Project Reunion Tool API Win32 Microsoft

Microsoft Buat Tool Baru Untuk Mudahkan Penggunaan API Win32

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mencoba untuk menjadikan sistem operasi Windows menjadi lebih modern dan pengembangannya itu telah memasuki satu dekade sekarang.

Dengan antarmuka Windows 8 Metro, Windows RT, Windows 10 UWP, Project Reunion dan Windows 10X, Microsoft tengah mengupayakan hal terbaik untuk meyakinkan pengguna dan pengembang agar mau beralih ke platform yang lebih modern. 

Namun tampaknya hal ini bukanlah menjadi akhir dari Win32, karena Microsoft baru saja merilis kemampuan utama untuk menjadikannya lebih mudah untuk menggunakan API Win32 dalam bahasa pemrograman selain C atau C++.

Berdasarkan postingan di blognya, API Win32 sebelumnya hanya bisa digunakan untuk para pengembang C dan C++ saja, dan program yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman lain harus melalui proses yang memiliki tingkat kesalahan sangat tinggi. Proses ini dulu dilakukan oleh pengembang dan hanya akan menguntungkan satu bahasa yang menjadi target pengembang. Selain itu sejumlah besar API Win32 yang tersedia juga tidak membuat proses ini bisa dilakukan lebih mudah. 

Untuk menjadikan penggunaan API Win32 menjadi lebih mudah lagi di bahasa pemrograman selain C atau C++, Microsoft merilis sebuah tool baru bernama win32metadata. Microsoft pun juga memberikan pernyataan sebagai berikut:

“Tujuan dari adanya proyek win32metadata adalah untuk menyediakan deskripsi lengkap dari permukaan API Win32 dalam metadata, sehingga bisa diproyeksikan ke bahasa pemrograman lain dengan cara yang terotomatisasi, meningkatkan tingkat keberhasilan dan mengurangi kelebihan pengelolaan. Hasil dari proyek ini secara efektif adalah file metadata Windows (winmd) yang sesuai dengan ECMA-335 yang dipublikasikan ke Nuget.org yang berisi metadata yang menjelaskan seluruh permukaan API Win32.”

Menurut Microsoft, pengembang bisa menggunakan win32metadata untuk menjadikan proses penggunaan API Win32 lebih mudah lagi dan memiliki tingkat kesalahan yang sangat rendah, daripada harus menulis secara manual masing-masing kodenya. Melanjutkan dari laporan tersebut, adalah library milik Andrew Arnott dan windows-rs milik Microsoft yang memanfaatkan win32metadata untuk membuat API Win32 tersedia dalam dua bahasa. 

Microsoft berharap dengan adanya tool baru ini, akan ada lebih banyak bahasa pemrograman yang tersedia untuk menggunakan API Win32. 

Leave a Reply

Send this to a friend