• Our Partners:

Microsoft Berencana Kirimkan Build Pratinjau Windows Server Seperti Pembaruan Windows Klien

Microsoft Berencana Kirimkan Build Pratinjau Windows Server Seperti Pembaruan Windows Klien

NESABAMEDIA.COMSama seperti build konsumen Windows untuk pengguna Insider, Microsoft juga merilis build pratinjau Windows Server secara teratur. Pekan lalu, mereka meluncurkan Windows Server VNext versi 25099 untuk pengguna yang bergabung dalam program Windows Server Insider. 

Namun, tidak seperti pada build Windows 10 dan Windows 11 yang dirilis ke saluran Windows Insider melalui Windows Update, build Pratinjau Windows Server disediakan untuk pengguna terdaftar melalui file ISO. 

Metode ini mungkin akan segera berubah dalam waktu dekat, karena Microsoft sekarang berupaya menarik minat dari para admin Windows Server untuk kemudian mengetahui apakah mereka ingin build Pratinjau itu dikirimkan ke mereka seperti versi klien Windows atau tidak.

Dalam sebuah unggahan di forum, Microsoft telah membagikan tautan ke sebuah survei yang kemudian bisa diisi oleh admin Server untuk memberikan umpan balik kepada Microsoft tentang apakah mereka ingin build pratinjau dikirimkan ke perangkat pengujian mereka. 

Alasan di balik pendekatan ini adalah untuk memfasilitasi peningkatan versi build-to-build, namun Microsoft menegaskan bahwa agar ini bisa berfungsi, Windows Server harus terhubung ke internet. Di sisi lain, Windows Server Update Service (WSUS) yang ada saat ini belum mendukung pengiriman build pratinjau dengan metode semacam ini. 

Namun perlu dicatat bahwa metode pembaruan Windows Server yang ada saat ini tidak akan ditinggalkan, dan file ISO masih akan terus tersedia untuk para admin.

Lebih lanjut membahas mengenai survei yang ditawarkan Microsoft, rupanya proses pengisiannya tidak memakan waktu yang lama. Sebab survei itu cukup singkat dan hanya berisi enam pertanyaan saja. Pertanyaan-pertanyaan ini berkisar seputar pada seberapa sering admin memasang Windows Server versi Insider, seberapa tinggi minat untuk memasang build yang diluncurkan tanpa dukungan WSUS, dan berapa lama responden telah terdaftar dalam program Insider sebelumnya. 

Jika anda merupakan salah satu admin dan biasa menangani perangkat Windows Server di tempat anda bekerja, mungkin anda juga bisa ikut memberikan umpan balik pada survei itu. Karena tentu saja, metode ini akan jauh lebih memudahkan dan aman untuk diterapkan ketika memperbarui atau mencoba pembaruan anyar yang dikirimkan Microsoft.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend