Microsoft

Microsoft, Berikan Privasi Kamera di Windows 11

NESABAMEDIA.COM – Microsoft tercatat telah merilis versi Windows 11 Insider Dev dengan Build 25182. Saat ini, pengguna yang ingin menggunakan sistem operasi terbaru Microsoft, dapat langsung mengunduhnya dan melakukan pemasangan. Hari ini, Microsoft memberikan pengumuman bahwa akan meningkatkan keamanan dan privasi untuk semua akses kamera, Minggu (21/08/2022).

Microsoft dengan Windows 11 Insider Dev degan Build 25182, kini memberikan banyak fitur yang mumpuni untuk meningkatkan kemampuan perangkat yang lebih baik. Melalui fitur barunya ini, Microsoft memberikan pembaruan untuk layanan Microsoft Store, serta akan menambahkan berbagai fitur yang sebelumnya tidak ada di Windows 11.

Baru-baru ini, Microsoft juga telah mengumumkan bahwa pengguna Windows 11 akan mendapatkan dukungan keamanan dari akses kamera mereka. Fitur ini akan berlaku ketika sebuah program akan menggunakan kamera bawaan, Microsoft akan memberikan pemberitahuan mengenai akses kamera yang diblokir, serta harus mengaturnya terlebih dahulu dalam memberikan izin.

Windows Camera

Akses Kamera yang diblokir Windows

Untuk dapat menggunakan fitur ini, Microsoft menyarankan agar pengguna dapat memperbaharui sistem menjadi Windows 11 Insider Dev dengan Build 25182. Serta, Windows 11 nantinya akan memberikan pembaruan dalam layanan kamera, dipastikan harus menggunakan kamera bawaan dengan versi 2022.2207.29.0, agar dapat mengatur penggunaannya.

Proses pembaruan kamera tidak akan tersedia dalam Windows Update, melainkan Microsoft telah memindahkannya ke layanan Store mereka, jadi bisa langsung memeriksanya di layanan Microsoft Store.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa layanan ini tidak dapat dinikmati oleh semua pengguna Windows 11 Insider Dev dengan Build 25182. Khususnya pada mereka yang menggunakan kamera pihak ketiga seperti Webcam. Layanan ini hanya akan memberikan konfigurasi pada kamera bawaan komputer atau laptop, dan kamera pihak ketika tidak akan mendapatkan proteksi privasi dari Microsoft.

Secara fungsi, fitur ini tentu akan memberikan rasa aman kepada pengguna Windows 11 Insider Dev dengan Build 25182. Mengingat, sebelumnya layanan apa pun dapat menggunakan kamera tanpa perlu memberikan banyak izin. Jadi, untuk menghindari akses gambar melalui kamera, maka dapat mengaktifkan fitur yang satu ini pada pengaturan privasi.

Microsoft juga saat ini tengah mengembangkan versi Windows 11 22H2, yang mana akan menjadi versi akhir dan terbaru dari Windows 11. Nantinya, akan dirilis dalam waktu yang cukup dekat.

 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend