Mode Gelap Browser Chrome di Windows 10

Microsoft dan Google Kerjasama Perbaiki Mode Gelap Chrome di Windows 10

NESABAMEDIA.COMSejauh ini mode gelap yang ada pada Windows 10 dan juga browser Google Chrome bisa memberikan kenyamanan pada mata, saat menjelajahi internet di malam hari.

Chrome juga dengan baik mengikuti mode gelap yang ada pada Windows 10, meski dengan hanya mengubah bagian atas antarmuka-nya agar sesuai. Kini, Google tengah mengupayakan pembaruan pada Chrome, agar mode gelap itu bisa hadir di setiap sudut tampilan antarmuka-nya.

Pembaruan ini nantinya akan mengaplikasikan mode gelap ke sejumlah elemen baru, termasuk pada bagian scrollbar-nya. Sebelumnya, meski menggunakan mode gelap, namun bagian scrollbar di browser Chrome, masih berwarna putih, meski antarmuka halaman website telah mengikuti mode gelap yang diterapkan pengguna. 

Fitur yang akan menerapkan metode ini diketahui bernama FormControlsDarkMode, yang memungkinkan halaman web untuk secara khusus menjadikan scrollbar mengikuti tema yang digunakan pengguna. 

Microsoft Google Mode Gelap Chrome di Windows 10

Microsoft Google Mode Gelap Chrome di Windows 10

Dalam sebuah pengumuman resminya, Google mengatakan bahwa saat ini sedang memperbarui WebUI dengan dukungan lengkap untuk mode gelap. Saat ini fitur tersebut bahkan sudah aktif untuk versi Canary dan pengguna bisa mengujinya dengan menambahkan kode berikut pada baris perintah :

  • -Enable-features = WebUIDarkMode,CSSColorSchemeUARendering
  • -force-dark-mode

Google juga memperbarui semua halaman internal yang ada pada browser dengan dukungan mode gelap di bagian scrollbar. Termasuk juga pada bagian Settings, Bookmark, History, Tab Baru, dan layar pencetak PDF.

Sayangnya untuk Youtube sendiri masih belum mendapatkan pembaruan mode gelap pada bagian scrollbar, namun pihak teknisi Chrome mengaku sudah menghubungi tim Youtube untuk melakukan perbaikan pada mode gelap, agar bisa menyesuaikan dengan mode gelap di Windows 10.

Tak hanya dari pihak Google sendiri, pihak Microsoft juga turut membantu pihak Google dalam berupaya meningkatkan mode gelap di browser Chrome. Misalnya, Microsoft memperbaiki di mana bagian scrollbar tetap menggunakan mode lama, meski tema pada Windows 10 sudah diubah. 

Pembaruan ini akan dirilis dengan Chrome 88 pada tahun depan, dan mungkin akan mengalami sejumlah perubahan sebelum benar-benar dirilis untuk versi stabil. Google juga dikabarkan sedang mengupayakan pembaruan lain yang akan menerapkan mode gelap ke halaman hasil pencarian.

Leave a Reply

Send this to a friend