan versi web, yang tentunya akan lebih ringan dan cepat. 

Sementara untuk para konsumen bisnis atau tingkat lanjut, Microsoft telah mengembangkan layanan khusus bernama Cloud PC, yang bisa menjalankan aplikasi pada umumnya secara streaming atau membutuhkan jaringan internet. Selain itu, Windows 10X ini tidak akan mendukung penggunaan akun pengguna lokal, dan tool tingkat lanjut seperti Control Panel dan Registry Editor.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend